Info Harga Roti Aoka Semua Varian Rasa (Ecer & 1 Dus)

Anda pernah mencicipi Aoka? Ya, roti ini sempat viral beberapa waktu lalu karena memiliki rasa yang enak, tekstur lembut, dan masa kedaluwarsanya lebih lama dibandingkan roti tawar pada umumnya. Tak cukup sampai di situ, harga roti Aoka juga cukup murah, sehingga banyak diminati oleh masyarakat untuk dijadikan pengganjal perut ketika lapar.

Roti Tawar Biasa (sumber: buzzfeed.com)
Tawar (sumber: buzzfeed.com)

Asal-usul

merupakan makanan pokok yang dibuat dengan campuran tepung terigu dan ragi. Perkembangan roti di Indonesia sudah dimulai sejak Belanda menduduki wilayah Indonesia dan berkembang hingga sekarang. Konon, sebelum berkembang di negara Eropa, roti berawal dari Mesir dan Mesopotamia. Roti ini ditemukan saat mereka mencari cara lain untuk menikmati gandum yang pada awalnya hanya dikonsumsi langsung atau mencampurkannya dengan air hingga menjadi pasta. Dimasak di atas api kemudian mengeras dan disimpan beberapa hari.

Bacaan Lainnya

Di Indonesia merupakan makanan yang cukup lama ada karena pengaruh dari bangsa penjajah yang dulunya mengonsumsi roti. Seiring perkembangan zaman, roti banyak mengalami perubahan dan juga variasi yang dibuat dengan berbagai rasa dan juga bentuk. Roti di Indonesia sudah ada sejak zaman Belanda sekitar tahun 1930, budaya makan roti biasa dilakukan orang-orang barat mulai dikenalkan pada warga pribumi dengan cara diperjual-belikan. Saat itu roti ini masih memiliki tekstur yang agak kasar dan keras.

Baca juga  Info Terbaru Harga Kue Roll Cake Wahyu Austin Roemah Pastry

Pada tahun 1950-an citarasa sudah lebih gurih dan aromanya lebih enak karena mulai digunakan pemakaian mentega, namun hasilnya masih padat dan kurang mengembang karena mereka membuat roti dengan cara dikembangkan dalam suhu ruang dan ditutupi dengan lap basah. Sekitar tahun 1970-an roti-roti diisi dengan keju parut atau coklat seperti long jhon (roti goreng berbentuk panjang dengan isian butter atau taburan keju) diperkenalkan kepada publik hingga sekarang.

Kini, banyak sekali modifikasi dari berbagai negara yang masuk ke Indonesia dengan rasa dan tekstur yang bervariasi. Serta keanekaragaman tepung yang digunakan dan dengan teknik pembuatan yang berbeda serta modern.[1]

Tentang Aoka

Seperti yang Anda ketahui, di pasaran sebelumnya didominasi oleh merek seperti Sari Roti yang begitu mudah ditemukan di minimarket seperti dan Alfamart atau bahkan dijual keliling oleh pedagang Sari Roti. Harga Sari Roti sendiri terbilang agak mahal bagi sebagian orang. Untuk meraup pasar yang lebih luas, sejak tahun 2021 lalu hadir produk roti Aoka yang harganya jauh lebih murah dibanding Sari Roti atau produk sejenis.

Baca juga  Manfaat dan Update Harga Susu HiLo Platinum

Brand roti Aoka diproduksi oleh PT Indonesia Bakery Family yang berlokasi di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Pabrik satu ini awalnya meluncurkan produk roti tawar panggang dalam aneka rasa, seperti coklat, vanilla, keju, hingga rasa buah-buahan seperti strawberry, blueberry, nanas, hingga durian. Roti yang berisi aneka selai ini rupanya berhasil diterima oleh masyarakat. Selain karena rasanya yang enak, harga roti panggang Aoka juga cukup murah berkisar mulai Rp2 ribuan.

Beberapa varian Roti Aoka (sumber: biggo.id)
Beberapa varian Roti Aoka (sumber: biggo.id)

Roti Aoka menjadi viral bukan hanya karena harganya yang murah, tetapi juga karena memiliki masa kedaluwarsa (expired date) yang cukup lama, hingga tiga bulan. Oleh sebab itu banyak orang tertarik mencoba roti ini untuk konsumsi pribadi maupun dijual kembali. Terlebih karena roti Aoka sudah terdaftar di BPOM dan mengantongi sertifikat halal.

Seiring dengan kesuksesan bisnis mereka, Aoka pun memproduksi varian roti lain seperti Aoka Burger, Aoka Sandwich, hingga yang paling baru adalah roti gulung rasa keju. Tak jauh berbeda dengan varian roti panggang, roti-roti Aoka lainnya juga dijual dengan harga yang relatif terjangkau dibanding brand-brand roti ternama. Berikut informasi harga roti Aoka.

Baca juga  Info Terbaru Harga Roti Jala dan Resep Membuatnya

Harga Roti Aoka

Varian Roti Aoka Harga (Rp)
Roti Panggang Aoka 65gr ecer 1.900 – 3.100
Roti Gulung Aoka 60 gr eceran 2.100 – 2.612
Roti Panggang Aoka 65 gr 1 karton isi 60 pcs 117.000 – 133.555
Roti Gulung Aoka 60 gr 1 dus isi 60 pcs 123.000

Informasi harga roti Aoka di atas dirangkum dari berbagai sumber. Perlu diingat bahwa harga roti Aoka bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

[1] Nabihah, Rifdah Faizati. 2018. Analisis Studi Kelayakan Penambahan Aset Pada Usaha Industri Roti UMM Bakery [Skripsi]. Malang: Universitas Malang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *