Update Harga Obat Dextamine Syrup dan Tablet

Dextamine adalah obat produksi Phapros dengan kandungan bahan aktif Deksametason dan juga Desklofeniramin. Dextamine tergolong obat keras yang hanya bisa dibeli dengan resep dokter. Obat ini tersedia dalam wujud tablet dan sirup dengan harga yang relatif terjangkau.

Dextamine Tablet (sumber: Tokopedia)
Dextamine Tablet (sumber: Tokopedia)

Kedua zat aktif dalam Dextamine dikenal sebagai obat untuk mengobati kondisi yang disebabkan oleh peradangan dan juga reaksi alergi. Deksametason sendiri merupakan golongan obat kortikosteroid yang ampuh untuk mengatasi peradangan dan juga alergi.

Bacaan Lainnya

Sedangkan Deksklorfeniramin adalah jenis obat antihistamin yang bekerja menekan histamin yang dihasilkan selama reaksi alergi dan dapat menyebabkan munculnya reaksi seperti ruam merah, gatal-gatal, mata berair, tenggorokan gatal, bersin, hingga kesulitan bernapas, demikian seperti dilansir Doktersehat.

Komposisi Dextamine

  • Dexamethasone (micronized) 500 mcg
  • Dexclorpheniramine maleat 2 mg

Dextamine dapat meredakan sejumlah keluhan dengan indikasi sebagai berikut.

Indikasi Dextamine

  • Digunakan untuk mengurangi gejala-gejala rhinitis alergi (hay fever) termasuk rinitis alergi perenial atau seasonal.
  • Bisa juga dipakai untuk mengobati bentuk alergi lainnya, seperti vasomotor rhinitis, alergi konjungtivitis karena alergen inhalan dan makanan, manifestasi alergi pada kulit misalnya urtikaria dan angioedema, ameliorasi reaksi alergi pada darah atau plasma, dan dermografisme.
  • Merupakan kombinasi yang efektif untuk mengatasi kondisi alergi yang disertai peradangan di mana diperlukan terapi dengan kortikosteroid.
Baca juga  Info Terbaru Harga Serum Hanasui Gold, Pink, Biru, dan Vitamin C Asli

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari Dextamine, maka Anda perlu memperhatikan dosis pemakaian yang dianjurkan sebagai berikut.

Dosis Dextamine Tablet

  • Dewasa: 1-2 tablet 4 kali per hari
  • Anak-anak: 1/2 tablet 3 kali per hari, diminum sebelum atau sesudah makan.

Berikut dosis yang disarankan untuk Dextamine sirup.

Minum Obat Alergi - www.heart.org
Minum Obat Alergi – www.heart.org

Dosis Dextamine Sirup

Untuk dewasa dan anak-anak usia >12 tahun awal dapat meminum Dextamine Syrup dengan dosis 3-4 kali sehari 5 ml sesudah makan.

Kontraindikasi Dextamine

Asma, wanita hamil dan menyusui, bayi prematur dan neonatus. Hati-hati pada penderita glaukoma sudut tertutup, ulkus peptikum, obstruksi piloroduodenal, hipertrofi prostat, obstruksi kandung kemih.[1]

Dextamine mungkin menimbulkan efek samping bagi sebagian pasien. Namun, risiko efek samping biasanya akan meningkat apabila pemakaian obat melebihi dosis yang dianjurkan dan dikonsumsi dalam jangka waktu yang terlalu lama. Berikut ini beberapa efek samping yang mungkin muncul dari konsumsi Dextamine.

Efek Samping Dextamine

  • Menimbulkan kantuk
  • Lemah otot
  • Menstruasi tidak lancar
  • Cushing syndrome
  • Gangguan saluran kemih
  • Gangguan pertumbuhan
  • Gangguan penglihatan
  • Gangguan pencernaan seperti sakit perut dan mual
  • Meningkatkan nafsu makan dan menaikkan berat badan secara tidak sehat
  • Keringat berlebih
Baca juga  Info Terbaru Harga Melia Propolis di Apotek

Sejumlah hal yang perlu diperhatikan saat mengonsumsi Dextamine, sebagai berikut.

Peringatan & Perhatian Konsumsi Dextamine

  • Jangan gunakan obat Dextamine pada pasien yang memiliki hipersensitivitas terhadap Deksametason dan juga Desklofeniramin.
  • Jangan berikan obat Dextamine pada pasien yang mengalami infeksi jamur parah, sedang menerima vaksin aktif, mengalami infeksi akut, memiliki tukak lambung, mengalami psikosis dan psikoneurosis, serta mengalami osteoporosis.
  • Penggunaan obat Dextamine pada pasien dengan tekanan darah tinggi, diabetes, gangguan jantung, gangguan ginjal, glaukoma, dan gangguan prostat, harus dengan hati-hati dan sesuai anjuran dokter.
  • Obat Dextamine dapat menyebabkan rasa kantuk, sehingga tidak boleh dikonsumsi sebelum Anda berkendara atau melakukan aktivitas berat.
  • Penggunaan obat Dextamine pada wanita hamil dan menyusui tidak disarankan karena obat ini bisa menembus plasenta, serta dapat tersalurkan ke ASI.
  • Jangan gunakan obat Dextamine bersamaan dengan obat penenang karena dapat memicu timbulnya gangguan sistem saraf pusat yang menyebabkan depresi.
  • Penambahan dan pengurangan dosis dari penggunaan Dextamine harus dilakukan secara bertahap dan tidak boleh secara tiba-tiba dihentikan penggunaannya.

Konsultasikan dengan dokter tentang makanan, minuman, obat resep, hingga obat herbal yang mungkin tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan Dextamine untuk menghindari interaksi obat yang akan menurunkan kinerja obat dan menaikkan risiko terjadinya efek samping.

Baca juga  Dosis dan Update Harga Voltaren Tablet 25 mg, 50 mg, 75 mg, 100 mg
Ilustrasi tablet  Dextamine (sumber: nutrineat.com)
Ilustrasi tablet Dextamine (sumber: nutrineat.com)

Harga Dextamine

Varian Obat Dextamine Harga
Dextamine tablet Rp2.300 per tablet
Dextamine Syrup 60 ml Rp39.869 per botol

Jika dibandingkan 2020, harga obat Dextamine mengalami perubahan pada 2021 dan 2022. Misalnya, Dextamine tablet yang dijual seharga Rp2.273 tahun 2020, sedikit naik menjadi Rp2.278 tahun 2021, naik lagi menjadi Rp2.300 per tablet tahun 2022. Begitu pula untuk Dextamine varian sirup yang naik sedikit dari harga Rp39.353 di tahun 2020, menjadi Rp39.198 di tahun 2021, dan Rp39.869 per botol tahun 2022.

Informasi harga Dextamine di atas diperoleh dari situs resmi Apotek K24. Perlu Anda ingat bahwa harga obat Dextamine dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga Dextamine yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari penawaran pihak penjual. Apabila Anda sedang membutuhkan Dextamine, Anda bisa membelinya di toko obat atau apotik terdekat dengan menyertakan resep dokter.

[Update: Almas]

[1] Theodorus. 1996. Penuntun Praktis Peresepan Obat. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.