Info Varian dan Harga Produk Perawatan Mata Rohto

Mata menjadi organ penting pada tubuh karena perannya yang luar biasa. Tak heran, jika berbagai keluhan terhadap mata, seperti mata merah, kerap menjadi permasalahan yang dapat menghambat aktivitas harian. Apalagi, iritasi mata tersebut diketahui dapat menginfeksi mata orang lain. Sebelum kondisi tersebut semakin parah, sebagian orang memilih mengobatinya dengan obat tetes mata, salah satunya Rohto. Obat mata Rohto begitu mudah ditemukan di seperti Indomaret dan Alfamart dengan harga relatif terjangkau.

Varian obat tetes mata Rohto (sumber: femaledaily.com)

Varian obat tetes mata Rohto (sumber: femaledaily.com)

Rohto pertama kali didirikan pada tahun 1889 sebagai Apotek Shintendo Yamada Anmin, toko obat keluarga yang dijalankan oleh Yasutami Yamada di Osaka, Jepang. Perusahaan ini adalah pelopor dalam obat bebas dan perawatan kesehatan konsumen. Lima puluh tahun kemudian, apotek tersebut berubah menjadi Rohto Pharmaceutical Company, Ltd.

Rohto Laboratories Indonesia dikembangkan di Indonesia dan menjadi salah satu obat tetes mata populer di tengah .[1] Rohto masuk ke pasar Indonesia sejak tahun 1934 dan terkenal hingga sekarang. Tak hanya satu produk, Rohto pun mengembangkan inovasi untuk meluncurkan berbagai produk yang dapat mengatasi banyak keluhan pada mata. Banyak produk perawatan mata dari Rohto yang beredar di pasaran sebagai berikut.

Baca juga  Update Harga Cetirizine Drop (10ml & 20ml), Obat untuk Alergi

Varian Produk Perawatan Mata Rohto

  • Tetes Mata Rohto: obat tetes mata Rohto steril dan isotonis yang digunakan untuk menghilangkan mata merah dalam sekejap.
  • Rohto Cool: sama seperti varian sebelumnya, obat ini steril dan isotonis yang digunakan untuk menghilangkan mata merah dengan tambahan sensasi dingin pada setiap tetesnya.
  • Rohto V-Extra: tetes mata steril ekstra dingin untuk mata merah, kering, dan pegal.
  • Rohto Dry Fresh: memiliki manfaat untuk memberikan efek pelumas seperti air mata, mengatasi gejala kekeringan pada mata, meringankan iritasi mata yang disebabkan oleh kekurangan produksi air mata.
  • Rohto Eye Flush: cairan steril pencuci mata dengan Distilled Witch Hazel 13,0% dilengkapi dengan eye bath (mangkuk pencuci mata), sehingga mudah digunakan dan mencegah cairan tumpah.
  • Rohto C Cube: larutan steril untuk melembabkan sekaligus memberikan rasa nyaman pada saat penggunaan lensa kontak.

Masing-masing produk Rohto digunakan untuk kondisi mata yang berbeda seperti penjelasan di atas. Jika untuk mengobati iritasi mata, Anda dapat menggunakan obat tetes mata Rohto dan Rohto Cool. Perbedaan keduanya yakni Rohto Cool menawarkan sensasi dingin saat pertama kali diteteskan pada mata Anda. Sedangkan, produk Rohto untuk mata kering yakni Rohto V-Extra dan Rohto Dry Fresh.

Baca juga  Info Terkini Harga Polysilane (Obat Maag Cair, Tablet, & Granul)

Dosis dan Cara Pakai Obat Rohto

Ilustrasi: pakai obat tetes mata (sumber: snopes.com)

Ilustrasi: pakai obat tetes mata (sumber: snopes.com)

  • Untuk pemakaian obat tetes mata Rohto dan Rohto Cool, Anda cukup meneteskan 1 – 2 tetes pada masing-masing mata. Saran pemakaian produk sebanyak 2-3 kali sehari, kecuali bila ada petunjuk dari dokter.
  • Pemakaian obat tetes untuk mata kering Rohto V-Extra dan Rohto Dry Fresh terbilang sama dengan produk Rohto Cool. Anda dapat menambahkan dosis sesuai kebutuhan.
  • Cara pakai produk Rohto Eye cukup mudah dengan menuangkan 5 ml Rohto Eye Flush dengan posisi menunduk lalu tempelkan eye bath pada salah satu mata. Kedipkan mata Anda beberapa kali sambil ditekan perlahan bagian bawah eye bath agar cairan dapat mengalir dengan optimal.
  • Rohto C Cube: teteskan 1 – 2 tetes Rohto C Cube pada masing-masing mata, 5-6 kali sehari.

Apabila kondisi mata semakin parah, Anda disarankan untuk menghentikan pemakaian dan segera pergi ke dokter. Berikut informasi harga berbagai produk Rohto di apotik saat ini.

Daftar Harga Rohto di Apotek

Varian Obat Mata RohtoHarga (Rp)
Rohto Tetes Mata 7 Ml13.9
Rohto Cool Tetes Mata 7 Ml18.110
Rohto V Extra Eye Drop 7ml20.694
Rohto Dry Fresh30.000
Rohto Eye Flush 150ml Per Botol37.321
Rohto C Cube 8ml (Per Pcs)46.617
Baca juga  Info Aturan Pakai dan Harga Scabicid, Obat untuk Kudis

Informasi harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet pada 2021. Harga obat mata Rohto dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak penjual. Anda dapat membeli produk tersebut di toko obat atau apotek terdekat seperti Kimia Farma dan K24. Selain itu, di berbagai situs online juga menyediakan berbagai varian obat mata merk Rohto dengan harga bersaing.

Perlu diingat, ada beberapa hal yang perlu dihindari saat memakai obat tetes mata. Hindari meneteskan obat mata apapun termasuk Rohto langsung ke kornea mata karena memiliki banyak serat rasa sakit dan sangat sensitif. Selain itu, Anda tidak diperbolehkan menyentuh kelopak mata atau struktur mata lainnya dengan alat tetes mata karena risiko penularan infeksi dari satu mata ke mata lainnya cukup tinggi. Setelah digunakan, ada baiknya produk tidak digunakan secara bergantian dengan orang lain.[2]

[1] Rinnanik, dkk. Ilmu Manajemen Di Era 4.0 (Jakarta: Penerbit Adab, 2021), hlm. 171

[2] Enie, dkk. Fundamentals of Nursing Vol 1- 9th Indonesian Edition (Singapura: Elsevier, 2017), hlm. 550

author
Pengamat dinamika harga. Pengelola toko dan counter. Ex-wartawati media lokal.

Leave a reply "Info Varian dan Harga Produk Perawatan Mata Rohto"