Rute & Harga Terbaru Tiket Masuk Puncak B29 Lumajang

Provinsi Jawa Timur memang menyimpan banyak potensi menarik yang patut untuk Anda datangi. Mulai dari Gunung Bromo, Gunung Semeru, sederet pantai-pantainya, dan masih banyak lagi. Apabila Anda berencana mengunjungi kawasan Bromo dan sekitarnya, Anda bisa mampir ke sebuah kawasan perbukitan bernama Puncak B29 di Lumajang. 

Tempat yang masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) ini mematok masuk dengan yang cukup terjangkau, hanya sekitar Rp5 ribuan saja per orang, sehingga bisa menjadi alternatif dengan murah.

Puncak B29 Lumajang - www.naturalsunrisetour.com

Puncak B29 Lumajang - www.naturalsunrisetour.com

Puncak B29 berada di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, tepatnya berada di ketinggian 2.900 meter di atas permukaan laut. Oleh sebab itu, tempat ini dinamai Puncak B29. menuju Puncak B29 bisa ditempuh melalui beberapa alternatif. Jika Anda berangkat dari Surabaya, Anda dapat berkendara ke arah Bromo dari Surabaya – Sidoarjo – Bangil – Pasuruan – Probolinggo – Cemoro Lawang – Bromo.

Apabila Anda berangkat dari , Anda bisa melewati Tumpang (searah dengan Ranu Kumbolo, Gunung Semeru). Namun, Anda juga perlu berhati-hati, sebab kabarnya rute jalan via Tumpang cukup ekstrem dan Anda hanya disarankan menggunakan kendaraan yang memang ditujukan untuk medan berat atau offroad. Selain lewat Tumpang, Anda juga bisa mencapai Puncak B29 lewat Pasuruan-Probolinggo seperti jika berangkat dari Surabaya.

Untuk mendaki Puncak B29, Anda tak memerlukan stamina yang terlalu prima layaknya mendaki Semeru. Meski demikian, pemandangan yang ditawarkan di Puncak B29 sama-sama mempesonanya. Bahkan, Puncak B29 juga dijuluki sebagai ‘Negeri di Atas Awan’ lantaran pemandangan yang ada di sana berupa pegunungan yang diselimuti awan tebal. Jika telah mencapai puncak, Anda dapat menyaksikan langsung pemandangan Gunung Bromo, Batok, Lemongan, Raung, Semeru, dan Argopuro.

Beberapa wisatawan yang pernah bepergian ke Puncak B29 mengungkapkan bahwa untuk naik ke Puncak B29 hanya ada 2 pilihan, yakni dengan berjalan kaki sekitar 2 jam atau dengan naik motor, sebab mobil atau kendaraan besar tak akan bisa lewat jalur menuju Puncak B29. Jika naik mobil, maka mobil Anda harus diparkir di bawah, kemudian baru lanjut berjalan kaki.

Puncak B29 Lumajang - www.kompasiana.com

Puncak B29 Lumajang - www.kompasiana.com

Apabila Anda enggan kelelahan karena berjalan kaki, di sekitar Puncak B29 ada banyak jasa ojek yang bersedia mengantar Anda ke puncak. Namun kabarnya, biaya jasa ojek di Puncak B29 adalah Rp150 ribuan per orang. Harga tersebut biasanya merupakan penawaran awal dari sang tukang ojek.

Namun, bila kondisi memungkinkan (tidak hujan) dan Anda pandai menawar, maka Anda bisa mendapatkan ongkos yang lebih murah, yakni sekitar Rp75 ribuan saja untuk perjalanan PP. Namun, harus Anda ingat bahwa harga tiket masuk dan ongkos ojek di Puncak B29 bisa berubah sewaktu-waktu.

Meskipun begitu, harga tiket masuk ke Puncak B29 hingga tahun ini belum mengalami perubahan. Pada tahun sebelumnya, tiket masuk ke Puncak B29 juga dipatok Rp5 ribu per orangnya. Sementara itu, untuk ongkos ojek di Puncak B29 pada tahun sebelumnya berkisar antara Rp50 ribuan hingga Rp100 ribuan.

[Almasshabur]

Baca juga  Info Terbaru Harga Pesanan Nasi Kotak Ayam Bakar Wong Solo Cabang Surabaya
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Rute & Harga Terbaru Tiket Masuk Puncak B29 Lumajang"