Update Harga Sanmol Semua Varian, Obat Penurun Demam

Tingkat kebutuhan obat antipiretik saat ini semakin meningkat, apalagi saat cuaca sedang tidak bersahabat. Dari sekian banyaknya obat penurun demam yang ada di pasaran, Sanmol menjadi andalan banyak orang untuk mengatasi gejala tersebut. Ini karena Sanmol diklaim ampuh sebagai obat demam dan memiliki terjangkau.

Ilustrasi: sakit demam (sumber: medicalnewstoday.com)

Ilustrasi: sakit demam (sumber: medicalnewstoday.com)

Demam sendiri merupakan sebuah kondisi ketika suhu tubuh di atas normal, yaitu di atas 38 derajat Celcius. Nah, penggunaan obat antipiretik adalah salah satu cara untuk menurunkan suhu tubuh yang tidak normal, dengan catatan diberikan pada saat suhu tubuh lebih dari 39 derajat Celcius.

Secara umum, jenis obat antipiretik yang sering digunakan adalah paracetamol dan ibuprofen.[1] Kedua jenis obat tersebut telah dijual dengan berbagai macam merek di apotek, salah satunya adalah Sanmol. Sanmol sendiri memiliki beberapa varian yang didasarkan pada cara penggunaan, bentuk kemasan, dan dosisnya.

Sanmol Forte Tablet

Sanmol merupakan salah satu obat antipiretik sekaligus analgesik atau non-opiat yang diproduksi oleh PT Sanbe Farma. Salah satu varian Sanmol yang bisa Anda temukan dengan mudah di apotek adalah Sanmol Forte kemasan tablet. Obat ini mengandung paracetamol sebanyak 650 mg dan bisa dikatakan sebagai obat penurun demam tinggi. Secara umum, obat pereda panas dengan dosis standar biasanya mengandung paracetamol 500 mg.

Karena termasuk golongan obat antipiretik sekaligus analgesik, Sanmol Forte ini memiliki indikasi untuk mengobati nyeri, sakit kepala, sakit gigi, gejala flu, demam, dan gejala panas setelah imunisasi pada anak. Untuk mengobati semua penyakit tersebut, Anda bisa minum Sanmol Forte sesudah maupun sebelum makan sesuai dengan dosisnya.

Dosis pemakaian Sanmol Forte tablet pada dewasa dan anak di atas 12 tahun, yaitu 3 kali sehari 1 tablet atau maksimal 4 gram per hari. Sementara itu, penggunaan obat tersebut untuk anak di bawah 12 tahun, ibu hamil, dan ibu menyusui, harus sesuai dengan anjuran atau resep dokter.

Apabila Anda tidak mematuhi dosis atau anjuran dokter, ada beberapa efek samping yang bisa timbul. Efek samping penggunaan Sanmol Forte antara lain reaksi hematologi, alergi, gatal-gatal, overdosis, dan kerusakan hati jika obat digunakan dalam jangka lama. Di pasaran sendiri, Sanmol Forte TAB dijual dengan kemasan strip isi 10 tablet dan 1 trip isi 4 tablet.

Sanmol tablet (sumber: popmama.com)

Sanmol tablet (sumber: popmama.com)

Sanmol Forte Syrup 250 mg

Sanmol Forte tidak hanya diproduksi dalam bentuk tablet, tetapi juga dalam bentuk sirup oleh PT Sanbe Farma. Semua obat seperti Sanmol yang diproduksi oleh perusahaan tersebut sudah mengantongi sertifikat BPOM, sehingga Anda tidak perlu khawatir. Nomor BPOM pada Sanmol Forte sirup berada di bagian belakang kemasan karton dan kemasan botolnya.

Baca juga  Update Harga Obat Kenalog

Pada setiap 5 ml Sanmol Forte Syrup, diklaim mengandung 250 mg paracetamol. Bisa dibilang, obat ini adalah salah satu obat golongan antipiretik dan analgesik dengan dosis rendah. Karena, secara umum obat antipiretik mengandung paracetamol sebanyak 500 mg dalam sekali telan. Sanmol Forte Syrup ini memiliki indikasi untuk meredakan nyeri, mengatasi sakit kepala, meredakan  sakit gigi, mengatasi demam yang menyertai flu, dan mengatasi demam setelah imunisasi.

Anda bisa mengonsumsi obat tersebut sebelum atau sesudah makan dengan dosis yang sesuai. Untuk anak usia 1-2 tahun, obat bisa diberikan 3-4 kali sehari sebanyak 5 ml. Untuk anak usia 2-6 tahun, bisa diberikan 3-4 kali sehari sebanyak 1-2 sendok takar. Untuk anak usia 6-9 tahun, bisa mengonsumsi obat sebanyak 3-4 kali dalam sehari dengan dosis 2-3 sendok takar, dan untuk anak usia 9-12 tahun bisa minum obat sebanyak 3-4 kali dalam sehari dengan dosis 3-4 sendok takar.

Obat Sanmol Forte Syrup tidak dianjurkan bagi pasien dengan riwayat penyakit ginjal. Selain itu, jika Anda tidak mematuhi aturan penyajian obat dengan baik, maka ada efek samping yang ditimbulkan. Efek samping yang disebabkan oleh Sanmol Forte Syrup antara lain reaksi hematologi, reaksi alergi, kerusakan hati, dan overdosis. Di pasaran sendiri, Sanmol Forte Syrup 259 mg dijual dengan kemasan botol isi 60 ml.

Sanmol Forte Syrup 250mg & Sanmol TAB STR 4'S

Sanmol Forte Syrup 250mg & Sanmol TAB STR 4'S

Sanmol TAB STR 4'S

Selain memproduksi Sanmol dengan varian dosis tinggi atau Sanmol Forte, PT Sanbe Farma juga memproduksi Sanmol tablet dengan dosis standar. Bernama Sanmol TAB STR 4'S, ini merupakan obat golongan antipiretik dan analgesik yang mengandung paracetamol sebanyak 500 mg dalam setiap tabletnya.

Baca juga  Info Varian dan Harga Produk Perawatan Mata Rohto

Obat tersebut memiliki kegunaan untuk mengatasi nyeri termasuk sakit kepala, sakit gigi, demam yang menyertai flu, dan demam setelah imunisasi. Telah dijual di apotek, untuk mendapatkan obat tersebut, Anda tidak memerlukan resep dokter jika Anda dalam kondisi yang normal. Sementara, bagi ibu hamil, ibu menyusui, dan pasien dengan riwayat penyakit tertentu, harus menggunakan resep dokter untuk mendapatkannya.

Sanmol tablet ini dapat dikonsumsi setelah makan dengan dosis untuk dewasa 1-2 tablet, dan untuk anak 1/2-1 tablet. Obat ini tidak dianjurkan pada pasien dengan riwayat penyakit ginjal. Karena, obat Sanmol tablet memiliki efek samping, seperti hematologi, reaksi alergi pada kulit, dan kerusakan hati. Di pasaran sendiri, Sanmol TAB STR 4'S dijual dengan kemasan strip isi 4 tablet.

Sanmol Drop

Demam pada bayi membuat banyak orang tua merasa khawatir. Sebagai solusi, PT Sanbe Farma telah merilis Sanmol Drop, obat penurun demam khusus untuk bayi. Sanmol Drop dirancang khusus dengan kemasan yang mempermudah bayi mengonsumsi obat tersebut. Anda hanya perlu meneteskan obat tersebut pada mulut bayi, sesuai dengan dosisnya.

Sanmol Drop mengandung zat aktif paracetamol (acetaminophen) sebagai antipiretik dan analgesik. Kandungan pada Sanmol Drop membuat obat tersebut memiliki indikasi untuk menurunkan panas, meredakan nyeri, mengatasi sakit kepala, dan meredakan pusing pada bayi dan balita.

Anda bisa memberikan obat tersebut kepada bayi setelah mereka makan dengan dosis untuk anak usia 1-2 tahun, yaitu 3-4 kali sehari sebanyak 0,6-1,2 ml. Perlu Anda ketahui bahwa Sanmol Drop memiliki efek samping, yaitu hematologi, reaksi alergi pada kulit, dan kerusakan hati. Di pasaran sendiri, obat ini dijual dalam kemasan botol pipet isi 60 ml.

Sanmol Drop & Sanmol Syrup 120mg

Sanmol Drop & Sanmol Syrup 120mg

Sanmol Syrup 120 mg

Bagi Anda yang mencari obat antipiretik dengan dosis rendah, Anda bisa mencoba mengonsumsi Sanmol Syrup 120 mg. Ini adalah obat antipiretik dan analgesik dalam bentuk sirup yang mengandung paracetamol sebanyak 120 mg dalam setiap 5 ml atau dosis sekali telan.

Baca juga  Harga Rohto Cool (Botol & Dus)

Obat Sanmol Syrup ini memiliki indikasi untuk meredakan berbagai nyeri, termasuk sakit kepala, sakit gigi, demam yang menyertai flu, dan demam setelah imunisasi. Seperti varian lainnya, Sanmol Syrup juga memiliki efek samping seperti hematological, reaksi alergi, dan kerusakan pada hati.

Agar Anda tidak mengalami gejala efek samping, Anda harus mengonsumsi obat sesuai dengan dosis dan aturan penyajian. Obat ini bisa dikonsumsi sesudah makan dengan dosis 3-4 kali dalam sehari dengan takaran sesuai dengan batasan usia. Untuk anak usia 9-12 tahun, obat diberikan sebanyak 15-12 ml. Untuk anak usia 6-9 tahun, obat dapat diberikan sebanyak 10-15 ml. Untuk anak usia 2-6 tahun, obat diberikan sebanyak 5-10 ml, dan pada anak usia 3-4 tahun, obat bisa diberikan sebanyak 5 ml.

Jika Anda merasa varian Sanmol di atas terlalu sulit untuk dikonsumsi, Anda bisa mencoba Sanmol varian TAB EFF 10 S. Ini merupakan obat penurun demam dengan cara konsumsi yang terbilang unik. Anda hanya perlu melarutkan Sanmol TAB EFF 10 S ke dalam segelas air dan meminumnya, seperti ketika Anda mengonsumsi vitamin.

Harga Sanmol

Varian SanmolHarga
Sanmol TAB STR 4'SRp1.613 per strip
Sanmol Forte TAB 4SRp1.892 per strip
Sanmol Forte TAB 10SRp14.260 per strip
Sanmol Syrup 120 mg 60 mlRp15.959 per botol
Sanmol Drop 60 mlRp21.346 per botol
Sanmol TAB EFF 10 SRp34.715 per tube
Sanmol Forte Syrup 250 mg 60 mlRp34.942 per botol

Informasi harga Sanmol di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs dagang online dan sejumlah apotek. Perlu diketahui bahwa harga Sanmol tersebut tentu tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan toko obat yang Anda kunjungi.

Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, harga sanmol tahun ini relatif stabil. Sebagai contoh, Sanmol Forte TAB 4S yang awalnya dijual dengan harga Rp1.855, sedikit naik menjadi Rp1.892 per strip. Sementara itu, Sanmol TAB STR 4'S yang awalnya dibanderol Rp1.764, sedikit turun menjadi Rp1.613 per strip.

[Update: Almas]

[1] Surya, Made Ayu Nadine Indira, dkk. 2018. Pola Penggunaan Parasetamol atau Ibuprofen sebagai Obat Antipiretik Single Therapy pada Pasien Anak. DOAJ E-Jurnal Medika, Vol. 7(8): 1-13.

author

Leave a reply "Update Harga Sanmol Semua Varian, Obat Penurun Demam"