Lokasi dan Harga Rawon Kalkulator Surabaya

Rawon menjadi salah satu kuliner yang wajib Anda cicipi saat kebetulan berkunjung ke Surabaya. Ada banyak tempat makan di Kota Pahlawan yang menyediakan menu ini, dan salah satu yang sudah populer adalah Rawon Kalkulator. Terletak di jantung ibu kota Jawa Timur sehingga mudah ditemukan, harganya dikatakan setara dengan porsi dan rasa yang ditawarkan.

Rawon kalkulator (sumber: kompas)
Rawon kalkulator (sumber: kompas)

Dari sekian kuliner asal Indonesia, rawon merupakan salah satu yang cukup terkenal. Diklaim sebagai makanan khas Jawa Timur, rawon merupakan masakan atau lauk berkuah yang dibuat dari irisan daging dengan bumbu utama keluak, ditambah dengan rempah-rempah lainnya.[1] Tidak hanya konsumen lokal, kelezatan rawon bahkan telah diakui internasional, terbukti dengan dinobatkannya makanan ini sebagai sup paling enak se-Asia oleh Taste Atlas pada tahun 2020 lalu.[2]

Bacaan Lainnya

Pada dasarnya, rawon adalah sup daging sapi, tetapi yang membuatnya khas adalah tampilan kuahnya yang berwarna hitam.[3] Ada yang berwarna hitam pekat, ada pula yang sedikit bening. Yang sangat membedakan dengan sup lainnya adalah campuran buah keluak atau kluwek yang memiliki rasa tersendiri, yang tidak dimiliki jenis sup apa pun. Keluak (pangium edule Reinw(, yang digunakan sebagai bumbu utama, memberikan warna hitam, aroma, dan rasa khas pada kuah rawon.[4]

Tidak cuma membuat rawon punya rasa yang autentik, ternyata keluak juga mengandung nutrisi yang penting bagi tubuh. Berasal dari biji keluak atau kepayang atau picung, daging biji keluak mengandung senyawa antioksidan yang berfungsi sebagai antikanker, seperti vitamin C, ion besi, serta beta karoten, dan senyawa golongan flavonoid yang berguna sebagai antibakteri.[5]

Sebenarnya, resep rawon cukup gampang. Anda tinggal menyiapkan bahan-bahannya seperti daging sapi, keluak, bawang putih, bawang merah, kemiri, kunyit, daun jeruk, serai, asam Jawa, garam, gula, dan kaldu bubuk. Bahkan, saat ini sudah tersedia banyak bumbu jadi untuk rawon, sehingga Anda cuma perlu menyiapkan daging dan bahan pelengkap seperti tauge dan telur asin.

Review Rawon Kalkulator

Namun, jika Anda tidak sempat memasak rawon sendiri di rumah, tetapi ingin merasakan kelezatan makanan tersebut, sekarang sudah banyak restoran dan warung yang menyediakan menu ini, termasuk di Surabaya. Di Kota Pahlawan, sudah ada puluhan tempat kuliner yang menawarkan rawon sebagai menu utama mereka, salah satunya Rawon Kalkulator.

Anda bisa menemukan tempat makan ini di Sentra PKL Taman Bungkul, tepatnya di Jalan Raya Darmo, Darmo, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya. Jika Anda berangkat dari Stasiun Wonokromo, perjalanan menuju kedai ini hanya 7 menit dengan berkendara, sedangkan jarak Rawon Kalkulator dengan Kebun Surabaya berselang 650 meter saja.

Rawon Kalkulator mencolok, salah satunya berkat namanya yang unik. Penamaan tersebut bukan tanpa sebab. Menurut berbagai sumber, pemberian nama tersebut lantaran para pramusaji memiliki ketangkasan saat menghitung total biaya makan pengunjung. Penghitungan tersebut dilakukan dengan cepat dan akurat secara manual tanpa alat hitung, bak kalkulator.

Selain namanya yang unik, Rawon Kalkulator juga punya rasa yang menggugah selera. Daging sapi yang disajikan empuk dan berukuran besar. Biasanya, dalam satu porsi piring Rawon Kalkulator, terdapat 5 sampai 6 daging sapi. Nasi yang disajikan pun banyak, sehingga dijamin mengenyangkan perut pengunjung. Sementara itu, kuah rawon cenderung bening dan tidak terlalu pekat, sehingga lebih . Pengunjung juga dapat menambah tauge, telur asin, kerupuk kulit, atau perkedel.

Suasana warung rawon kalkulator (sumber: gotravelly)
Suasana warung rawon kalkulator (sumber: gotravelly)

Tidak banyak yang tahu, Rawon Kalkulator ternyata sudah eksis sejak dekade 1980-an silam. Karena itu, tidak heran jika tempat makan ini termasuk salah satu kuliner legendaris yang ada di Surabaya. Pengunjungnya pun selalu ramai, terutama ketika malam hari. Bahkan, sejumlah pejabat sempat mencicipi nikmatnya Rawon Kalkulator, termasuk Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, pada Januari 2023 lalu.

Harga Rawon Kalkulator

Menu Harga
Rawon Kalkulator Rp30.000
Soto Daging Rp30.000

Informasi harga menu Rawon Kalkulator di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk bocoran sejumlah pengunjung. Perlu Anda catat bahwa harga menu tersebut tidak mengikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga yang harus Anda bayarkan bisa lebih mahal jika memakai pelengkap seperti kerupuk kulit, telur asin, perkedel, serta minuman.

[1] Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2016. KBBI Daring. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

[2] Aviana, Tita, Nobel Christian Siregar, Ning Ima Arie Wardayanie. 2021. Pendugaan Masa Simpan Bumbu Rawon dengan Metode Accelerated Shelf Life Testing (ASLT). Warta IHP, Vol. 38(2): 126-131.

[3] Iswandaru, Sasongko. 2022. Rawon Khas Jawa Timur. Yogyakarta: PT Pohon Cahaya Semesta.

[4] Aviana, Tita, Nobel Christian Siregar, Ning Ima Arie Wardayanie. Op cit.

[5] Manuhutu, E. 2011. Efektifitas Biji Kluwek (Pangium edule Reinw) sebagai Bahan Pengawet Alami terhadap Beberapa Sifat Mutu dan Masa Simpan Ikan Cakalang (Katsuwonus pelamis) (Tesis). Universitas Sam Ratulangi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *