Update Daftar Harga Ferrero Rocher dalam Berbagai Ukuran Kemasan

Pernahkah Anda mencicipi Ferrero Rocher? Ya, cokelat satu ini terkenal dengan ciri khas berupa bola-bola wafer cokelat yang dipadu dengan kacang hazelnut dan kemasannya berupa foil berwarna emas. Cokelat Ferrero Rocher termasuk premium dengan harga yang relatif mahal dibandingkan cokelat lokal.

Cokelat Ferrero Rocher (sumber: society6.com)

Cokelat Ferrero Rocher (sumber: society6.com)

Ferrero Rocher adalah permen cokelat yang dibuat oleh manisan asal Italia, Ferrero SpA, yang juga membuat Tic Tac dan Nutella. Cokelat ini dibuat dari wafer yang diberi kacang hazelnut dan diisi dengan krim hazelnut dan di luarnya dilapisi cokelat susu dengan kenari dan hazelnut yang dihancurkan. Cokelat ini mengandung 72 kalori (304 kJ), serta dijual dengan kemasan kotak dan dibungkus dengan bungkusan berwarna emas.

Ferrero Rocher diperkenalkan pada tahun 1982 silam di Eropa. Tak lama setelah rilis, produksi dihentikan karena masalah dengan pencetakan label. Michele Ferrero selaku penemu cokelat Ferrero Rocher menamai cokelat ini dengan nama gua di tempat suci Katolik Roma di Lourdes, Rocher de Massabielle. Rocher berasal dari bahasa Perancis yang artinya adalah batu.

Kandungan Ferrero Rocher

Ferrero Rocher sendiri terdiri dari hazelnut panggang utuh (namun sejak akhir tahun 2017, hanya sebagian hazelnut saja yang digunakan) terbungkus dalam cangkang wafer tipis yang diisi dengan cokelat hazelnut serta ditutupi dengan cokelat susu dan hazelnut cincang. Bahan-bahan yang terkandung antara lain cokelat susu, gula, butter, massa kakao, susu skim, butter oil, lesitin sebagai pengemulsi (kedelai), vanillin (bumbu buatan), hazelnut, minyak kelapa sawit, tepung terigu, whey (susu), kakao rendah lemak, natrium bikarbonat (agen ragi), dan garam.

Kandungan lesitin dalam Ferrero Rocher sering digunakan sebagai obat untuk kolesterol tinggi, depresi, dan juga kecemasan. Dalam 1 buah Ferrero Rocher, diklaim mengandung 73 kalori, 5,2 gram lemak, 5,4 gram karbohidrat, dan 1 gram protein. Dengan rincian kalori, 65% lemak, 30% karbohidrat, dan 6% protein.

Proses Produksi Ferrero Rocher

Proses produksi Ferrero Rocher sendiri bersifat rahasia, tanpa adanya smartphone atau notebook yang diizinkan masuk. Hingga tahun 2015, hanya sedikit jurnalis yang diundang untuk berkunjung ke pembuatan Ferrero Rocher. Pada 2015, produksi di Alba mencapai 24 juta Rochers sehari.

Proses produksi di pabrik Ferrero Rocher (sumber: Forbes)

Proses produksi di pabrik Ferrero Rocher (sumber: Forbes)

Ferrero Rocher diproduksi menggunakan mesin. Prosesnya dimulai dengan lembaran wafer datar dengan belahan bergerak turun dari jalur perakitan. Belahan wafer kemudian diisi dengan krim cokelat hazelnut dan bagian dari hazelnut. Selanjutnya, dua lembar wafer ini, satu dengan hazelnut dan satu lagi dengan krim cokelat hazelnut, dijepit bersama. Wafer yang berlebih dipotong untuk menghasilkan bola wafer. Bola-bola ini kemudian dilapisi dengan lapisan cokelat, lapisan hazelnut cincang, dan lapisan terakhir adalah cokelat sebelum cokelat dikemas.

Butuh waktu bertahun-tahun lamanya untuk mendapatkan Ferrero Rocher yang berbentuk bulat. Pemilik Ferrero Rocher, Pietro Ferrero, mengambil latihan selama 5 tahun dan melakukan eksperimen supaya mendapatkan bentuk wafer cokelat yang sempurna. Kemudian, setelah Perang Dunia ke-2, Pietro Ferrero menghadapi kenaikan harga kakao yang luar biasa. Alhasil, ia mengurangi kandungan kakao dan menambahkan hazelnut ke dalam cokelat ini.

Kabarnya, ada sekitar 4,8 miliar Ferrero Rocher yang dijual setiap tahun di lebih dari 40 negara. Ini termasuk 28 negara di Eropa, 9 negara di Amerika, 9 negara di Asia, 2 negara di wilayah Oceania, dan 2 negara di Afrika. Bahkan, Ferrero Rocher disebut-sebut sebagai konsumen hazelnut terbesar di dunia. Dari keseluruhan pasokan hazelnut di dunia, sekitar 25% digunakan untuk produksi cokelat Ferrero Rocher. Luar biasa sekali, bukan?

Di Australia, Kanada, Brasil, Hong Kong, Singapura, Mesir, dan Malaysia, Ferrero Rocher adalah yang paling populer ketika liburan, terutama ketika Natal dan Tahun Baru. Selain itu, Ferrero Rocher juga kerap dijadikan saat perayaan Tahun Baru Imlek. Budaya China menganggap bungkus cokelat yang berwarna emas melambangkan rezeki baik dan kekayaan.

Seperti yang Anda ketahui, Ferrero Rocher termasuk produk cokelat premium yang harganya memang relatif lebih mahal dibandingkan cokelat pada umumnya. Ferrero Rocher juga sudah banyak dijual di Indonesia melalui sejumlah pusat perbelanjaan atau swalayan besar.

Ferrero Rocher tersedia dalam beberapa pilihan kemasan, mulai dari kemasan paling kecil isi 3 (ukuran 37,5 gram), kemasan 100 gram, kemasan 200 gram, hingga yang paling besar kemasan box isi 300 gram. Agar tidak penasaran, simak langsung daftar harga terbaru Ferrero Rocher dalam berbagai ukuran berikut ini.

Daftar Harga Ferrero Rocher

Cokelat Ferrero Rocher (sumber: pixabay)

Cokelat Ferrero Rocher (sumber: pixabay)

Ferrero RocherHarga
Ferrero Rocher Hazelnut Chocolate 37,5 gramRp24.200
Ferrero Rocher Hazelnut Chocolate 100 gRp41.700
Ferrero Rocher Hazelnut Chocolate 200 gramRp122.000
Ferrero Rocher Hazelnut Chocolate 300 grRp190.100

Informasi daftar harga Ferrero Rocher di atas didapatkan dari berbagai sumber yang ada di internet. Perlu Anda ingat bahwa harga Ferrero Rocher bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Sebagai perbandingan, harga Ferrero Rocher pada tahun 2019 lalu berkisar Rp21 ribuan hingga Rp188 ribuan, tergantung varian kemasannya.

Selain itu, harga Ferrero Rocher yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari promo atau penawaran pihak penjual. Apabila Anda ingin mencicipi kelezatan coklat Ferrero Rocher, Anda bisa membelinya di sejumlah supermarket atau pusat perbelanjaan terdekat di kota tempat tinggal Anda.

[Update: Almasshabur]

Baca juga  Harga Kue Bolu Talas Bogor di Berbagai Outlet
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Update Daftar Harga Ferrero Rocher dalam Berbagai Ukuran Kemasan"