Harga Rack Steer Honda Freed (Baru dan Bekas)

No comment1938 views

Kontrol kemudi atau rack steer merupakan salah satu bagian dari kendaraan roda empat yang rentan mengalami masalah, terutama ketika mobil sering diajak untuk ‘menghajar’ jalanan yang tidak rata atau berlubang. untuk mengganti ini pun tidak bisa dikatakan murah. Rack steer Honda Freed misalnya, sekarang ditawarkan dengan sekitar Rp5 jutaan hingga Rp7 jutaan.

Rack Steer - otodriver.com

Rack Steer - otodriver.com

Jalanan berlubang memang merupakan musuh utama kaki-kaki kendaraan, terlebih lagi ketika musim hujan yang membuat genangan air menutupi lubang. Jika lubang-lubang ini sering diterabas, bukan hanya bagian suspensi yang bisa rusak, melainkan juga rack steer yang sebetulnya lebih jarang bermasalah dibandingkan sektor suspensi.

Rack steer sendiri secara simpel bisa dikatakan sebagai bagian yang menghubungkan lingkar kemudi menuju bagian-bagian kaki. Komponen ini merupakan salah satu bagian yang penting dari power steering. Jika roda kendaraan kerap menghajar jalanan berlubang, terlebih dengan kecepatan yang relatif tinggi, maka seluruh komponen kemudi yang berhubungan dengan roda menjadi berbenturan.

Untuk mengetahui apakah rack steer bermasalah atau rusak sebenarnya cukup mudah. Anda bisa membelokkan setir sampai 3/4 mentok dan pegang batang rack steer, sambil meminta tolong seseorang untuk menggoyangkan setir. Jika batang rack steer terasa bergetar dan oblak, maka dapat dipastikan part tersebut sudah harus diganti. Indikasi kerusakan lain dapat diketahui saat melakukan wheel alignment pada kendaraan. Biasanya, mobil akan tetap terasa ‘lari’ ke kanan atau ke kiri meski setelah melewati ini.

Mobil-mobil keluaran terbaru yang menggunakan power steering yang digerakkan oleh listrik (EPS atau Electric Power Steering) ternyata juga lebih rentan mengalami kerusakan dibandingkan rack steer konvensional. Meski dikatakan minim karena semua sudah diatur oleh modul, namun power steering listrik umumnya rusak karena penggunaan yang kurang apik dari pengendara dan cenderung sembrono.

Sementara, rack steer konvensional, karena tidak membutuhkan motor dan sensor untuk pengoperasian mekanis, cenderung berusia lebih lama. Jika pun rusak, konvensional ini umumnya hanya mengalami kebocoran pada area seal dan akan rembes oli. Biasanya, rack steer dengan EPS akan mulai bermasalah ketika umur mencapai 5 tahun dalam pemakaian wajar, sedangkan konvensional bisa lebih panjang.

Nah, apabila rack steer sudah mengalami masalah, salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah melakukan perbaikan ke jasa service. Jika bushing rack steer rusak, biaya service berada di kisaran Rp1,5 jutaan. Sementara, jika as sudah berkarat dan rumahnya tergerus, maka mau tidak mau, Anda harus mengganti seluruh bagian rack steer.

Di pasaran sendiri, sudah banyak penjual yang menjajakan rack steer untuk berbagai tipe dan kendaraan. Untuk Honda Freed misalnya, saat ini dilepas dengan harga sekitar Rp7 jutaan untuk baru. Sementara, untuk bekasnya, ada yang menawarkan Rp4,75 jutaan, sedangkan yang lainnya melepas di kisaran harga Rp5 jutaan.

Baca juga  Harga Truk Mitsubishi Canter Bekas di Pasaran
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Rack Steer Honda Freed (Baru dan Bekas)"