Update Harga Printer A3 Epson Terbaru (Semua Tipe)

Selain untuk mencetak dokumen dalam kertas A4, salah satu merk printer terkemuka, Epson, juga telah merilis produk yang dapat dipakai mencetak dokumen atau gambar dengan ukuran kertas A3. Biasanya, ini dibutuhkan usaha jasa percetakan hingga mahasiswa atau pekerja dalam bidang teknik sipil. Dibandingkan printer A4, model untuk kertas A3 memang dijual dengan harga yang sedikit lebih mahal.

Sebagian besar dari Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan perangkat bernama printer. Ini adalah piranti yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar atau grafik, di atas kertas. Printer ini biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu picker sebagai alat mengambil kertas dari baki (tray) atau tempat menaruh kertas. Selain itu, ada tinta atau tinta bubuk (toner), kabel lentur untuk pengiriman sinyal dari pengolah pencetak ke tinta atau tinta bubuk, serta colokan sejajar atau USB untuk penghubung ke komputer di bagian belakang pencetak.

Bacaan Lainnya
Ilustrasi: Printer Epson (credit: shop.broot)
Ilustrasi: Printer Epson (credit: shop.broot)

Manfaat atau fungsi printer yang paling utama tentu saja untuk mencetak atau menyajikan data dari komputer kepada pengguna secara langsung. Data yang dicetak ini bisa bermacam-macam, yang biasanya berupa dokumen seperti surat, arsip, dan dokumen penting lainnya. Kebanyakan jenis dokumen seperti ini dibuat dengan Microsoft Office, bisa dengan Word, Excel, atau Power Point. Namun, ada juga yang hanya menggunakan notepad sederhana.

Jenis data berikutnya yang dicetak printer adalah gambar atau foto. Untuk mencetak foto atau gambar, tentu berbeda dengan mencetak dokumen biasa, baik dari ukuran maupun kualitas kertas yang dipakai untuk mencetak. Biasanya, untuk mencetak foto, akan dibutuhkan printer yang berkualitas tinggi, terutama kemampuan menghasilkan warna yang tajam, sehingga hasil cetakan foto bisa menjadi lebih baik.

Ada banyak merk printer yang sudah beredar, dan tiga nama yang dapat dikatakan menjadi penguasa pasar domestik adalah Epson, Canon, dan HP (Hewlett-Packard). Dibandingkan dua brand kompetitor, Epson menurut sebuah studi, masih menjadi pemimpin pasar, karena punya market share sebesar 37,26 persen dibandingkan HP (30,36 persen) dan Canon (29,85 persen).[1]

Baca juga  Persyaratan dan Harga Franchise KFC Terkini

Meski merupakan brand asal Jepang, namun Epson mampu bersaing di pasaran dalam negeri lantaran menjadikan Indonesia sebagai basis produksi, tepatnya di kawasan Cikarang. Pada kurun waktu 2004 hingga 2005, terjadi kenaikan penjualan yang cukup signifikan, sebesar 78 persen.[2] Pada tahun 2011 lalu, perusahaan menaikkan kapasitas produksi dari semula satu juta printer menjadi dua juta printer per bulan. Sebagian besar output ditujukan untuk pasar luar negeri (ekspor).

Varian Printer A3 Epson

Selain untuk kebutuhan pribadi, Epson ternyata juga merilis sejumlah model printer A3 untuk usaha, seperti percetakan dan desain grafis. Seperti namanya, ini adalah tipe printer yang mampu mencetak dokumen, gambar, atau foto dengan ukuran kertas hingga A3 (29,7 x 42 cm). Produk ini sangat pas dijadikan media mencetak desain terbaik, termasuk desain interior, desain arsitektur, desain grafis, hingga pekerjaan teknik sipil.

Ada banyak printer A3 yang telah diluncurkan Epson untuk pasaran dalam negeri. Model Epson L1800 misalnya, meskipun cuma bisa dipakai untuk mencetak, tetapi telah didukung dengan 6 tipe warna, yakni Cyan, Magenta, Yellow, Black, Light Cyan, dan Light Magenta. Dengan perpaduan warna ini, produk dikatakan mampu menghasilkan cetakan berkualitas tinggi.

Varian lainnya adalah Epson Stylus Office T1100 yang diklaim sebagai salah satu printer A3 yang bagus untuk usaha percetakan. Pasalnya, printer ini ternyata sudah dilengkapi dengan sebuah teknologi teranyar yang dapat membantu mencetak gambar terbaik Anda. Teknologi ini adalah teknologi stylus office, yang memungkinkan Epson T1100 untuk mencetak foto dengan kualitas yang baik. Hal ini tentu memberikan kesempatan yang bagus bagi Anda yang akan menjalani usaha percetakan.

Bahkan, dengan printer Epson T1100 ini, Anda dapat melayani cetak foto dengan ukuran yang besar, hingga 16R. Karena kualitas cetak yang sangat terjamin, membuat hasil cetakannya dikatakan tidak akan luntur. Tambahan fitur lainnya adalah print head micro piezo yang dapat memungkinkan user untuk mengatur ukuran droplet tinta guna menghasilkan warna pada cetakan yang semakin terang dan tajam.

Baca juga  Update Harga Lengkap Menu Makanan & Minuman di Ayam Bakar Wong Solo

Ada pula model Epson L1300, yang disebut-sebut sebagai pengembangan dari tipe T1100. Epson L1300 dihadirkan untuk melengkapi keluarga Epson L Series di kelas printer inkjet A3 bersama Epson L1800 guna memenuhi kebutuhan cetak untuk beragam ukuran dengan kualitas prima untuk berbagai kebutuhan kantor, arsitek, dan desainer, meskipun tidak menutup kemungkinan pengguna rumahan dapat menggunakannya.

Salah satu varian printer A3 Epson (sumber: lazada)
Printer A3 Epson L1300 (sumber: lazada)

Perangkat ini memiliki kemampuan mencetak, mulai ukuran 4R (10,2 x 15,2 cm) hingga A3+ (32,9 x 48,3 cm), dengan kualitas cetak yang cukup mumpuni. Epson mengklaim bahwa printer A3 ini mampu mencetak poster, layout denah, grafik, dan diagram atau tabel besar pada ukuran kertas A3, sama baiknya dengan mencetak pada kertas berukuran lebih kecil.

Desain bodi perangkat sangat mirip dengan Epson Stylus Office T1100 dan terlihat cukup menghabiskan tempat di meja untuk printer yang berfungsi hanya untuk mencetak ini. Meski demikian, hal itu masih cukup bisa dimaklumi karena ini printer inkjet A3, yang memang punya ukuran rata-rata lebih besar daripada printer kebanyakan.

Dalam urusan cetak-mencetak, Epson L1300 mampu mencetak hingga resolusi 5760 x 1440 dpi berkat teknologi pencetakan bersistem tetesan tinta berukuran variabel (Variable-Sized Droplet/VSDT) yang tertanam di dalam teknologi print head Epson micro piezo. Metode ini digunakan untuk mendapatkan hasil gradasi gambar yang sangat halus, baik untuk dokumen, foto hitam putih, maupun foto berwarna.

Nah, untuk mereka yang mengharapkan perangkat multifungsi, Epson sudah memiliki seri L1455, dengan sistem ink tank pertama yang mampu mencetak hingga ukuran A3. Dibuat dan didesain untuk bisa memenuhi kebutuhan pengguna SOHO, L1455 dibekali teknologi PrecisionCore dengan produktivitas yang lebih tinggi dengan kecepatan cetak yang tinggi.

Printer L1455 ini diklaim mampu mencetak hingga 18 ipm pada ukuran kertas A4 dan kecepatan 10 ipm untuk ukuran kertas A3. Sesuai dengan target penjualannya, Epson L1455 memiliki fitur mencetak dua sisi hingga ukuran A3, kemampuan scan dan copy, LCD layar sentuh berukuran 4,3 inch, serta konektivitas yang mudah tanpa harus menggunakan kabel sekalipun.

Baca juga  Ciri dan Update Harga Kelinci Flemish Giant (Anakan, Indukan, Jantan)

Dirilis perdana ke Indonesia sekitar tahun 2016, Epson L1455 dapat mencetak dokumen hitam putih dengan hasil yang lebih tajam dan mampu tahan terhadap air atau noda, dengan cetak rendah hingga 6.500 untuk hitam putih dan 6.000 untuk warna. Sementara, untuk besar resolusi, perangkat ini mampu mencetak foto hingga kualitas 4800 dpi di resolusi tinggi. Fitur lain yang dibawa termasuk cetak bolak-balik (duplex), input tray 250 lembar dengan 2 ukuran kertas berbeda, konektivitas yang tergolong lengkap (Wi-Fi, Ethernet, USB 2.0), serta memiliki garansi resmi hingga 2 tahun atau 80.000 halaman cetak.

Jika Anda membutuhkan printer A3 buatan Epson, tidak sulit mendapatkan perangkat tersebut. Anda bisa membelinya di sejumlah toko elektronik, toko peralatan komputer, atau toko resmi Epson di sejumlah situs e-commerce. Sebagai referensi, berikut kami sajikan informasi terbaru kisaran harga printer A3 produksi Epson di pasaran pada 2020 dan 2021.

Salah satu varian printer A3 Epson (sumber: bestreviews.com)
Salah satu varian printer A3 Epson (sumber: bestreviews.com)

Harga Printer A3 Epson

Tipe Printer A3 Epson Harga Sebelumnya Harga Sekarang
Epson Stylus Office T1100 Rp4.300.000 Rp4.000.000
Epson WorkForce WF-7211 Rp4.853.000
Epson Stylus Photo 1390 Rp5.500.000 Rp5.490.000
Epson L1300 Rp6.187.500 Rp8.400.000
Epson L1800 Rp6.994.000 Rp10.713.000
Epson Surecolor SC-P407 Rp9.800.000 Rp9.500.000
Epson L1455 Rp10.999.000 Rp12.499.300
Epson Aculaser M8100DN Rp19.474.000

Jika dibandingkan tahun lalu, harga printer A3 Epson saat ini telah banyak mengalami perubahan. Kini juga ada printer laser dari Epson yang sanggup mencetak dokumen berukuran A3 seperti seri M8100DN.Harga printer A3 buatan Epson di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko resmi Epson dan situs jual beli online. Perlu diingat bahwa harga printer A3 Epson tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu, tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Selain itu, harga printer di masing-masing toko kemungkinan bisa berbeda.

[Update: Dian]

[1]Mardani, Novian. 2019. Analisa Strategi Bisnis Industri Printer dalam Menghadapi Pasar Bebas. E-Qien: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 6(1): 46-61.

[2]Ibid.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.