Review dan Harga SanQua (Gelas, Botol, Galon)

Untuk kepraktisan, alih-alih memasak sendiri, sekarang sebagian besar masyarakat di Indonesia memilih untuk mengonsumsi air minum dalam kemasan alias AMDK. Tidak heran jika kemudian merk AMDK pun semakin beragam. Nah, salah satu brand yang dapat dipilih konsumen adalah SanQua. Pasalnya, selain menawarkan kesegaran dalam setiap kemasannya, harga AMDK SanQua pun bisa dikatakan relatif terjangkau.

SanQua kemasan botol (twitter: @sanquawater)
SanQua kemasan botol (twitter: @sanquawater)

Seperti diketahui, air merupakan salah satu sumber penghidupan yang paling vital bagi semua makhluk hidup di Bumi ini. Kebutuhan manusia akan air sangat terasa di mana, termasuk untuk keperluan pertanian, industri, rumah tangga, dan tentu saja untuk minum. Bahkan, di kehidupan yang modern, air memiliki peranan besar sebagai parameter keseimbangan lingkungan.[1]

Bacaan Lainnya

Namun, untuk memenuhi kebutuhan tersebut, kita tidak boleh sembarangan air. Disarankan untuk memakai air bersih, yakni air yang tidak berwarna, tidak berasa, tidak berbau, jernih, dengan suhu sebaiknya di bawah suhu udara sehingga menimbulkan rasa nyaman. Air bersih juga dapat dikatakan sebagai air yang telah melalui pengolahan atau tanpa melalui itu, yang memenuhi persyaratan kesehatan seperti tidak berbau, tidak berasa, pH antara 6,5 sampai 8,5, temperatur kurang lebih 3 derajat Celcius, tidak mengandung bakteri Ecoli, dan dapat langsung diminum.[2]

Memang, masyarakat bisa mendapatkan air bersih dengan cara memasak air mentah, entah itu dari sumur atau PDAM, hingga mendidih. Namun, memasak air dinilai tidak praktis dan dapat membuat pengeluaran membengkak, terutama untuk kompor. Nah, sebagai pilihan yang lebih praktis dan diklaim lebih hemat, sekarang banyak yang beralih ke AMDK.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Apa Itu AMDK?

Seperti disinggung di atas, AMDK adalah singkatan dari air minum dalam kemasan, yakni air yang diolah dengan menggunakan teknologi filtrasi tertentu, lantas dikemas dalam beberapa ukuran, termasuk gelas, botol, dan galon. AMDK dikatakan memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan tubuh. Pasalnya, ini sudah mengandung sejumlah mineral yang baik, seperti kalsium, sodium, magnesium, kalium, serta bikarbonat yang penting untuk memelihara keseimbangan keasaman darah dan mendukung proses pencernaan dalam .

Di Indonesia, kebutuhan AMDK memang terus meningkat seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk yang cukup pesat. Selain itu, banyak warga yang memilih produk AMDK dibandingkan air minum biasa karena dinilai lebih praktis. Jadi, wajar jika kemudian perusahaan yang memproduksi AMDK pun naik tajam, dari 473 perusahaan dengan 1.000 merk pada tahun 2010, menjadi 800 perusahaan pada tahun 2013.[3]

Selain itu, dibandingkan isi ulang, kualitas AMDK jauh lebih terjamin. Pasalnya, sebagian besar AMDK telah mengantongi izin untuk usaha produksi, peredaran, serta pengawasan. Sebaliknya, perizinan, pembinaan, dan pengawasan, depot air minum isi ulang kebanyakan masih belum dilaksanakan sebagaimana mestinya sehingga keamanan dan kualitas yang dihasilkan pun relatif meragukan.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Review SanQua

Di pasaran dalam negeri, sudah ada banyak merk AMDK yang dapat dipilih konsumen. Beberapa brand yang telah dikenal antara lain AQUA, Cleo, Le Minerale, Vit, Club, Ades, Nestle Pure Life, Equil, Super O2, Eternal Plus, Pristine, Total 8+, Super O2, dan Evian. Selain itu, masih ada SanQua, sebuah merk AMDK yang menawarkan kesegaran dalam setiap kemasannya.

SanQua kemasan gelas (sumber: tokopedia)
SanQua kemasan gelas (sumber: tokopedia)

Dilansir dari akun Instagram resminya, SanQua dapat dikatakan sebagai pemain lama di industri AMDK dalam negeri. Pasalnya, merk tersebut telah eksis sejak tahun 1996 silam. Produk ini sekarang berada di bawah naungan PT SanQua Multi Internasional, sebuah perusahaan yang memang bergerak dalam bidang AMDK dan minuman beraroma, dan termasuk dalam SanQua Group.

Dilansir dari berbagai sumber, SanQua menawarkan AMDK dengan harga terjangkau bagi semua kalangan dan tingkatan usia. Meskipun murah, produk ini diklaim tetap segar dan sehat. Selain itu, mutu kualitas produk SanQua pun dikatakan sudah tidak perlu diragukan lagi, sehingga memberikan rasa aman bagi mereka yang hendak mengonsumsi AMDK.

Seperti produk AMDK kebanyakan, SanQua juga telah hadir dalam berbagai kemasan. Ada kemasan gelas 200 ml yang dapat dibeli eceran atau langsung satu dus, kemasan botol kecil 330 ml, kemasan botol 600 ml, kemasan botol besar 1500 ml, dan kemasan galon 19 liter. Anda dapat membelinya di banyak toko maupun lewat sejumlah situs jual beli online. Lalu, berapa harga SanQua saat ini?

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Harga SanQua

Kemasan SanQua Harga
SanQua Gelas 220 ml Rp18.000 – Rp26.000 per dus
SanQua Botol 330 ml Ecer : Rp1.707 per botol
Rp27.000 – Rp30.000 per dus
SanQua Botol 600 ml Rp30.000 – Rp35.000 per dus
SanQua Botol 1500 ml Rp38.000 per dus
SanQua Galon 19 L Refill : Rp12.000 – Rp15.000
Plus Isi : Rp39.000
  • Kemasan 1 dus SanQua gelas berisi 48 gelas.
  • Kemasan 1 dus SanQua botol 330 ml berisi 24 botol.
  • Kemasan 1 dus SanQua botol 600 ml berisi 24 botol.
  • Kemasan 1 dus SanQua botol 1500 ml berisi 12 botol.

Daftar harga produk SanQua di atas telah kami himpun dari berbagai sumber, termasuk sejumlah toko, supermarket, dan situs jual beli online. Perlu Anda catat bahwa harga SanQua tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga AMDK ini dapat berbeda di masing-masing tempat meski produk yang ditawarkan sama.

[1] Salilama, Awaludin, 2018. Analisis Kebutuhan Air Bersih (PDAM) di Wilayah Kota Gorontalo. Radial: Jurnal Peradaban Sains, Rekayasa dan Teknologi STITEK Bina Taruna Gorontalo, Vol. 6(2): 102-114.

[2] Ibid.

[3] Widjaja, Astriani dan Y. Sondang Kunto. 2014. Analisa Persepsi Konsumen tentang Atribut Produk AMDK. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, Vol. 2(1): 1-8.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *