Karakteristik dan Update Harga Siamese Cat

Termasuk jenis kucing yang dapat lebih lama daripada kucing ras lain, kucing siam atau siamese cat menjadi pilihan banyak pencinta kucing. Konon, anabul ini dapat hidup lebih dari 15 tahun, sementara kebanyakan kucing ras lainnya hanya mampu bertahan 5-10 tahun. Dengan usianya yang cenderung panjang, tak heran jika harga siamese cat ini tidak bisa dibilang murah.

Siamese cat
Siamese cat

Bagi Anda yang masih awam dengan dunia perkucingan, pastinya akan kesulitan membedakan kucing siam dan kucing atau kucing kampung. Pasalnya, bentuk tubuh kucing siam dan kucing domestik hampir mirip, hanya saja beberapa jenis kucing siam memiliki ukuran tubuh lebih besar dibanding kucing domestik. Nah, untuk ciri khususnya, Anda bisa melihat pola dan warna bulunya.

Bacaan Lainnya

Tak seperti kucing domestik yang biasanya hanya memiliki satu warna dasar dan satu pola di tubuhnya, kucing siam memiliki warna campuran dengan pola tertentu. Siamese cat secara umum memiliki warna bulu cokelat campur hitam dan campur abu-abu yang menghasilkan warna cokelat sepia terang di beberapa bagian tubuhnya dengan pola point.[1] Nah, untuk lebih jelas mengenai ciri kucing siam, Anda juga perlu mengetahui jenis-jenisnya seperti berikut.

Jenis Siamese Cat

  • Siamese tradisional. Juga dikenal dengan nama Applehead Siamese, kucing siam tradisional memiliki bentuk kepala seperti buah apel. Penamaan kucing jenis ini diketahui diusulkan The Traditional Cat Association Inc. Untuk ciri fisiknya, anabul ini bertubuh bulat, bertulang besar dan , serta berekor panjang. Kucing jenis ini adalah kucing siam dengan ukuran tubuh terbesar di antara jenis siamese cat lainnya.
  • Siamese klasik. Lebih dikenal dengan siamese old-style atau siamese old fashion, kucing ini sekilas mirip dengan siamese tradisional, hanya saja ukurannya lebih kecil. Ekor dan kaki kucing ini panjang dengan badan yang rampung. Selain itu, anabul ini memiliki wajah yang kecil dengan cekungan kecil di hidungnya.
  • Siamese modern. Juga dikenal dengan nama Wedgehead siamese, konon ini adalah satu-satunya kucing siam yang diciptakan menggunakan teknologi rekayasa genetik. Hewan mamalia kecil ini adalah hasil dari persilangan antara kucing siam tradisional dan kucing siam klasik. Ciri khas kucing siam modern adalah kepala yang berbentuk seperti baji. Anabul ini juga bertelinga panjang dan lebar dengan ujung runcing. Hidungnya lebih panjang dibanding kucing siam lainnya, sedangkan bentuk tubuhnya cenderung ramping seperti kucing siam klasik.

Bukan termasuk kucing lokal, siamese cat diketahui berasal dari Thailand dan merupakan jenis kucing oriental. Termasuk jenis peliharaan yang populer, anabul ini tidak hanya dijual di Negeri Gajah Putih, tetapi juga Eropa, Inggris, hingga Indonesia. Meskipun di Thailand sendiri kucing siam hampir sama seperti kucing domestik negara tersebut, anabul ini tergolong kucing yang istimewa. Hal ini karena kucing siam termasuk golongan hewan peliharaan rumah dan jarang ada yang melepasnya secara liar.

Siamese Cat (sumber: Pinerest)
Siamese Cat (sumber: Pinerest)

Karakteristik Kucing Siam

Dipilih sebagai hewan peliharaan rumah, siamese cat memiliki kepribadian yang ramah. Ini dapat diketahui dari suaranya yang lembut dan kecil. Selain itu, hewan mungil ini memiliki rasa ingin tahu yang , cerdas, dan lincah. Tentunya ini terbilang cocok bagi Anda yang suka bermain dengan hewan peliharaan. Memang dengan karakternya yang aktif, harus didukung untuk diajak bermain setiap hari. Jika kucing siam didiamkan saja, maka bisa stres dan mudah sakit.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa siamese cat bukan tipe kucing penyendiri. Jika Anda ingin memeliharanya, paling tidak Anda memiliki hewan peliharaan lain yang bisa diajak berinteraksi dengan kucing siam, seperti anjing, kucing ras lain, atau kucing siam lainnya. Anda juga tidak boleh meninggalkan siamese cat sendirian di rumah terlalu lama, karena kucing ini memiliki loyalitas yang tinggi terhadap tuannya.

Nah, bagi Anda yang ingin mengadopsi kucing siam, Anda bisa membelinya di pet shop terdekat atau situs jual beli online. Berikut adalah referensi harga siamese cat.

Siamese cat (pexels: Frans P)
Siamese cat (pexels: Frans P)

Harga Siamese Cat

Jenis Siamese CatHarga per Ekor
Siamese Cat Kitten Thailand 3 bulanRp500.000
Siamese Cat Kitten Mix Persia 1 bulanRp500.000
Siamese Cat Kitten BetinaRp650.000 – Rp900.000
Siamese Cat Betina Seal Point DewasaRp1.600.000
Siamese Cat Jantan Seal Point 3 bulanRp2.300.000
Siamese Cat Betina Lilac Point DewasaRp5.180.000

Informasi harga kucing siamese cat di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet. Hingga saat ini, harga siamese cat lilac point usia dewasa relatif stabil. Namun, harga siamese cat seal point betina usia dewasa tercatat naik dari Rp850 ribu menjadi Rp1,6 juta per ekor. Pastikan Anda selalu mengecek harganya sebelum mengadopsi kucing siam, karena harga hewan ini tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

[Update: Ditta]

[1] Nofisulastri & Supriadi. 2021. Keragaman Ekspresi Lokus Gen Kucing Peranakan Hasil Perkawinan Silang Alami. Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi Universitas Pendidikan Mandalika, Vol. 9(1): 179-188.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *