Update Harga Reel Daido 3000 Berbagai Tipe

Anda yang doyan memancing pasti sudah tidak asing lagi dengan reel. Ini adalah penggulung benang yang merupakan salah satu bagian terpenting dari perlengkapan memancing, untuk memudahkan para pemancing menarik ikan atau melempar umpan. Di pasaran, sudah banyak merk dan jenis reel yang telah dijual, salah satunya Daido, yang saat ini ditawarkan di kisaran harga ratusan ribu rupiah untuk tipe 3000.

Reel Daido (instagram: @daidofishingteam)
Reel Daido (instagram: @daidofishingteam)

Menurut Mancingarena.com, reel merupakan piranti atau peralatan mancing yang memiliki fungsi utama sebagai tempat dan penggulung senar atau benang. Dengan adanya reel ini, akan memudahkan keluar masuknya senar, baik ketika dilempar ke air atau saat digulung. Meski sudah banyak reel, namun semua memiliki fungsi yang sama.

Bacaan Lainnya

Di pasaran sendiri, Anda dapat menemukan berbagai jenis reel. Masing-masing varian reel tentunya memiliki karakteristik, jenis, bagian, hingga kegunaan yang berbeda. Di kalangan pemancing, setidaknya ada empat jenis reel yang umum digunakan untuk menyalurkan hobi mereka. Berikut jenis-jenis reel yang populer di kalangan mancing mania.

Jenis Reel

  • Reel Spinning, merupakan reel yang paling banyak digunakan oleh kalangan pemancing. Pasalnya, reel jenis ini umumnya dapat digunakan dalam berbagai kondisi spot yang menjadi target pemancingan. Secara umum, dalam menggunakan reel jenis ini, Anda cukup membuka bail arm (tempat untuk mengarahkan senar saat digulung), kemudian umpan dilempar sesuai dengan target yang Anda tuju. Kemudian, ditutup kembali, dan begitu seterusnya, tergantung teknik yang digunakan. Bagian lainnya dari reel ini adalah drag knob yang berguna mengatur besaran tarikan ikan sesuai dengan keinginan pemancing.
  • Reel Bait Casting, sesuai dengan namanya, reel jenis ini dirancang untuk teknik casting. Dalam teknik casting sendiri, tentu pemancing akan terus-menerus melempar umpan buatan atau lure, sehingga membutuhkan waktu dan lemparan yang tepat dan akurat menuju spot yang dianggap menjanjikan agar ikan bisa hook-up. Reel Bait Casting merupakan reel yang termasuk dalam kategori reel overhead, dengan penggunaan yang tidak semudah Reel Spinning. Reel ini memerlukan kontrol dan feeling yang bagus, terutama saat melakukan pengereman laju senar.
  • Reel Trolling, ini adalah reel yang khusus digunakan saat memancing dengan menggunakan teknik trolling. Bagi Anda yang belum tahu, trolling adalah teknik menyeret umpan di laut atau sungai dengan menggunakan kapal dalam kecepatan tertentu. Bentuk reel ini sendiri hampir menyerupai Reel Bait Casting dan juga termasuk reel overhead. Bedanya, reel ini punya bobot lebih berat, spool yang lebih besar, dan kemampuan drag yang besar. Hal ini sengaja dirancang agar bisa membuat lebih banyak senar dan lebih efektif dalam ‘pertarungan’ dengan ikan-ikan berukuran besar. Reel ini sendiri cukup dipasangkan pada joran khusus trolling, lalu umpan yang telah dilempar ke spot diseret menggunakan kapal.
  • Reel Fly Fishing, merupakan varian yang digunakan khusus dalam menerapkan teknik fly fishing. Sebenarnya, reel ini lebih banyak bertugas untuk menggulung senar flies. Hal ini disebabkan teknik fly hanya bagaimana pemancing dengan andal memainkan umpan flies berbentuk serangga. Reel ini sendiri memiliki drag mati, yang artinya tidak ada settingan khusus terkait kisaran kekuatan drag. Perlu latihan untuk menerapkan teknik ini. Semakin jauh senar flies yang keluar dari spul, maka semakin susah untuk mengendalikannya sehingga kemungkinan mendapatkan ikan menjadi kecil.

Spesifikasi Reel Daido

Bagi Anda yang gemar memancing, tidak sulit menemukan reel untuk menyalurkan hobi Anda. Pasalnya, sudah banyak merk reel yang telah dijual bebas di pasaran. Nah, untuk Anda yang menginginkan reel yang kuat, tetapi dilepas dengan harga cukup ramah di kantong, Anda mungkin bisa melirik merk Daido sebagai pilihan.

Reel Pancing Daido - (YouTube: Jovi Riadi Rachman)
Reel Pancing Daido – (YouTube: Jovi Riadi Rachman)

Menurut beberapa sumber, reel produksi Daido diklaim sebagai reel yang sangat kuat karena dirancang dengan materi yang bermutu. Selain itu, reel buatan Daido ini juga memiliki harga yang relatif terjangkau, sehingga sangat cocok bagi pemancing kelas pemula bahkan level . Anda pun bisa membeli reel ini di berbagai toko peralatan memancing, bahkan situs jual beli online.

Daido sendiri sudah menyediakan beragam jenis reel yang dapat Anda pilih. Reel Daido Iguana 3000 misalnya, memiliki gear dengan bahan steel dan rasio 5.0:1 serta 12+1 ball bearings. Produk ini pun dibekali fitur CNC power handle left/right interchangeable, dan CNC spool, dengan kapasitas garis bervariasi mulai dari 0.29 mm-220 meter, 0.34 mm-160 meter, dan 0.37 mm-130 meter.

Varian lainnya, yakni Reel Daido Hydra SW 3000, dikatakan sudah air atau SW 1000 (Saltwater Resist). Memiliki kevlar body rotor 9+1 dengan stainless steel ball bearings, CNC handle, dan spool, reel juga didukung rubber seal di knob atas untuk mencegah air masuk dengan kapasitas garisnya mulai dari 0.205 mm-144 meter, 0235 mm-120 meter, dan 0.26-90 meter.

Harga Reel Daido 3000

Tipe Reel Daido 3000Harga
Reel Daido Reno 3000Rp97.750
Reel Daido Siren 3000 Gold/SilverRp140.000
Reel Daido Mustang 3000Rp148.900
Reel Daido Otoro DXX 3000Rp153.600
Reel Daido Olympus 3000Rp180.000
Reel Daido Spyro 3000 Black GoldRp195.000
Reel Daido Daimos II 3000Rp255.580
Reel Daido Spin D-3000Rp260.000
Reel Daido Hydra SW 3000Rp485.000

Informasi harga reel merk Daido di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online dan toko peralatan memancing. Perlu diingat, harga tersebut tidak mengikat karena bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pihak penjual. Sebagai perbandingan, tahun lalu, reel daido Otoro DXX 3000 ditawarkan dengan harga mulai Rp138 ribu dan Daido Spin D-3000 seharga Rp260 ribu. 

Selain reel daido 3000, Anda pun bisa menemukan tipe lain dengan spesifikasi dan harga berbeda. Reel Daido DKSM-10 misalnya, kini dijual dengan harga mulai Rp92 ribu, sedikit naik dari tahun lalu yang hanya Rp85 ribu. Ada pula reel Daido Nevada 2000 (10BB) yang harganya sekarang naik dari Rp114.080 menjadi Rp124.800. Untuk info lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi toko alat pancing terdekat. 

[Update: Ditta]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *