Harga Pentet Madura per Ekor (Dewasa dan Anakan)

Burung cendet atau pentet termasuk unggas predator yang memangsa serangga, terutama belalang, dan karenanya kerap dipelihara atau diternak untuk mengatasi hama belalang.[1] Seiring berjalannya waktu, burung pentet juga dipelihara sebagai burung hias, terutama untuk jenis cendet Madura yang diklaim lebih cerdas dibanding spesies pentet lainnya. Hal ini yang membuat harga burung pentet Madura terbilang lebih mahal dibanding cendet lainnya.

Ilustrasi: Ciri Burung Cendet Madura (credit: agrarindo)

Ilustrasi: Ciri Burung Cendet Madura (credit: agrarindo)

Perbedaan Pentet Madura dan Cendet Lainnya

Sekilas, hampir semua burung cendet terlihat sama. Namun, jika Anda perhatikan dengan saksama, setiap pentet memiliki ciri fisik yang berbeda. Seperti pentet Madura, jika Anda melihat bagian tubuhnya secara detail, Anda akan menemukan perbedaan bentuk fisik dan warna dari cendet lainnya. Pentet Madura memiliki ciri khas pada bagian dada, tengkuk, dan ekornya. Dada pentet Madura berwarna dengan bulu lembut seperti kapas. Lalu, tengkuknya berwarna abu-abu dan ekornya cenderung berwarna gelap serta panjang.

Berbeda dengan burung cendet lainnya, pentet Madura memiliki ukuran tubuh yang lebih ramping dan berkepala kecil. burung ini juga pendek di bagian pangkal, tetapi panjang di bagian betis. Termasuk predator kecil, bagian ujung cakar burung cendet Madura dilengkapi dengan kuku yang tajam.

Baca juga  Update Harga Huruf Timbul Stainless (Berbagai Ukuran)

Beberapa burung cendet Madura juga memiliki kepala berwarna hitam seperti blankon. Ini adalah ciri khas pentet Madura blangkon yang kerap menjadi incaran kolektor burung hias. Beberapa burung juga memiliki bulu berwarna hitam dari ujung kepala hingga tengkuk, sehingga tampak seperti cendet berambut gondrong.

Ilustrasi: Burung Cendet Madura di Dalam Sangkar (credit: dictio.id)

Ilustrasi: Burung Cendet Madura di Dalam Sangkar (credit: dictio.id)

Pentet Madura

Diketahui, cendet Madura merupakan burung yang lebih pintar dan memiliki kecerdasan lebih baik dibanding burung pentet lainnya. Anda tidak hanya bisa menjadikannya sebagai burung hias, tetapi juga burung kicau. Biasanya, orang akan mengajarinya cara berkicau dengan menyalakan atau rekaman suara burung lainnya. Memang, secara umum pentet Madura bisa menirukan suara burung lain dengan baik.

Tak hanya satu atau dua suara burung, Anda bisa mengajari pentet Madura berkicau lebih dari lima suara kicau. Supaya lebih mudah, Anda bisa meletakkan suara rekaman burung lain di dalam sangkar burung dan menyalakannya setiap pagi. Secara cepat, cendet Madura akan menirukan suara tersebut dan mengingatnya.

Baca juga  Manfaat dan Harga Serum MS Glow Acne

Tak seperti burung pentet pada umumnya, cendet Madura juga terbilang mudah beradaptasi saat di arena perlombaan. Burung yang terkenal sebagai predator mungil ini memiliki mental yang kuat dan berkarakter keras. Hal ini juga yang membuat cendet Madura tahan banting, tangguh, dan tidak mudah stres saat dipindahkan ke habitat yang berbeda.

Selain terkenal bandel dan bermental baja, cendet Madura juga memiliki stamina yang lebih tinggi dibanding burung pentet lainnya. Kebiasaannya yang sering terbang bebas di hutan dan area persawahan, menjadikannya sebagai hewan yang aktif dan lincah. Selain itu, dengan stamina yang tinggi, unggas ini dikenal mampu berkicau lebih keras dan dalam waktu yang lama dibanding burung cendet lainnya.

Meskipun memiliki daya tahan tubuh yang kuat, Anda tidak bisa memelihara burung pentet Madura secara sembarangan. Anda harus memperhatikan pakan, kebersihan kandang, dan kesehatan unggas terbang ini supaya bisa berkicau dengan baik dan tetap terjaga keindahan bulunya.

Ilustrasi: Harga Burung Pentet Madura (credit: burungnya)

Ilustrasi: Harga Burung Pentet Madura (credit: burungnya)

Cara Merawat Pentet Madura

  • Berikan pakan yang mengandung protein tinggi, jenis buatan dan alami secara berselang-seling. Sebagai saran, Anda bisa memberinya jangkrik dan belalang sebagai pakan alami dan pelet khusus burung kicau sebagai pakan buatan.
  • Air harus diganti setiap hari dan minimal sebanyak satu kali di pagi hari. Selain itu, wadah burung harus dicuci secara rutin setiap 2 hingga 3 hari sekali.
  • Bersihkan kandang secara rutin untuk mencegah penyakit, jamur, dan bau tidak sedap. Setidaknya, Anda harus membersihkannya setiap pagi atau sore.
  • Mandikan dan jemur pentet Madura di pagi hari. Ini bertujuan untuk menghindari jamur dan rontok bulu.
Baca juga  Update Harga Bufacomb Cream, Obat Salep untuk Sariawan

Bagi Anda yang tertarik untuk memelihara cendet Madura, pastikan Anda sudah menyiapkan sangkar dan pakannya. Selain itu, pastikan juga Anda mengetahui harga burung ini seperti berikut.

Harga Pentet Madura

Jenis Burung Pentet MaduraHarga per Ekor
Pentet Madura Sapudi anakanRp300.000
Pentet Madura Blangkon AnakanRp300.000
Pentet Madura Betina DewasaRp600.000
Pentet Madura Sembur 3 LarasanRp850.000
Pentet Madura Jantan Dewasa GacorRp1.500.000

Harga cendet Madura di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Harga burung pentet Madura tersebut tentu saja tidak tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

[1] Astuti, Siti. 2009. Respons Fungsional Burung Pentet (Lanius sp.) terhadap Belalang Kembara (Locusta migratoria manilensis). Jurnal Perlindungan Tanaman Indonesia UGM, Vol. 1(15): 96-100.

author

Leave a reply "Harga Pentet Madura per Ekor (Dewasa dan Anakan)"