Harga Service Printer Kantor dan Ganti Spare Part

Jika dibandingkan pemakaian di rumah, printer di kantor memang lebih rawan rusak karena digunakan oleh banyak orang. Memang, Anda bisa membeli produk yang baru. Namun, jika kerusakan masih tergolong ringan, daripada mencari penggantinya, mungkin mengunjungi jasa service printer bisa menjadi solusi yang lebih baik. Biasanya harga perbaikan printer ini tergantung kerusakan dan tipe printer yang bersangkutan.

Pemakaian Printer di Kantor - (www.dsbls.com)
Pemakaian Printer di Kantor – (www.dsbls.com)

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan printer. Bisa pula disebut pencetak, printer adalah alat yang berfungsi untuk mencetak dari komputer/laptop ke media berupa kertas atau sejenisnya dengan hasil berupa teks, gambar, atau .[1] Jika data yang dihasilkan berupa teks, biasanya dibuat dengan Microsoft Office, bisa dengan Word, Excel, atau Power Point, walaupun ada juga yang hanya menggunakan notepad sederhana.

Bacaan Lainnya

Sejalan dengan perkembangan teknologi dan , varian printer yang beredar di pasaran pun semakin beragam. Model yang paling umum adalah printer inkjet dan paling banyak digunakan, terutama oleh konsumen rumahan, lantaran punya harga relatif lebih murah dibandingkan tipe lainnya.[2] Ada pula printer infus dan juga printer laser jet. Untuk nama yang disebutkan terakhir, adalah printer yang diklaim punya kualitas dan kecepatan mencetak yang lebih baik dari jenis inkjet, cocok digunakan bagi pengguna dengan frekuensi mencetak yang tinggi seperti di kantor.

Terlepas dari jenisnya, seperti perangkat elektronik pada umumnya, printer pun tidak luput dari kerusakan, terutama jika dipakai dalam intensitas yang tinggi. Beberapa kerusakan yang sering terjadi pada printer adalah paper jam atau kertas macet, faded print atau hasil cetakan bergaris atau keluar dengan warna pudar, hasil cetakan putus-putus, lampu indikator hanya berkedip-kedip, hasil cetakan tidak keluar sama sekali, kertas tidak bisa keluar dari printer, printer tidak mengenali cartridge yang baru dipasang, dan pengeluaran tinta terlalu boros.[3]

Kerusakan Umum pada Printer

  • Paper jam atau kertas macet, bisa disebabkan kertas lembap, berat kertas kurang, atau rol karet sudah mulai aus.
  • Faded print atau hasil cetakan bergaris atau keluar dengan warna pudar, bisa disebabkan gelembung udara pada cartridge, print head tersumbat, print head tergores, salah memasang cartridge, kehabisan tinta untuk warna tertentu, atau salah setting pada komputer.
  • Hasil cetakan putus-putus, bisa disebabkan tinta sudah mulai habis atau membeku.
  • Lampu indikator hanya berkedip-kedip, bisa disebabkan cartridge belum terpasang dengan sempurna, cartridge tidak cocok dengan spesifikasi printer, ada kertas yang tersumbat, atau tidak ada kertas di printer.
  • Hasil cetak tidak keluar sama sekali, bisa disebabkan ada gelembung udara di dalam cartridge, ada yang menutupi print head, atau label berwarna kuning tidak dibuang.
  • Kertas tidak bisa keluar dari printer, bisa disebabkan tutup printer terbuka, tinta pada printer baru diisi, tinta pada infus baru mengalir, atau roller pada printer tidak bekerja dengan baik.
  • Printer tidak mengenali cartridge yang baru, bisa disebabkan cartridge tidak terpasang dengan benar, tersentuhnya chip kecil pada cartridge dengan tangan atau chip tersebut kotor/basah, atau jalur rangkaian pada cartridge rusak.
  • Pengeluaran tinta terlalu boros, bisa disebabkan sering melakukan proses cleaning/deep cleaning atau penggunaan kualitas cetak berukuran tinggi (high).

Apabila Anda mahir dalam mengutak-atik komputer dan peralatannya, Anda bisa memperbaiki sendiri printer yang rusak. Namun, jika Anda tidak begitu memahami seluk-beluk printer atau mungkin terlalu sibuk dengan pekerjaan, maka mengunjungi jasa service printer adalah solusi yang terbaik. Sebagai referensi, berikut kisaran harga jasa service printer, baik untuk rumahan maupun kantor.

Jasa Service Printer Kantor - (Karya: SeventyFour)
Jasa Service Printer Kantor – (Karya: SeventyFour)

Harga Service Printer Kantor

Jenis Service PrinterHarga
Service printer standarRp200.000 – Rp250.000 per unit
Service printer all-in-oneRp350.000 per unit
Service printer A3Rp450.000 per unit
Service mainboard printerRp150.000 per unit
Service head print/cartridgeRp500.000 per unit
Service roll printerRp50.000 per unit
Service ink systemRp100.000 per unit
Reset printer Epson/CanonRp50.000 per unit

Informasi harga jasa service printer di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk penyedia layanan perbaikan printer rusak, dan bisa berubah sewaktu-waktu. Perlu Anda catat bahwa biaya tersebut cuma service, belum termasuk penggantian spare part jika ada yang rusak, seperti ganti mainboard printer Epson dengan tarif berkisar Rp720 ribuan per unit atau ganti chip cartridge Epson dengan harga Rp60 ribuan per unit.

[1] Kurniawan, B. dan Buston Kholik. 2017. Rancang Bangun Perangkat Wireless untuk Printer Konvensional Berbasis Wi-Fi. Jurnal Telekontran, Vol. 5(2): 95-105.

[2] Saputra, Rezki. 2019. Pembuatan Perangkat Tambahan Perawatan Tinta Printer Menggunakan Real Time Clock (RTC) Berbasis Mikrokontroler (Tugas Akhir). Jurusan Sistem Komputer Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas Padang, hlm. 1.

[3] Suleman, et al. 2018. Sistem Pakar Diagnosa Kerusakan Printer Menggunakan Metode Naïve Bayes. Indonesian Journal on Computer and Information Technology, Vol. 3(2): 228-233.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *