Harga Spikoe Resep Kuno Surabaya (Semua Varian Rasa)

Spiku merupakan salah satu kuliner yang muncul pada masa penjajahan Belanda dan kini telah menjadi salah satu kue lokal khas Nusantara, khususnya Surabaya, dengan turun-temurun.[1] Nah, salah satu outlet kue spiku yang terbilang cukup terkenal di Kota Pahlawan ini adalah Spikoe Kuno Surabaya, karena harga kue yang ditawarkan relatif terjangkau.

Keunggulan Spikoe Kuno Surabaya

Ilustrasi: Kue Spiku (credit: Kamusmasak)
Ilustrasi: Kue Spiku (credit: Kamusmasak)

Juga dikenal dengan nama spikoe, lapis Surabaya, kue Mandarin, spikuk, spekuk, dan layer cake, kue tersebut awalnya dikenal dengan nama spekoek. Diketahui, kue spiku dengan cita rasa autentik masa penjajahan Belanda memiliki ciri khas dengan tambahan bumbu spikulas, yakni rempah-rempah yang terdiri dari kayu manis, cengkeh, dan pala. Seiring perkembangan zaman dan supaya kue ini bisa diterima seluruh lapisan masyarakat Nusantara, spiku dimodifikasi.

Bacaan Lainnya

Kue yang berempah dengan warna tidak berlapis ini kini lebih dikenal dengan kue berlapis dengan warna kuning, cokelat, dan kuning. Selain itu, kebanyakan spiku saat ini lebih berciri khas butter daripada rempah. Butter tidak hanya dipakai untuk melembutkan tekstur kue, tetapi juga menambah aroma, sehingga lebih menarik dan menggugah selera. Sementara itu, bagi Anda yang ingin menikmati kelezatan spiku dengan yang masih jadul, Anda bisa mencoba spiku buatan Spikoe Resep Kuno Surabaya.

Baca juga  Lokasi Gerai & Harga Donat Mokko Factory Terbaru

Dilansir dari Kompas, kue lapis dari Spikoe Kuno Surabaya sudah ada sejak zaman Belanda dan masih menggunakan resep kue Belanda atau dutch cake recipe. Meskipun begitu, kue yang awalnya dimasak dengan metode panggang ini sekarang sudah dimasak dengan cara dikukus. Tak hanya itu, supaya rasanya makin lezat, beberapa produk dilapisi dengan selai dan isian buah.

Bahan yang dipakai untuk membuat kue lapis ini merupakan bahan pilihan dan tentunya berkualitas baik, sehingga kue yang dihasilkan memiliki cita rasa yang lezat dan tahan lama. Untuk membuat spiku kuno seperti ini, diperlukan tepung terigu, telur, margarin, gula, dan rempah-rempah pilihan (bumbu speculas). Semua bahan ini akan dicampur dan diaduk menggunakan mixer, lalu dipisahkan untuk membuat adonan layer.

Berbeda dengan spiku modern, untuk membuat spiku kuno, jumlah telur yang dipakai cukup banyak. Telur ini tidak hanya berfungsi untuk membuat adonan kenyal dan empuk, tetapi juga soft dan berwarna kuning. Selain itu, khusus untuk bagian layer atas dan bawah, adonan harus diberi kuning telur lebih banyak, sehingga warna kuningnya dapat muncul dan tidak pucat setelah dimasak.

Baca juga  Update Harga African Grey Parrot di Indonesia

Supaya spiku tidak terlalu manis, tetapi masih legit, perbandingan gula dan tepung terigu harus tepat. Terlalu banyak tepung terigu akan membuat kue menjadi hambar dan tidak kenyal. Sementara itu, terlalu banyak gula akan membuat kue menjadi sangat manis, terlalu kenyal, dan bisa berair jika tidak disimpan di lemari pendingin.

Tak hanya itu, margarin yang dipakai tidak boleh terlalu banyak atau sedikit. Terlalu banyak margarin bisa membuat adonan menjadi terlalu berminyak saat diletakkan di ruang terbuka dan akan keras saat disimpan di lemari pendingin. Hal inilah yang membuat Spikoe Surabaya tidak mengubah spiku yang sudah ada, sehingga cita rasa produk dapat terjaga dengan baik.

Nah, bagi Anda yang sedang singgah ke Kota Pahlawan dan ingin membeli Spikoe Kuno Surabaya sebagai oleh-oleh, Anda bisa membelinya secara langsung di outlet resminya di Jl. Rungkut Madya 41, Surabaya. Berikut adalah referensi harga spiku di Spikoe Resep Kuno Surabaya.

Baca juga  Info Terbaru Daftar Harga Perawatan Werisa Skin Care Cimahi
Ilustrasi: Spikoe Resep Kuno Surabaya (credit: Official Facebook)
Ilustrasi: Spikoe Resep Kuno Surabaya (credit: Official Facebook)

Harga Spikoe Resep Kuno Surabaya

Menu Spikoe Resep Kuno Surabaya Harga
Reguler Speculaas Rp85.000
Reguler Kismis Rp85.000
Reguler tanpa Kismis Rp85.000
Reguler Plum Rp125.000
Spesial Kismis Rp200.000
Spesial tanpa Plum Rp200.000
Spesial tanpa Kismis Rp200.000
Spesial Plum Rp300.000

Harga produk Spikoe Resep Kuno Surabaya di atas telah kami rangkum dari website resminya. Perlu diingat, harga Spikoe Resep Kuno Surabaya tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Anda juga bisa membeli spiku ini melalui ojek online, situs jual beli online, atau menghubungi pihak outlet melalui telepon di nomor (01) 8711292 atau (031) 8783678 atau (031) 8701958.

[1] Edina, Jessica, Maria Nala Damayanti, Jacky Cahyadi. 2015. Perancangan Promosi Spiku ”Classie” di Surabaya. Jurnal Desain Komunikasi Visual Adiwara Universitas Kristen Petra, hal. 1-14.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.