Harga Sewa Panggung Semi Rigging dan Full Rigging

Untuk menggelar sebuah acara, kita harus menentukan panggung yang tepat untuk nantinya dapat digunakan secara benar. Selain dapat menentukan hasil dari sebuah acara, panggung juga dapat memperlihatkan kemegahan dari suatu acara. Oleh karena itu panggung amat penting dipikirkan dengan baik dalam sebuah acara.

Panggung rigging untuk pentas outdoor (sumber: indonesian.alibaba.com)

Panggung harus disesuaikan dengan jenis acara yang akan kita buat. Ada bermacam-macam jenis panggung yang dapat kita pilih. Namun dalam penggunaannya harus disesuaikan dengan acara yang kita buat. Bentuk panggung pun ada bermacam-macam, ada yang sudah memiliki bentuk ada pula yang custom sesuai dengan kemauan.

Secara umum, ada banyak tipe panggung yang bisa disesuaikan dengan yang akan digelar. Misalnya, panggung rigging, panggung semi rigging, panggung melamin, panggung standar dengan tenda, dan lainnya. Nah, saat ini banyak orang yang lebih memilih untuk menggunakan panggung rigging dan panggung semi rigging.

Panggung rigging merupakan panggung yang sering digunakan untuk event outdoor atau luar ruangan. Ukuran standar dari panggung ini adalah 8x6 m. Panggung ini seringkali digunakan untuk acara seperti musik, pentas seni (Pensi) sekolah, dan lain sebagainya.

Hampir serupa dengan panggung rigging, perbedaannya adalah ukuran dari ketinggian panggung yang lebih pendek dan tidak adanya tempat untuk lighting dan sound yang menggantung di atas. Budget yang dibutuhkan pun lebih minim dibandingkan dengan panggung rigging. Hal inilah yang menjadi pertimbangan beberapa penyelenggara acara untuk memilih panggung semi-rigging.

Baca juga  Update Biaya Perpanjangan SIM C di Layanan Mobil Keliling

Alasan Memilih Panggung Rigging

Mudah dibongkar

Panggung rigging terdiri atas rangka-rangka besi terpisah sehingga dapat dengan mudah dipasang dan dibongkar kembali. Dalam penyusunannya, panggung ini memiliki beberapa komponen, yakni panggung, tower truss, atap, truss rigging sound, dan truss rigging .

Kuat

Meskipun cukup mudah dalam hal dan pembongkaran, panggung rigging juga memiliki karakteristik yang kuat. Pasalnya, bahan penyusun utama panggung ini adalah besi hollow yang cukup tebal sehingga mampu menahan beban yang berat.

pemasangan panggung rigging (youtube: Rental Panggung Rigging Serang)

Pada bagian panggung, misalnya, komponen rigging bahkan dapat menahan beban hingga lebih dari 100 kg per m2. Jadi, dengan bentang yang cukup luas, panggung rigging pun dapat menahan beban yang lebih berat hingga berkali-kali lipat. Dengan demikian, saat digunakan untuk menggelar konser musik, panggung pun tidak akan mudah roboh.

Tahan lama (tidak mudah rusak)

Besi hollow memiliki karakteristik yang tidak mudah rusak sehingga mampu bertahan dalam jangka waktu yang lama. Saat terkena panas, angin, dan hujan, bahan penyusun utama panggung rigging ini juga tidak mudah mengalami korosi atau karatan.

Ukuran dapat disesuaikan

Umumnya, panggung rigging dibuat dengan ukuran sekitar 8×6 meter. Meskipun demikian, ukuran tersebut masih dapat diubah menjadi 6×4 meter, sesuai kebutuhan acara.

Baca juga  Update Info Tarif Terbaru & Cara Pemesanan Go-Box

Waktu pemasangan relatif singkat

Untuk memasang sebuah panggung rigging, penyelenggara tidak perlu membutuhkan waktu hingga berhari-hari karena hal itu dapat dilakukan hanya dalam hitungan jam. Meskipun demikian, pemasangan panggung ini tetap harus membutuhkan kecermatan yang agar bisa terpasang dengan benar sehingga kuat menyangga beban berat.

Komponen Panggung Rigging

Pada dasarnya, rigging merupakan rangka besi terpisah yang ketika disatukan akan membentuk sebuah panggung berukuran sekitar 8×6 meter. Rangka ini mudah dibongkar pasang, sehingga proses pemasangannya juga hanya membutuhkan waktu yang sebentar.

Panggung ini terdiri dari beberapa komponen utama, di antaranya tower truss, atap rigging, dan rigging sound. Tower truss merupakan rangka penyangga agar panggung bisa menahan beban berat, baik yang berasal dari atap ataupun komponen pengisi.

Tower truss penyangga rigging (sumber: dananjaya.info)

Sedangkan atap rigging, biasanya terbuat dari besi hollow dan berfungsi sebagai tempat untuk menggantung lighting atau backdrop. Atap ini dirancang dengan posisi yang cukup tinggi agar jangkauan pandang lebih luas dan tanpa harus khawatir kepala akan terbentur.

Terakhir, terdapat struktur rangka berupa rigging sound, yang berfungsi sebagai tempat untuk menggantung line array.

Biaya Sewa Panggung Rigging

Jenis panggung rigging sering digunakan oleh event (EO) untuk berbagai acara atau konser musik. Harga atau biaya sewa panggung rigging cukup bervariasi, sesuai dengan penawaran tiap EO. namun, biasanya harga sewa panggung rigging disesuaikan dengan luas panggung dan kelengkapan lainnya. Berikut harga sewa panggung rigging sesuai ukuran (tidak termasuk paket sound system, lighting, dan komponen lainnya).

Baca juga  Update Tarif Kirim Surat/Barang Via Pos Indonesia
Ukuran Panggung Rigging Harga Sewa
Panggung semi rigging 4x6 meterRp2.000.000
Panggung semi rigging 6x8 meter Rp3.500.000
Panggung semi rigging 8x10 meter Rp4.500.000
Panggung semi rigging 10x12 meter Rp6.500.000
Panggung full rigging 6x8 meter Rp7.000.000
Panggung full rigging 8x10 meter Rp10.000.000
Panggung full rigging 10x12 meter Rp15.000.000

Setelah menentukan jenis panggung, rangka, dan ukuran, ada beberapa hal penting lain yang harus diperhatikan ketika akan memulai proses pemasangan. Selain kekuatan rangka dan ukuran, ada tiga hal yang mempengaruhi pemasangan panggung rigging. Pertama adalah faktor arah angin. Kondisi pergerakan angin di Indonesia sekitar 5-8 m/s. Dari segi keamanan, situasi tersebut masih berada di batas toleransi untuk pemasangan panggung rigging.
Faktor kedua, yaitu pencahayaan. Saat malam hari, hal ini tak memberikan pengaruh apa pun. Namun, di siang hari, Anda perlu memperhatikan arah datangnya sinar. Pastikan kondisi panggung teduh dan tidak silau.
Nyatanya, panggung rigging memiliki peran sentral bagi kelangsungan sebuah acara outdoor. Jadi, pilihlah vendor EO yang telah berpengalaman, karena umumnya mereka telah didukung oleh perusahaan penyedia dan kelengkapan konser.

loading...
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Harga Sewa Panggung Semi Rigging dan Full Rigging"