Update Harga Sawi Pakcoy dan Benihnya Berbagai Merk

Sawi sendok, atau sawi huma, kerap pula disebut pakcoy, sering diolah menjadi aneka masakan yang lezat. Selain mudah ditemukan di pasaran, harga sawi pakcoy juga cukup murah. Tak heran jika sawi pakcoy digemari oleh berbagai kalangan di Indonesia.

Pakcoy Hidroponik (sumber: diesto-luke.github.io)
Pakcoy Hidroponik (sumber: diesto-luke.github.io)

Pakcoy (Brassica rapa L) dapat tumbuh di dataran tinggi dan dataran rendah.[1] Daunnya bertangkai, berbentuk agak oval, berwarna hijau tua mengilap, tidak membentuk kepala, tumbuh agak tegak atau setengah mendatar, tersusun dalam spiral yang rapat, melekat pada batang yang tertekan. Tangkai daun pakcoy agak putih atau hijau muda, gemuk berdaging, terdapat bentuk daun dengan warna hijau pudar dan ungu yang berbeda.[2]

Bacaan Lainnya

Sayuran ini masih satu golongan dengan sawi dan sering sekali disebut dengan berbagai nama, seperti sawi sendok, sawi manis, atau sawi daging, karena memiliki pangkal sayur yang tebal dan lembut seperti halnya daging. Sawi ini merupakan sayuran penting di Asia, khususnya China, merupakan salah satu sayuran daun yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Pakcoy biasanya digunakan dalam bahan sup atau penghias makanan.[3]

Pakcoy diminati sebagai sayuran karena kandungan gizi yang tinggi dan rasanya yang enak. Kandungan gizi yang terkandung dalam 100 g pakcoy adalah protein 2,39 mg, lemak 0,39 mg, karbohidrat 4,09 mg, kalsium 220 mg, fosfor, 38 mg besi, dan vitamin C 102 mg. Dengan kandungan tersebut, pakcoy berkhasiat untuk mencegah , katarak, stroke, cacat bawaan, hipertensi, dan jantung.[4]

Sawi pakcoy bisa ditanam dengan berbagai metode, salah satu yang terpopuler adalah dengan cara hidroponik. Menanam pakcoy dengan sistem hidroponik pada dasarnya sama dengan menanam dengan sistem lain. Kita tidak memerlukan lahan yang luas untuk berkebunnya, dan hasilnya bisa untuk konsumsi keluarga atau bahkan dapat dijadikan bisnis sampingan.

Cara menanam pakcoy atau sawi sendok sistem hidroponik sangatlah mudah. Kita dapat memanfaatkan limbah botol dan memilih teknik hidroponik mana yang paling mudah. Anda perlu menyiapkan sejumlah alat dan bahan, mulai dari rockwool, netpot, nutrisi hidroponik, benih pakcoy, kain flanel, styrofoam, ember, dan alat lainnya sesuai teknik yang digunakan. Berikut langkah-langkah menanam pakcoy yang dapat dilakukan di rumah.

Cara Bertanam Pakcoy secara Hidroponik

  • Benih pakcoy yang sudah disiapkan kemudian ditaruh pada media tanam. Namun sebelumnya, media tanam harus dibasahi atau bisa menggunakan rockwool.
  • Setiap persemaian, cukup taruh 1-2 benih pakcoy. Tutuplah dengan rapat dan disimpan pada tempat yang gelap agar terjaga kelembapannya hingga benih mengeluarkan tunas.
  • Buka penutup jika benih sudah bertunas. Pindahkan ke tempat yang memperoleh sinar matahari agar pertumbuhannya tidak hanya meninggi.
  • Ketika sudah keluar 3-4 helai daun, Anda dapat memindahkan persemaian tersebut ke media tanam yang telah disiapkan sebelumnya.
  • Berikanlah nutrisi hidroponik yang telah dilarutkan agar pertumbuhannya maksimal. Cek kondisi tanaman pakcoy secara rutin.
  • Pastikan jangan sampai kehabisan nutrisi. Waktu panen pakcoy biasanya pada hari ke-45.[5]

Umumnya, sawi baby/pakcoy ditanam di tanah dataran tinggi. Meski begitu, sayuran ini bisa juga ditanam pada dataran rendah, asalkan memperoleh cukup paparan sinar matahari setiap harinya. Apabila Anda tertarik membudidayakan pakcoy, berikut kisaran harga bibitnya.

Sawi Pakcoy Hidroponik (sumber: aiophotos.com)
Sawi Pakcoy Hidroponik (sumber: aiophotos.com)

Harga Benih Sawi Pakcoy

Merk dan Berat Benih Sawi Pakcoy Harga
Benih Sawi Pakcoy Haira Seed Rp16.700
Benih Sawi Pakcoy Dara F1 10 gr Rp20.000
Benih Sawi Pakcoy Nauli Panah Merah F1 East-West Seed 10 gr Rp25.000
Benih Sawi Pakcoy Fontana 15 gr Rp28.000
Benih Sawi Pakcoy Gardena 15 gr Rp31.000

Informasi harga benih sawi pakcoy di atas telah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online. Perlu diingat, harga tersebut tidak terikat karena bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pihak penjual. Untuk info lebih lanjut, Anda bisa membelinya di pertanian terdekat.

Harga Sawi Pakcoy

Sawi Pakcoy (sumber: ling-app.com)
Sawi Pakcoy (sumber: ling-app.com)
Berat Sawi Pakcoy Harga
Sawi Pakcoy 200 gr Rp3.500
Sawi Pakcoy gr Rp4.000
Sawi Pakcoy 250 gr Rp5.500
Sawi Pakcoy Hidroponik 200 gr Rp8.500
Sawi Pakcoy 500 gr Rp10.000
Sawi Pakcoy 1 kg Rp16.000

Informasi harga sawi pakcoy di atas telah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs minimarket. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga sawi pakcoy di pasaran saat ini terpantau fluktuatif. Misalnya, sawi pakcoy berat 500 gram yang semula dijual dengan harga mulai Rp9.300, kini naik menjadi Rp10 ribu per ikat. Sementara harga pakcoy hidroponik 200 gram sedikit turun dari Rp13 ribu menjadi Rp8.500.

[Update: Ditta]

[1] Sarido, L. & Junia. 2017. Uji Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Pakcoy (Brassica rapa L.) dengan Pemberian Pupuk Organik Cair pada System Hidroponik. Jurnal AGRIFOR. XVI(1): 65-74.

[2] Gardjito, M., dkk. 2015. Penanganan Segar Hortikultura untuk Penyimpanan dan Pemasaran. Jakarta: Kencana, hlm 104.

[3] Hartono, R. & Trias. 2020. Mudah Bertanam Sayur di Teras Rumah Panen Kapan Aja. Jakarta: Penebar Swadaya, hlm 17.

[4] Aribowo, dkk. 2016. Pengaruh Pemberian Vermikompos terhadap Pertumbuhan dan Produksi Pakcoy (Brassica rapa L.). JOM FAPERTA, 3(2): 1-9.

[5] Alviani, P. 2015. Bertanam Hidroponik untuk Pemula. Jakarta: Bibit Publisher, hlm 61.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *