Harga Slow Cooker Miyako Semua Tipe (SC-400, SC-510, SC-630)

Apakah Anda pernah mendengar peralatan dapur bernama slow cooker? Jika belum, ini adalah alat yang kerap dipakai untuk mengolah makanan dengan suhu rendah dan relatif lama, sehingga diklaim aman untuk bahan makanan yang memiliki banyak kandungan mineral dan vitamin.[1] Di pasaran, sudah ada sejumlah merk yang merilis perkakas ini, termasuk Miyako. Anda bisa membelinya di berbagai toko perabotan rumah hingga situs jual beli online dengan harga rata-rata ratusan ribu rupiah per unit.

Slow Cooker Miyako (sumber: bukalapak)

Slow Cooker Miyako (sumber: )

Seperti yang kita ketahui, selain karbohidrat dan protein, vitamin dan mineral merupakan bahan yang penting bagi kesehatan . Mineral, seperti kalsium dan zat besi, terutama dapat diperoleh dari sayuran hijau seperti brokoli dan bayam serta buah seperti apel dan jeruk. Selain itu, sayuran hijau dan buah-buahan juga kaya akan antioksidan, vitamin C, hingga vitamin A yang berfungsi untuk mencegah terkena penyakit kronis, seperti kanker, jantung koroner, diabetes, serta obesitas.[2]

Sayangnya, belum semua orang paham bagaimana mengolah sayuran dan buah-buahan agar kandungan di dalamnya tidak rusak atau hilang. Masih banyak kita yang memasak sayuran dengan suhu yang panas, yang sebenarnya dapat menghilangkan nutrisi di dalamnya, termasuk vitamin dan mineralnya. Perlu diketahui, sejumlah vitamin memang tidak tahan terhadap panas, seperti vitamin B dan vitamin C. Selain itu, kedua vitamin ini mudah larut dalam air pada proses pemasakan.

Baca juga  Info Daftar Harga Slow Cooker Baby Safe

Lalu, bagaimana cara memasak yang benar sehingga kandungan vitamin dan mineral di dalam sayuran dapat bertahan? Nah, salah satu cara yang dapat Anda terapkan adalah menggunakan peralatan bernama slow cooker. Dikutip dari situs resmi Miyako, slow cooker merupakan peralatan dapur berupa tungku elektrik yang multifungsi, bisa digunakan untuk memasak makanan dalam waktu yang lama.

Alat ini punya bentuk yang mirip dengan magic warmer, tetapi memiliki fungsi yang berbeda. Magic warmer berfungsi untuk memasak dan menghangatkan nasi, sedangkan slow cooker memiliki fungsi untuk mengempukkan daging, membantu membuat MPASI sendiri di rumah, menjaga nutrisi pada makanan, mencegah masakan gosong, dan mudah ketika akan membuat makanan lembut ataupun bubur.

Seperti namanya, memasak menggunakan slow cooker memang membutuhkan waktu yang relatif lama. Meski demikian, tersebut diklaim memiliki banyak manfaat. Masakan Anda diklaim akan memiliki citarasa yang lebih nikmat, kematangan masakan juga akan lebih merata, serta proses memasak yang dikatakan lebih simpel.

Baca juga  Update Harga Bathtub American Standard (Semua Tipe)

Varian Slow Cooker Miyako

Nah, apabila Anda juga tertarik menggunakan slow cooker untuk memasak di rumah, sudah banyak merk yang meluncurkan produk ini, salah satunya Miyako. Menurut keterangan di laman resmi perusahaan, Miyako setidaknya telah merilis tiga varian slow cooker untuk pasaran dalam negeri, yakni Miyako SC-400, Miyako SC-510, dan Miyako SC-630.

Slow Cooker Miyako (sumber: bukalapak)

Slow Cooker Miyako (sumber: bukalapak)

Untuk varian Miyako SC-400, terbuat dari bahan keramik yang diklaim anti-lengket sehingga akan lebih mudah dibersihkan. Pemasak lambat ini cocok untuk membuat bubur, mengukus sayuran, maupun membuat makanan pendamping ASI (MPASI). Memiliki kapasitas besar hingga 3 liter dalam sekali memasak, bentuknya yang cantik dan pengoperasiannya yang menggunakan kabel , menjadikan alat ini mudah dibawa kemana-mana.

Tipe kedua, Miyako SC-510, juga terbuat dari bahan keramik yang anti-lengket sehingga akan lebih mudah dibersihkan, cocok untuk membuat bubur, mengukus sayuran, maupun membuat makanan pendamping ASI (MPASI). Bedanya, kapasitas produk ini lebih besar, yakni hingga 4 liter dalam sekali memasak. Slow cooker ini juga punya sistem pemanasan yang bergerak ke segala arah, menjadikan masakan lebih cepat matang secara merata.

Sementara, model Miyako SC-630 adalah tipe terbesar, yakni punya kapasitas 5 liter dalam sekali memasak. Produk ini dilengkapi dengan penutup kaca bening yang akan membantu Anda dalam mengontrol masakan dan tidak perlu membuka tutup selama proses berlangsung. Hemat listrik dengan daya hanya 260 Watt, produk sudah mengusung fitur SNI dan food grade, yang diklaim sangat aman jika bersentuhan langsung dengan makanan ataupun minuman.

Baca juga  Update Terkini Harga Gula Tropicana Slim (Semua Varian)

Harga Slow Cooker Miyako

Tipe Slow Cooker MiyakoHarga
Miyako SC-400Rp230.000 – Rp275.000
Miyako SC-510Rp292.400 – Rp489.000
Miyako SC-630Rp340.000 – Rp728.000

Harga slow cooker Miyako di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko perabotan rumah tangga, toko peralatan , hingga situs jual beli online. Perlu Anda catat bahwa harga slow cooker tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga di masing-masing toko juga dapat berbeda meskipun produk yang ditawarkan sama.

[1] Jaury, Eldwen dan Ida Ayu Kalpikawati. 2015. Uji Kandungan Beta Caroten, Vitamin C, Kalsium dan Fosfor pada Wortel yang Dimasak dengan Slow Cooking Dalam yang Berbeda. Jurnal Gastronomi Indonesia, Vol. 3(1): 1-8.

[2] Dewi, Yessica. 2013. Studi Deskriptif: Persepsi dan Perilaku Makan Buah dan Sayuran pada Anak Obesitas dan Orang Tua. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, Vol. 2(1): 1-17.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Slow Cooker Miyako Semua Tipe (SC-400, SC-510, SC-630)"