Biaya Ujian SELT untuk Visa ke Luar Negeri

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan TOEFL dan IELTS. Lalu, bagaimana dengan SELT? Merupakan singkatan dari Secure English Language Test, ini adalah salah satu syarat kemahiran bahasa Inggris untuk pengajuan atau visa ke luar negeri, terutama United Kingdom. Sudah ada banyak lembaga yang menyediakan ujian ini dengan biaya rata-rata jutaan rupiah.

Membuat Visa untuk ke Luar Negeri - (visaguide.world)
Membuat Visa untuk ke Luar Negeri – (visaguide.world)

Bagi mereka yang kerap bepergian ke luar negeri, pasti sangat familiar dengan visa. Ini adalah dokumen izin masuk seseorang ke suatu negara yang bisa diperoleh di kedutaan tempat negara tersebut. Sementara itu, di , visa adalah keterangan tertulis yang diberikan pejabat yang berwenang di Perwakilan Republik Indonesia atau di tempat lain yang ditetapkan Pemerintah Republik Indonesia yang memuat persetujuan bagi orang asing untuk melakukan perjalanan ke wilayah Indonesia dan menjadi dasar untuk pemberian izin tinggal.[1]

Bacaan Lainnya

Ada beberapa jenis visa yang dapat diajukan oleh turis asing untuk masuk ke suatu negara, seperti visa diplomatik, visa dinas, visa kunjungan, dan visa tinggal terbatas. Dari sekian visa tersebut, visa kunjungan menjadi yang paling dicari karena visa ini bisa digunakan dalam rangka wisata, kunjungan sosial budaya, kunjungan usaha, atau tugas pemerintahan dengan mempertimbangkan asas manfaat saling menguntungkan dan tidak menimbulkan gangguan keamanan.[2]

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Apa Itu SELT?

Setiap negara memiliki persyaratan tersendiri terkait pengajuan visa, termasuk Inggris. Menurut keterangan British Council Foundation, apabila Anda ingin bekerja atau belajar di Inggris, Anda mungkin perlu mengajukan permohonan untuk visa Inggris dan menunjukkan bahwa Anda telah memenuhi level bahasa Inggris yang disyaratkan dengan mengikuti Secure English Language Test (SELT) yang telah disetujui oleh Home Office, seperti IELTS for UKVI (Academic and General Training) atau IELTS Life Skills.

Skills for English (UKVI) adalah suatu SELT yang telah resmi disetujui oleh UK Visas and Immigration sebagai syarat kemahiran bahasa Inggris untuk pengajuan visa ke Inggris. UKVI menerapkan prinsip mudah dan nyaman untuk persiapan, pemesanan, dan ujian, serta memungkinkan Anda dapat menunjukkan pengetahuan tentang bahasa Inggris untuk berbagai keperluan, seperti bekerja, studi, atau bermukim.

Tidak ada perbedaan dalam format tes antara IELTS (Academic/General Training) dan IELTS for UKVI (Academic/General Training). Tes tersebut sama dalam hal isi, format, tingkat kesulitan, dan penilaian. Meski demikian, Test Report Forms, yang berisi hasil tes Anda, akan sedikit berbeda untuk menunjukkan bahwa Anda telah mengikuti tes di lokasi IELTS UKVI resmi yang disetujui oleh Home Office Inggris.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas
Ujian SELT untuk Visa ke Luar Negeri - (batam.tribunnews.com)
Ujian SELT untuk Visa ke Luar Negeri – (batam.tribunnews.com)

Masih menurut keterangan British Council Foundation, jika Anda mengajukan permohonan Visa Pelajar (Tier 4) di lembaga pendidikan untuk langsung ke gelar Sarjana atau Pascasarjana di universitas yang merupakan Sponsor Tier 4, Anda harus memenuhi level bahasa Inggris yang ditetapkan oleh lembaga tersebut. Semua universitas dan perguruan tinggi Inggris menerima hasil IELTS Academic, dan ini berarti Anda tidak perlu mengikuti tes IELTS for UKVI (Academic), tetapi dapat mengajukan hasil  IELTS Academic,

Rata-rata durasi tes atau ujian berlangsung selama tiga jam. Test level akan disesuaikan dengan tipe visa yang diajukan oleh peserta. Biasanya, komponen reading dan listening akan dinilai secara otomatis saat sesi berlangsung, sedangkan penilaian speaking dan writing akan dilakukan oleh assessor berpengalaman. Hasil ujian tersebut kabarnya diterima di lebih dari seribu universitas di dunia, termasuk INSEAD, YALE, dan Harvard Business School.

Di Indonesia, sudah ada beberapa lembaga yang menawarkan layanan ujian SELT. Selain British Council Foundation, International Test Center juga melayani tes ini, dan diklaim sebagai satu-satunya Skills for English Test Center yang menyelenggarakan UKVI di Indonesia. Lalu, berapa biaya ujian SELT tersebut untuk saat ini?

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Biaya Ujian SELT

Nama Lembaga Biaya
British Council Foundation IELTS for UKVI (General Training) : Rp3.350.000
IELTS Life Skills A1 : Rp2.600.000
IELTS Life Skills B1 : Rp2.600.000
CAN English PTE Academic : 195 dolar AS
PTE Rumah : 165 dolar AS
IDP IELTS for UKVI (General Training) : Rp3.570.000
IELTS Life Skills A1 : Rp3.000.000
IELTS Life Skills B1 : Rp3.000.000

Informasi biaya ujian SELT di atas kami kutip langsung dari website resmi masing-masing lembaga yang bersangkutan. Ketika artikel ini ditayangkan, kurs 1 dolar AS setara dengan Rp15.000. Perlu Anda catat bahwa besaran biaya tes SELT tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

[1] Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 Pasal 1 Angka 18.

[2] Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor M.HH-01-GR.01.06 Tahun 2010 tentang Visa Kunjungan Saat Kedatangan Pasal 2.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *