Info Terbaru Harga Pupuk NPK Mahkota Granular di Pasaran

merupakan salah satu pupuk buatan berbentuk cairan atau granular (butiran) yang paling umum digunakan. Mengandung unsur hara utama nitrogen, fosfor, dan kalium, pupuk majemuk ini sering digunakan untuk tanaman sawit dan palawija. Salah satu pupuk NPK granular yang cukup populer di Tanah Air adalah merek Mutiara, yang saat ini dijual dengan harga relatif terjangkau.

Harga, pupuk, Mahkota, merek, granular, NPK, toko, situs, kemasan, varian, manfaat, tanaman, cairan, buatan, unsur, hara, nitrogen, kalium
Jenis yang berbentuk butiran

Sekilas Tentang Pupuk

Dilansir dari Wikipedia, pupuk dikatakan sebagai material yang ditambahkan pada media tanam atau tanaman untuk mencukupi kebutuhan hara yang diperlukan tanaman yang bersangkutan sehingga mampu berproduksi dengan baik. Pengertian lainnya, pupuk merupakan suatu bahan yang mengandung satu atau lebih unsur hara atau nutrisi bagi tanaman untuk menopang tumbuh dan berkembangnya tanaman itu.

Bacaan Lainnya

Material pupuk dapat berupa bahan organik atau non-organik (mineral). Pupuk ini berbeda dengan suplemen. Jika pupuk mengandung bahan baku yang diperlukan pertumbuhan dan perkembangan tanaman, maka suplemen lebih mirip hormon tumbuhan untuk membantu kelancaran proses metabolisme. Meski demikian, ke dalam pupuk, terutama pupuk buatan, dapat ditambahkan sejumlah material suplemen.

Menurut Balai Penelitian Tanah, jenis pupuk adalah bentuk padat dan cair. Berdasarkan proses pembuatannya, pupuk dapat dibedakan menjadi pupuk alam dan pupuk buatan. Pupuk alam, sesuai namanya, adalah pupuk yang diperoleh langsung dari alam, seperti fosfat alam, pupuk kandang, pupuk hijau, dan pupuk kompos. Sebagian dari pupuk alam dapat disebut sebagai pupuk organik karena merupakan hasil proses dekomposisi dari material makhluk seperti sisa tanaman, kotoran ternak, dan lain-lain.

Sementara, jenis pupuk yang dihasilkan dari proses pembuatan pabrik disebut dengan pupuk buatan. Kadar hara, jenis hara, dan komposisi hara dalam pupuk jenis ini sudah ditentukan oleh masing-masing produsen dan menjadi ciri khas dari penamaan atau merek pupuk tersebut. Berdasarkan ragam hara yang dikandungnya, pupuk buatan dibedakan atas pupuk tunggal dan pupuk majemuk.

Baca juga  Harga Cultivator Quick (Lengkap dan Tanpa Mesin)

Pupuk tunggal merupakan jenis pupuk yang  mengandung satu macam unsur hara, misalnya pupuk N (nitrogen), pupuk P (fosfat), atau pupuk K (kalium). Pupuk tunggal yang mengandung unsur N dikenal sebagai pupuk urea, ZA (zvavelvuure ammonium) biasa disebut ammonium sulfat. Sementara, pupuk yang mengandung unsur P, yaitu TSP (triple super phosphate) dan SP-36.

Nah, pupuk yang mengandung lebih dari satu unsur hara disebut dengan pupuk majemuk, di antaranya pupuk NP, pupuk NK, dan pupuk NPK. Pupuk NP adalah pupuk yang mengandung unsur N dan P, sedangkan adalah pupuk majemuk yang mengandung unsur tiga hara yaitu N, P, dan K. Perbandingan kandungan hara dalam setiap pupuk majemuk berbeda-beda.

Seperti dijelaskan di atas, adalah pupuk buatan yang berbentuk cair atau butiran (granular) yang mengandung unsur hara utama nitrogen, fosfor, dan kalium. Pupuk NPK ini menjadi salah satu jenis pupuk majemuk yang paling umum digunakan oleh petani. Ketiga unsur dalam pupuk NPK membantu pertumbuhan tanaman dalam tiga cara, seperti berikut.

Harga, pupuk, Mahkota, merek, granular, NPK, toko, situs, kemasan, varian, manfaat, tanaman, cairan, buatan, unsur, hara, nitrogen, kalium
Pabrik pengolahan Pupuk Mahkota (sumber: pupukmahkota.co.id)

Kandungan dan Manfaat

  • Unsur N atau nitrogen membantu pertumbuhan vegetatif, terutama daun.
  • Unsur P atau fosfor membantu pertumbuhan akar dan tunas.
  • Unsur K atau kalium membantu pembungaan dan pembuahan.

Sebagian besar, tanaman menyerap unsur nitrogen melalui ion NO3 dan NH4+. Tanaman yang sudah tercukupi kandungan nitrogen-nya akan terlihat dari warna daun yang hijau tua. Jika kekurangan nitrogen, maka pertumbuhan tanaman akan melambat dan membuat tanaman tersebut tumbuh kerdil. Tetapi, jika kelebihan nitrogen, akan mengurangi kualitas tanaman yang bersangkutan.

Baca juga  Info Harga Calathea Black Lipstick

Sementara, unsur kalium berperan sebagai aktivator enzim yang terlibat dalam proses metabolisme tanaman. Itulah mengapa kalium menjadi sangat penting untuk proses fotosintesis tanaman. Jika tanaman kekurangan kalium, bisa dipastikan tanaman tersebut akan kekurangan energi, yang pada akhirnya akan menurunkan jumlah produksi atau panen. Secara lebih rinci, berikut manfaat pupuk NPK.

Manfaat

  • Metabolisme tanaman, melalui kandungan kalium yang memberikan energi pada tanaman, mulai dari batang hingga nantinya menghasilkan buah atau bunga.
  • Membantu respirasi dan pembelahan sel, dengan bantuan kandungan fosfor, tidak hanya membantu respirasi dan pembelahan sel, kualitas tanaman juga akan meningkat.
  • Pembentukan enzim dan vitamin, pupuk NPK akan merangsang modulasi untuk membentuk klorofil atau zat hijau daun.
  • Membentuk dinding sel tanaman, yang akan meminimalkan tanaman dari serangan jamur. Namun, harus dipastikan tidak memberikan pupuk secara berlebihan.
  • Merangsang pertumbuhan akar dan daun tanaman. Selain itu, kalsium yang terkandung akan ter-hidrat menjadi CaO yang dapat membunuh gangguan gulma yang ada di sekitar tanaman.

Untuk kandungan fosfor, juga tidak kalah penting bagi kelangsungan tanaman. Fosfor sendiri membantu proses fotosintesis tanaman, menyimpan energi, dan juga mencegah terjadinya pembesaran sel. Tidak hanya membantu pertumbuhan tanaman, unsur hara ini juga dapat membantu peningkatan kualitas hasil tanaman dan juga meningkatkan imunitas tubuh tanaman.

Ilustrasi: Pupuk Tanaman (sumber: thegardenbugdetroit.com)
Ilustrasi: Pupuk Tanaman (sumber: thegardenbugdetroit.com)

Varian Pupuk NPK Granular Mahkota

Khusus untuk pupuk NPK granular, Mahkota memiliki beberapa varian, salah satunya NPK 13-8-27-4 + 0.65B. Pupuk ini dikatakan untuk nursery dan pembibitan origin Indonesia dan diprioritaskan untuk tanaman perkebunan fase TM (tanaman menghasilkan). Pupuk ini diklaim memiliki kandungan K2O tinggi yang sangat bermanfaat untuk fase generatif.

Baca juga  Update Harga Bedak Padat Make Over di Indomaret dan Alfamart

Di samping itu, ada juga varian NPK 15-15-6-4 yang didesain khusus untuk tanaman perkebunan yang memiliki sistem gradual release (keluar secara bertahap), yang cocok untuk nursery dan pembibitan. Aplikasi pupuk ini disarankan sebanyak 20% sebagai pupuk dasar, 30% untuk pupuk di awal pertumbuhan, 30% menjelang pembungaan, dan 20% untuk pengisian buah dan biji.

Tidak sulit menemukan pupuk NPK granular merk Mahkota. Pasalnya, Anda sudah bisa membelinya di berbagai toko pertanian maupun secara online lewat berbagai jual beli online di dalam negeri. Berikut kami sajikan kisaran harga pupuk NPK granular merk Mahkota di Tanah Air.

Harga Pupuk NPK Granular Mahkota

Varian Pupuk NPK Mahkota Harga
NPK 12-12-17-2 + TE 100 gr Rp2.000
NPK 12-12-17-2 + TE 1 kg Rp12.000
NPK 16-16-16 1 kg Rp35.000
NPK 13-8-27-4 + 0.65B 50 kg Rp290.000

Daftar harga pupuk NPK granular merk Mahkota di atas kami rangkum dari berbagai sumber. Harga pupuk tersebut tidak mengikat dan bisa berubah sewaktu-waktu, tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Jika dibandingkan dengan tahun 2020, harga pupuk NPK granular Mahkota tahun 2021 hingga 2022 mengalami perubahan.

Sebagai contoh, NPK 12-12-17-2 + TE 100 gr yang dijual dengan harga Rp3 ribu tahun 2020, sedikit turun menjadi Rp2 ribu di tahun 2021 hingga 2022. Sementara itu, NPK 16-16-16 1 kg yang dibanderol Rp16 ribu tahun 2020, naik menjadi Rp35 ribu di tahun 2021 hingga 2022. Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa datang langsung ke toko pupuk atau toko bahan pertanian terdekat di daerah Anda.

[Update: Almas]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *