Update Harga Piring 1 Lusin di Pasaran (Plastik, Rotan, Melamin, Keramik)

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan piring. Ini adalah salah satu perabotan rumah tangga yang memiliki fungsi esensial. Piring digunakan sebagai wadah makanan yang akan kita santap. Jika Anda mencari perabotan ini, tidak sulit mendapatkannya karena dijual bebas di pasaran. Biasanya, harga 1 lusin piring plastik lebih murah dibandingkan piring melamin, rotan, atau beling.

Ilustrasi: piring lusinan

Ilustrasi: piring lusinan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, piring adalah wadah berbentuk bundar pipih dan sedikit cekung (atau ceper), terbuat dari porselen (seng, plastik), tempat meletakkan yang hendak dimakan (serta lauk pauk dan sebagainya). Sementara, Charles L. Venable mengatakan bahwa piring adalah alat makan yang berbentuk datar dan juga ada yang sedikit cekung, tempat makanan disajikan.

Sebelum piring ditemukan, orang-orang dulunya makan di atas atau bahkan tidak memakai alas makan. Lalu, sekitar abad ke-15, orang-orang Benua Biru menggunakan kayu yang dilubangi untuk menaruh makanan. Sebelumnya, mereka menggunakan roti yang dilubangi, namun roti yang dilubangi tidak dapat menahan kuah makanan dengan cukup lama. Akhirnya, makan di atas kayu yang tengahnya dibentuk lubang melengkung menjadi sebuah kebiasaan dan dianggap lebih baik. Seiring perkembangan zaman, piring kayu digantikan dengan piring seng, keramik, dan melamin.

Dilansir dari Wikipedia, Orang China menemukan proses piring makan sekitar tahun 600 Masehi. Piring makan pada awalnya diproduksi dari bahan aluminium. Pada tahun 1708, ketika Potter dari di Meissen menemukan proses pembuatan piring oleh orang China, mereka tertarik menggabungkan keramik Eropa dalam membuat piring. Saat itu, memang banyak keramik terbaik di dunia dikenal didirikan selama periode-Royal Saxon tahun 1710, Wedgwood tahun 1759, Royal Copenhagen pada 1775, dan Spode pada tahun 1776 di Inggris. 

Melalui proses pembuatan piring dari keramik ini, bangsa Eropa mulai memproduksi banyak piring dengan kualitas terbaik dan harga yang mahal. Saat rute perdagangan dibuka ke China pada abad ke-14, benda porselen, termasuk piring makan, menjadi benda yang wajib dimiliki untuk bangsawan Eropa. Setelah Eropa mulai membuat porselen, raja dan royalti melanjutkan praktik tradisional mereka mengumpulkan dan menampilkan piring porselen.

Terdapat berbagai studi menarik tentang piring. Dikatakan bahwa mencuci piring ternyata dapat menjadi obat mujarab untuk meredakan stres jika dilakukan dengan sadar. Mencuci piring dikatakan mampu meningkatkan unsur-unsur pengaruh positif (misalnya inspirasi) dan menurunkan unsur-unsur pengaruh negatif (misalnya kegugupan). Hal tersebut berasal dari bau sabun cuci dan suhu air yang dapat memicu keadaan pikiran menjadi positif.

Jenis Piring

Makanan tersaji di atas piring

Makanan tersaji di atas piring

  • Dinner plate, dikutip dari Dekoruma.com, adalah jenis piring yang paling sering dipakai. Piring ini digunakan untuk menyajikan menu utama ketika sebuah jamuan makan berlangsung. Dinner plate pun masih terbagi menjadi 2 jenis, yaitu yang berbentuk datar dan yang cekung. Umumnya, dinner plate memiliki ukuran mulai dari 8 inch, 9 inch, 10 inch, 11 inch, dan 12 inch. 
  • Coupe plate, adalah jenis yang memiliki fungsi yang sama dengan dinner plate, yakni untuk menyajikan menu-menu utama. Yang membedakan hanyalah ukuran dan bentuknya. Coupe plate berbentuk ceper dengan lengkungan ke atas di bagian tepinya. Lazimnya, orang menyebut piring jenis ini dengan piring bulan.
  • Dessert plate, seperti namanya, adalah piring untuk menyajikan menu penutup. Dessert plate memiliki bentuk yang jauh lebih beragam dengan ukuran berbeda-beda, dengan yang paling sering digunakan adalah yang berukuran 18 cm. Dessert plate juga sering dipakai sebagai under liner atau alas saat menyajikan hidangan pembuka.
  • Soup plate, adalah jenis piring yang sering dipakai sebagai alas mangkuk ketika menghidangkan sup. Piring ini memiliki bentuk yang ceper agak ke dalam, sehingga bisa dipakai untuk menaruh kuah sup.
  • Oval plate, adalah piring yang memang berbentuk oval (lonjong), seperti namanya, meskipun ada juga yang berbentuk datar dan coupe, dan umum dipakai untuk menyajikan sayuran, daging, atau ikan. Ukuran oval plate pun cukup beragam, mulai dari 8 inch, 10 inch, 12 inch, 14 inch, sampai 16 inch.
  • B & B plate (Butter and Bread), sesuai dengan namanya, piring ini memang digunakan untuk menyajikan roti dan mentega. Kerap juga disebut dengan side plate atau quarter plat, karena di meja makan, piring ini selalu diletakkan disamping kiri garpu (dinner fork). Diameter B & B plate sendiri berkisar 15 cm.
  • Show plate, adalah jenis yang umum dipakai untuk acara-acara tertentu dengan dekorasi khusus sebagai show atau pajangan. Ukurannya pun sedikit lebih besar dari dinner plate.
  • Fish plate, piring ini dipakai khusus untuk menyajikan hidangan ikan. Biasanya berbentuk oval (lonjong) atau bulat ceper seperti umumnya piring biasa dengan ukuran yang sedikit lebih besar.
  • Breakfast plate, merupakan piring yang biasa digunakan untuk makan pagi. Umumnya, breakfast plate berbentuk ceper dengan ukuran sedang.

Nah, apabila Anda sedang berburu piring, tidak sulit menemukan perabotan ini. Anda bisa mencarinya di berbagai toko perabotan rumah tangga atau situs jual beli online. Varian piring pun beragam, ada yang dari plastik, beling, kaca, rotan, bahkan kayu dan melamin. Berikut kisaran harga piring 1 lusin di pasaran dalam negeri.

Harga Piring 1 Lusin

Harga Piring 1 Lusin - icomarket.club

Harga Piring 1 Lusin - icomarket.club

Jenis PiringHarga 1 Lusin
Piring Plastik 16 cmRp36.000
Piring Plastik 19 cmRp40.000
Piring Plastik 23 cmRp43.200
Piring Plastik Anyaman 24 cmRp43.600
Piring Plastik Lotus 22 cmRp54.000
Piring Kaca Bening 9 inchRp60.000
Piring Rotan 22 cmRp99.400
Piring Keramik Cap Ayam JagoRp112.500
Piring Keramik Sango 9 inchRp305.000
Piring Keramik HW 9 inchRp310.000
Piring Beling 9 inch VicenzaRp460.000
Piring Bundar 9 inch Golden DragonRp595.200
Piring Melamin 10 inchRp840.000

Jika dibandingkan tahun lalu, berbagai ukuran piring 1 lusin mengalami perubahan harga. Misalnya, untuk piring plastik biasa ukuran 16 cm yang semula dijual Rp21.500 per lusin, kini naik menjadi Rp36 ribu per lusin dengan rincian Rp3 ribu per pcs. Tak hanya itu, piring plastik model anyaman ukuran diameter 24 cm juga mengalami kenaikan harga dari Rp35 ribuan menjadi Rp43.600 per lusin.

Harga piring 1 lusin di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko perabotan rumah tangga dan situs jual beli online. Banderol piring 1 lusin tersebut tidak mengikat dan dapat berbeda-beda di masing-masing tempat. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lengkap, silakan datang langsung ke toko perabotan rumah tangga terdekat di kota Anda.

[Update: Ditta]

Baca juga  Arti dan Metode Estimasi Biaya
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Harga Piring 1 Lusin di Pasaran (Plastik, Rotan, Melamin, Keramik)"