Update Harga Permen Frozz dan Frozz Herbal (Indomaret dan Alfamart)

Sebagian besar dari Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan permen Frozz. Ini adalah salah satu permen dengan rasa mint yang sangat populer di Tanah . Mengusung jargon ‘Permen Dingin Menyegarkan’, Frozz memang menawarkan sensasi rasa dingin dan juga menyegarkan. Popularitas permen ini semakin meningkat seiring dengan harganya yang relatif terjangkau. Belum lagi, saat ini Frozz juga telah meluncurkan produk herbal dengan yang baik bagi tubuh.

Penikmat permen Frozz (youtube: BROTHERINDO SINEMA)
Penikmat permen Frozz (youtube: BROTHERINDO SINEMA)

Dilansir dari Wikipedia, permen atau gula-gula dikatakan sebagai makanan berkalori tinggi yang pada umumnya berbahan dasar gula, air, dan sirup fruktosa. Tingginya kadar gula dalam permen membuatnya diklaim sebagai salah satu penyebab gigi berlubang. Meski demikian, permen sangat digemari, terutama oleh anak-anak.

Bacaan Lainnya

Permen diklaim pertama kali ditemukan sekitar 3.500 tahun yang lalu di Mesir. Selain itu, di tempat lain juga pernah ditemukan gumpalan madu kering yang diduga dijadikan permen oleh manusia purba pada saat itu. Kegemaran yang awalnya hanya iseng belaka ini kemudian mendorong bangsa Mesir, Arab, dan China kuno untuk membuat racikan manisan madu dengan berbagai macam rasa, mulai rasa buah-buahan hingga kacang-kacangan.

Beratus-ratus tahun kemudian, permen cokelat pertama di dunia diciptakan oleh Conrad J. Van Houten pada tahun 1828, yang memeras biji cokelat yang dimasaknya, yang kemudian dicampur dengan gula. Lalu, pada tahun 1869, seorang warga AS bernama Thomas Adams menciptakan permen dari bahan karet yang dipatenkan dua tahun kemudian. Memasuki abad ke-20, tepatnya tahun 1908, mesin pembuat permen lolipop diciptakan oleh Samuel Born, warga AS keturunan Rusia.

Empat tahun kemudian, Clarence Crane menciptakan permen mint. Awalnya, ia membuat permen cokelat. Namun, karena permen cokelat mudah meleleh di saat musim panas, akhirnya ia mencoba membuat permen dari bahan lain. Crane akhirnya mencoba membuat permen mint dengan bentuk bulat dan bolong di bagian tengah, yang kemudian dinamakan ‘life saver’.

Tidak sulit mendapatkan produk permen di pasaran. Nah, apabila Anda berburu permen dengan rasa mint, salah satu merk yang cukup terkenal di Tanah Air adalah Frozz. Ini adalah permen mint buatan Konimex, perusahaan yang lebih dulu terkenal sebagai produsen obat-obatan, seperti Paramex, Inza, Inzana, Konidin, hingga Termorex.

Saat ini, Konimex telah menghadirkan permen Frozz dalam kemasan kotak 15 gram dan beragam varian rasa. Rasa-rasa yang telah disediakan antara lain Frozz Mint, Frozz Barley Mint, Frozz Blueberry Mint, Frozz Orange Mint, Frozz Cherry Mint, Frozz Lime Mint, Frozz Ice Mint Eucalyptus, Frozz Tropical Mango Mint, dan Frozz Blackberry Mint. Di samping itu, ada juga varian Frozz Herbal dengan pilihan rasa, Frozz Herbal Green Tea Mint, Frozz Herbal Chrysant Mint, dan Frozz Herbal Thyme Mint.

Komposisi Permen Frozz

Di dalam situs resminya, Konimex menuliskan bahwa Frozz merupakan permen yang diklaim bebas gula, yang bakal memberikan sensasi mint yang dingin dan menyegarkan. Perusahaan pun mengatakan bahwa permen mint Frozz asyik dikonsumsi dalam berbagai aktivitas apa saja, kapan saja, dan di mana saja. Selain bebas gula, permen ini juga dikatakan rendah kalori dan tidak merusak gigi.

Varian permen Frozz (sumber: jd.id)
Varian permen Frozz (sumber: jd.id)

Terkait dengan bebas gula, produsen memang menggunakan pemanis buatan sorbitol di dalam permen Frozz. Menurut situs Alodokter.com, pemanis buatan aman bagi diabetes, mampu menjaga berat badan karena menekan kadar kalori hingga angka 0, serta lebih aman untuk gigi karena cenderung tidak menyebabkan lubang kecil pada gigi. Meski demikian, konsumsi produk pemanis buatan juga perlu dibatasi untuk meminimalkan efek negatif pada tubuh. Lalu, berapa harga permen Frozz di pasaran?

Harga Permen Frozz di Official Store

Varian Permen Frozz Harga
Frozz Blueberry Mint Rp7.600
Frozz Anggur Mint Rp7.600
Frozz Barley Mint Rp7.600
Frozz Blackberry Mint Rp7.600
Frozz Cherry Mint Rp7.600
Frozz Ice Mint Eucalyptus Rp7.600
Frozz Lime Mint Rp7.600
Frozz Mint Rp7.600
Frozz Orange Mint Rp7.600
Frozz Tropical Mango Mint Rp7.600
Frozz Yuzu Mint Rp7.600
Frozz Herbal Thyme Mint 15 gr Rp9.700
Frozz Herbal Chrysant Mint Rp12.028

Daftar harga permen Frozz dan permen Frozz Herbal di atas kami rangkum langsung dari situs resmi Konimex Store dan juga sumber-sumber lain, termasuk situs jual beli online. Hingga saat ini, harga permen Frozz dan permen Frozz Herbal tersebut relatif stabil. Selain itu, Anda pun bisa dengan mudah menemukannya di minimarket terdekat seperti Indomaret dan Alfamart.

Permen Frozz Herbal - ituteguh.blogspot.com
Permen Frozz Herbal – ituteguh.blogspot.com

Harga Permen Frozz di Minimarket

Varian Permen Frozz Harga di Indomaret Harga di Alfamart
Frozz Candy Lemon Mint 15 gr Rp8.500
Frozz Candy Cool Mint 15 gr Rp8.500
Frozz Candy Cherry Mint 15 gr Rp8.700 Rp6.900
Frozz Candy Blueberry Mint 15 gr Rp8.700 Rp6.900
Frozz Candy Barley Mint 15 gr Rp8.700 Rp6.900

Informasi harga permen Frozz di atas kami rangkum dari situs resmi dan aplikasi minimarket yang bersangkutan. Perlu diingat, harga produk tersebut tidak mengikat dan bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. 

Varian permen Frozz (sumber: jd.id)
Varian permen Frozz (sumber: jd.id)

Lantaran memiliki kadar gula yang sangat tinggi, permen terus dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan, terutama untuk bagian mulut dan gigi. Berikut beberapa efek berbahaya apabila Anda terlalu banyak makan permen, seperti dilansir dari berbagai sumber.

Efek Samping Makan Permen

  • Menyebabkan obesitas. Ukurannya yang mungil mungkin membuat Anda tidak menyadari berapa banyak permen yang telah Anda makan. Permen berisi ‘kalori kosong’ yang bisa dicerna dengan cepat. Selain itu, permen tidak memiliki protein, lemak sehat, vitamin, hingga mineral. Nah, mengonsumsi terlalu banyak permen bisa membuat Anda gemuk.
  • Bikin kecanduan. Gula pada dasarnya sama seperti obat, karena mengaktifkan pusat reward di otak, sehingga begitu adiktif. Tidak seperti makanan alami, makanan gula seperti permen dapat memicu pelepasan sejumlah besar dopamine, yang mengarah ke arah mengidam dan kecanduan.
  • Merusak hati. Sebelum gula masuk ke aliran darah, mereka melewati hati dan baru kemudian mengelompokkannya. Jika Anda makan banyak permen, hati Anda harus bekerja lembur untuk memproses gula dan mengubahnya menjadi lemak. Seiring waktu, beberapa partikel lemak terjebak dalam hati Anda.
  • Merusak gigi. Ini adalah masalah umum yang sering terjadi akibat terlalu banyak mengonsumsi permen. Ketika Anda makan permen, Anda akan mengisap makanan ini tanpa henti. Akibatnya, gigi Anda bermandikan gula. Karena gula mudah dicerna, bakteri bisa berkembang biak dengan cepat. Bakteri-bakteri ini menjadi faktor berbagai masalah gigi, termasuk erosi enamel, penyakit gusi, dan kerusakan gigi.

Meski banyak efek negatif yang ditimbulkan dari permen, tetapi makanan ini ternyata juga memiliki sisi positif untuk kesehatan. Riset terbaru menyimpulkan bahwa mengunyah permen karet memiliki manfaat untuk memperbaiki ingatan, meredakan stres, meningkatkan fokus atau konsentrasi, mengatur berat badan, hingga memperbaiki kesehatan mulut.

Sementara itu, makan permen mint, menurut artikel di Dailymail.co.uk, ternyata dapat membantu meredakan gangguan maag akibat naiknya asam lambung. Pasalnya, permen mint kebanyakan mengandung xylitol, yang juga ditemukan secara alami di dalam buah-buahan. Bahan ini disebutkan memiliki sifat anti-bakteri. Konsumsi xylitol akan meningkatkan jumlah air liur, yang membuat Anda sering menelan dan akhirnya terjadi kontraksi yang membuat asam di lambung menurun. Manfaat tersebut bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi permen Frozz.

[Update: Ditta]

Pos terkait