Info Terbaru Harga Obat Zinkid Tablet dan Syrup, Atasi Diare pada Anak

Sakit diare bisa menyerang siapa saja, baik orang dewasa maupun anak-anak. Mungkin terlihat sepele, tetapi gangguan pada pencernaan ini bisa berbahaya jika penderitanya sampai mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan, serta kekurangan berbagai nutrisi penting dalam tubuh. Untuk mengatasinya, diare pada anak, biasanya para ibu memberikan obat khusus, baik dalam tablet maupun sirup. Salah satu obat diare anak yang dijual di apotek dengan terjangkau yakni Zinkid.

Ilustrasi: anak diare (sumber: nabtahealth.com)
Ilustrasi: anak diare (sumber: nabtahealth.com)

Selama ini, telah banyak produk obat diare untuk orang dewasa, sehingga begitu mudah ditemukan di apotek maupun pusat perbelanjaan. Namun, berbeda dengan obat diare untuk anak. Masih banyak orang tua yang kebingungan mencari obat diare yang tepat bagi putra putrinya. Anda mungkin bisa melakukan pertolongan pertama dengan memeriksakannya ke dokter atau memberikan obat atau suplemen yang mengandung zinc.

Bacaan Lainnya

Zinkid adalah obat atau suplemen untuk anak yang diproduksi oleh PT Indofarma Global Medika serta memiliki kandungan utama zat zinc sulfat. Zinkid menawarkan sejumlah khasiat atau manfaat, misalnya saja mencukupi kebutuhan mineral zinc pada anak yang berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, membantu pertumbuhan sel, dan mempercepat penyembuhan luka. Zinc sendiri merupakan jenis mineral yang mempunyai beragam kegunaan seperti membantu penyembuhan luka, berperan dalam indera perasa dan penciuman, memperkuat sistem kekebalan tubuh, membantu pertumbuhan sel, dan mengurai karbohidrat.

Komposisi Zinkid

Tiap 5 ml Zinkid Syrup mengandung Zinc Sulfate 27,45 mg setara dengan Zinc 10 mg. Sedangkan Zinkid Tablet tiap tabletnya mengandung zinc sulfat 64,9 mg setara dengan zinc 20 mg.

Baca juga  Dosis dan Update Harga Voltaren Tablet 25 mg, 50 mg, 75 mg, 100 mg

Indikasi Zinkid

Merupakan pelengkap untuk pengobatan diare pada anak-anak untuk digunakan bersama oralit, mencegah atau mengobati dehidrasi, dan untuk mencegah kekurangan nutrisi. Zinkid biasanya digunakan pada kasus diare yang parah, penyakit yang menyebabkan usus kesulitan menyerap zinc, sirosis (kerusakan) pada organ hati dan kecanduan minuman keras, atau setelah menjalani operasi besar.

Zinkid tablet 20 mg (sumber: indofarma.id)
Zinkid tablet 20 mg (sumber: indofarma.id)

Cara Kerja Obat Zinkid 

Pengobatan diare bersama oralit bertujuan untuk mencegah atau mengobati dehidrasi dan untuk mencegah kekurangan nutrisi.

Pemberian zinc bersama oralit sesegera mungkin setelah terjadi diare akan mengurangi lama dan tingkat keparahan dari dehidrasi. Setelah dehidrasi berhenti, berikan zinc secara kontinyu untuk menggantikan zinc yang hilang. Risiko anak akan mengalami diare kembali dalam waktu 2-3 bulan ke depan dapat berkurang.

Dosis Zinkid Tablet

  • Anak usia 2 – 6 bulan: Satu kali sehari 10 mg (setengah tablet) diberikan setiap hari selama 10 hari berturut-turut (bahkan ketika diare telah berhenti).
  • Anak usia 6 bulan – 5 tahun: Satu kali sehari 1 tablet diberikan setiap hari selama 10 hari berturut-turut (bahkan ketika diare telah berhenti).

Jika terjadi muntah dalam waktu 1/2 jam setelah pemberian obat, Anda dapat memberikan lagi obat yang masih baru.

Dosis Zinkid Syrup

  • Bayi 2 – 6 bulan: 5 ml diberikan setiap hari selama 10 hari berturut-turut (bahkan ketika diare telah berhenti)
  • Anak 6 bulan – 5 tahun: 10 ml diberikan setiap hari selama 10 hari berturut-turut (bahkan ketika diare telah berhenti)

Sama seperti pemberian dosis Zinkid tablet, jika terjadi muntah dalam waktu setengah jam setelah pemberian obat, Anda dapat memberikan lagi obat yang masih baru. Berikut beberapa efek samping yang perlu Anda waspadai.

Ilustrasi: Pemberian Obat Diare Untuk Anak (credit: childrens)
Ilustrasi: Pemberian Obat Diare Untuk Anak (credit: childrens)

Efek Samping Zinkid

Toksisitas zinc secara oral pada dewasa dapat terjadi akibat asupan zinc > 150 mg per hari (kurang lebih 10 kali dosis yang dianjurkan) selama periode yang lama. Dosis tinggi zinc untuk periode lama dapat menyebabkan penurunan konsentrasi lipoprotein plasma dan absorpsi tembaga, sakit, perut, mual, muntah, sakit kepala, hingga uring-uringan. Apabila efek samping yang Anda rasakan terus berlanjut dan terasa semakin parah, sebaiknya hentikan konsumsi obat dan segera berkonsultasi dengan dokter untuk memperoleh penanganan lebih lanjut.

Baca juga  Update Harga Argan Oil (Berbagai Merk dan Kemasan) untuk Wajah dan Rambut

Peringatan & Perhatian Konsumsi Obat Zinkid

Tidak ada peringatan khusus pada penggunaan zinc sulfate dalam dosis ini. Selama diare masih berlangsung, selain diberikan suplemen zinc, juga diberikan oralit. Para ibu menyusui dianjurkan untuk tetap menyusui pada anak selama dan setelah diare. Sebaiknya, konsumsilah obat sesuai dengan dosis yang telah ditetapkan. Mengonsumsi lebih banyak obat tidak akan memperbaiki gejala Anda, malah berpotensi menyebabkan keracunan atau efek samping yang serius.

Untuk penyimpanan, sebaiknya simpan obat di temperatur ruangan, jauh dari panas dan cahaya langsung. Jangan membekukan obat kecuali diperlukan oleh brosur kemasan. Jauhkan obat dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan. Jangan membuang obat ke toilet atau menuangkannya ke drainase kecuali diinstruksikan seperti itu. Obat yang dibuang dengan cara ini dapat mengontaminasi lingkungan.

Interaksi Obat Zinkid

Jika diberikan bersamaan dengan zat besi direkomendasikan untuk memberikan zinc terlebih dahulu yaitu beberapa jam sebelum memberikan zat besi.

Baca juga  Info Lengkap Spesifikasi dan Update Harga Stetoskop OneMed

Zinkid termasuk kategori obat bebas yang bisa dibeli dengan mudah tanpa perlu menggunakan resep dokter. Berikut informasi terbaru obat Zinkid baik tablet maupun sirup yang dijual di apotik pada 2021.

Zinkid sirup (youtube: Tongbos)
Zinkid sirup (youtube: Tongbos)

Zinkid Tablet dan Syrup

Obat Zinkid Harga (Rp)
Zinkid 20 mg per tablet  4.225
Zinkid Tablet per strip 35.122
Zinkid Syrup 100 ml per botol 38.043

Pada 2019, Zinkid tablet dijual dengan Rp33.275, sedangkan Zinkid sirup dijual dengan harga mulai Rp36.905. Namun, harga pada obat tersebut mengalami kenaikan pada 2020 yang dijual mulai Rp33.825 per strip untuk Zinkid tablet dan Rp37.208 per botol untuk Zinkid sirup. 

Memasuki 2021, terpantau obat Zinkid tablet dan sirup kembali mengalami kenaikan dibandingkan 2020 lalu. Zinkid tablet yang semula dijual seharga Rp33.825 per strip naik sedikit menjadi Rp35.123. Sedangkan untuk Zinkid sirup yang naik dari harga Rp37.208 jadi Rp38.324 per botol 100ml. 

Sementara itu, jika dibandingkan dengan tahun 2021, Zinkid tahun 2022 terbilang relatif stabil, karena perubahannya tidak terlalu signifikan. Sebagai contoh, Zinkid Syrup 100 ml yang dibanderol Rp38.324 tahun 2021, sedikit turun menjadi Rp38.043 di tahun 2022. Cukup terjangkau, bukan? 

Selain di Apotek K24 dan Kimia Farma, Zinkid tablet dan syrup bisa dibeli di sejumlah toko obat atau apotik lainnya yang ada di sekitar Anda. Zinkid tablet dan sirup yang berlaku di setiap apotik atau toko obat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari penawaran pihak penjual.

[Update: Almas] 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.