Update Harga Stabilizer Stang Ohlins Original dan KW

Ohlins selama ini mungkin lebih dikenal sebagai merk suspensi sepeda motor. Namun, brand asal Swedia tersebut ternyata tidak hanya menyediakan shockbreaker. Ohlins pun menghadirkan stabilizer stang untuk mengurangi getaran yang merambat dari permukaan jalan ke kemudi. Sama seperti suspensi produksinya, stabilizer Ohlins original atau asli memang punya harga yang relatif mahal, mencapai angka jutaan rupiah per unit.

Stabilizer stang Ohlins (sumber: webike.id)
Stabilizer stang Ohlins (sumber: webike.id)

Fungsi Stabilizer Stang

Selain untuk menstabilkan listrik peralatan elektronik, stabilizer ternyata juga bermanfaat untuk membuat perjalanan menggunakan sepeda motor menjadi lebih nyaman. Kenyamanan sendiri dapat diartikan sebagai unsur perasaan manusia yang muncul sebagai akibat dari minimnya atau tidak adanya gangguan sensasi tubuh.[1]

Bacaan Lainnya

Berbeda dengan stabilizer listrik yang berbentuk kotak, stabilizer ini punya model memanjang, sehingga sering disebut juga sebagai stabilizer stang. Juga disebut sebagai steering damper, dikutip dari Kumparan, perangkat ini punya fungsi utama untuk menjaga kestabilan sepeda motor agar tetap nyaman ketika melaju pada kecepatan tinggi. Jika di MotoGP ketika melahap tikungan, posisi ban pasti akan sedikit terangkat, pada saat itu fungsi steering damper bekerja optimal. Kalau di jalan raya, perangkat ini berfungsi untuk menahan bumping dari lubang agar tidak menjadi ‘liar’.

Baca juga  Update Harga Kipas Magnet Vespa PX (Baru dan Copotan)

Memang, stabilizer stang umumnya disematkan pada motor-motor sport yang berlaga di arena balap atau di sirkuit, yang berguna untuk menyerap getaran. Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian masyarakat awam masih belum begitu familiar dengan perangkat ini. Meski demikian, kini tidak jarang motor-motor harian yang memasang stabilizer stang, selain untuk bergaya, juga untuk kenyamanan berkendara.

Pemasangan stabilizer stang memang bisa sangat menguntungkan, karena stang sepeda motor menjadi lebih stabil dan tidak sering ‘goyang’. Karena itu, jika dipakai hanya sebagai aksesoris agar penampilan kuda besi menjadi lebih keren, harus dipastikan tidak mengganggu kenyamanan dan keamanan berkendara, bukan malah sebaliknya, membahayakan itu sendiri.

Sebenarnya, sepeda motor yang dikeluarkan oleh APM (Agen Pemegang Merk) sudah melalui berbagai proses pengecekan dan keamanan sebelum nantinya dikendarai oleh konsumen. Jadi, jika ingin menambahkan perangkat lain di motor tersebut, harus diketahui apakah itu nantinya akan menguntungkan atau malah merugikan. Namun, jika melihat fungsi stabilizer agar stang menjadi lebih stabil dan mengurangi getaran, pemasangan alat ini memang akan membawa keuntungan bagi pengendara.

Stabilizer stang Ohlins terpasang pada motor (sumber: motostylerz.com)
Stabilizer stang Ohlins terpasang pada motor (sumber: motostylerz.com)

Review Stabilizer Stang Ohlins

Jika Anda juga hendak memasang stabilizer pada kendaraan roda dua Anda, sudah ada banyak merk yang dapat dipilih. Untuk model premium, salah satu brand yang direkomendasikan adalah Ohlins. Sebelumnya, merk asal Swedia ini lebih populer sebagai produsen sepeda motor, yang sering dipakai pada motor-motor kelas atas.

Baca juga  Update Harga Helm GM Full Face (Airborne dan Race Pro)

Ohlins sendiri pertama kali didirikan pada tahun 1976 silam oleh Kenth Ohlins. Ketika ia memulai perusahaannya sendiri, dia memulai bisnisnya dari seorang pengecer untuk sepeda motor dan moped hingga bisnisnya berkembang sangat cepat. Bahkan terlalu cepat, sehingga perusahaannya menjadi terlalu beragam dan Kenth dipaksa untuk memilih arah pada awal tahun 1980-an.

Setelah berbicara dengan akuntan pribadinya, akhirnya Kenth Ohlins memutuskan untuk menentukan pilihan pada satu kegiatan saja, yaitu fokus pada shock absorbers. Karena pada saat itu, menurut analisis Kenth, kebutuhan akan produk ini akan besar dan persaingan belum terlampau banyak. Peredam kejut Ohlins sendiri pertama kali dipakai pada sepeda motor pada kejuaraan dunia pada tahun 1978.

Seiring waktu, bisnis Ohlins melebar, tidak hanya berjualan suspensi. Perusahaan ini pun menawarkan beragam peralatan atau aksesoris untuk sepeda motor, termasuk oli dan stabilizer. Khusus untuk perangkat terakhir, ada beberapa model yang sudah dirilis, dan salah satu yang menjadi favorit adalah yang diperuntukkan Honda CBR250RR.

Dilansir dari situs resminya, steering damper Ohlins diklaim memiliki desain bertekanan superior dan toleransi manufaktur yang sangat ketat, sehingga memberikan kinerja dan kelincahan tertinggi pada sepeda motor. Dengan rentang penyesuaian yang luas, mudah untuk menemukan rasa dan umpan balik kemudi yang berbobot sempurna. Lalu, berapa harga stabilizer stang Ohlins saat ini?

Baca juga  Update Harga Ban Luar dan Ban Dalam Motor BeAT (All Merk)
Ilustrasi: Kawasaki ZX6R Ohlins Steering Damper Kit Black (credit: mrpmotorsports)
Ilustrasi: Kawasaki ZX6R Ohlins Steering Damper Kit Black (credit: mrpmotorsports)

Harga Stabilizer Stang Ohlins

Tipe Stabilizer Stang Ohlins Harga
Stabilizer Stang Ohlins Honda CBR250RR Rp6.650.000
Stabilizer Stang Ohlins Kawasaki Ninja 250 FI Rp6.650.000
Stabilizer Stang Ohlins Ducati SS900 Rp8.883.000
Stabilizer Stang Ohlins Yamaha YZF Rp10.627.000
Stabilizer Stang Ohlins Ducati 848 Rp10.946.000
Stabilizer Stang Ohlins Ducati Bevel Rp11.466.000

Informasi harga stabilizer stang Ohlins di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk bengkel aksesori sepeda motor. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga stabilizer stang Ohlins saat ini relatif stabil. Stabilizer stang Ohlins untuk Kawasaki Ninja 250 FI misalnya, masih dijual Rp6,65 jutaan, sedangkan harga stabilizer stang Ohlins Ducati 848 yang awalnya Rp10,689 juta, sedikit naik menjadi Rp10,946 jutaan.

Selain model asli, ternyata banyak juga bengkel atau toko aksesoris motor yang menawarkan stabilizer stang Ohlins palsu alias KW. Karena bukan produk original, harga varian ini tentu saja jauh lebih murah, berkisar Rp400 ribu hingga Rp500 ribuan saja. Namun, Anda pasti sudah tahu bagaimana kualitas produk asli dengan tiruan.

[1] Antasari, 2014. Maulana. Evaluasi Perancangan Stang Sepeda Motor yang Ergonomis untuk Freestyle (Skripsi). Jurusan Teknik Industri Fakultas Industri Universitas Gunadarma.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *