Info Terbaru Harga Penggaris T untuk Gambar Teknik

Jika Anda berkecimpung dalam bidang teknik, terutama teknik sipil, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan alat yang bernama penggaris T. Penggaris T merupakan salah satu peralatan yang biasa digunakan untuk menggambar desain dan umumnya terbuat dari bahan stainless steel. Di pasaran, penggaris T ini sudah banyak diperdagangkan dengan harga mulai ratusan ribu rupiah, tergantung merk.

Ilustrasi: penggaris T untuk menggambar teknik (sumber: peakpx.com)
Ilustrasi: penggaris T untuk menggambar teknik (sumber: peakpx.com)

Fungsi Penggaris T

Penggaris T terdiri atas landasan (kepala) dan daun sehingga membentuk seperti huruf T atau sudut 90 derajat. Karena itulah, penggaris ini diberi nama dengan penggaris T. Penggaris T biasa digunakan untuk membuat garis horizontal yang . Caranya, dengan menekankan landasan penggaris ini pada tepi kiri papan serta menggesernya ke atas dan ke bawah.

Bacaan Lainnya

Selain model seperti huruf T, jenis lain penggaris T adalah memiliki dua landasan, yaitu satu landasan tetap dan satu landasan lain yang dapat bergerak. Dengan mengatur sudut yang dikehendaki dari landasan yang dapat bergerak ini, seseorang dapat membuat garis panjang yang tidak horizontal atau miring. Sementara itu, untuk menarik garis dengan pensil tinta, digunakan permukaan penggaris yang condong, bukan yang tebal.

Tidak sulit mendapatkan penggaris T. Pasalnya, Anda sudah bisa membelinya di berbagai toko peralatan menggambar. Selain itu, banyak juga toko dan kantor (ATK) yang menyediakan penggaris ini. Harganya bervariasi, tetapi rata-rata berada di angka ratusan ribu rupiah. Berikut informasi terbaru harga penggaris T di pasaran.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Harga Penggaris T

Merk Penggaris T Harga
Penggaris T 30 cm Rp66.000
Penggaris T KAPRO 317 120 cm Rp250.000
Penggaris T 80 cm Rp327.000
Penggaris T Rotring 32 cm Rp333.000
Penggaris T Ziegel Ruler Rp398.000

Daftar harga penggaris T di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko alat tulis dan kantor. Perlu Anda catat bahwa harga penggaris T tersebut tidak mengikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, tahun lalu penggaris T Kapro 317 dijual seharga Rp210 ribu, sedangkan harga penggaris T Ziegel Ruler berkisar Rp327 ribuan.

Ilustrasi: menggambar teknik (sumber: ebuy7.com)
Ilustrasi: menggambar teknik (sumber: ebuy7.com)

Alat Gambar Teknik Lainnya

  • Kertas. Kertas gambar yang dipergunakan dalam gambar teknik memiliki yang telah sesuai standar. Ukuran yang banyak digunakan adalah jenis seri A. Seri A ini memiliki ukuran standar yang dinyatakan dengan membubuhkan angka nol di belakang huruf A, dan ukuran-ukuran yang lebih dengan membubuhkan angka 1 hingga angka 4. Kertas gambar teknik sendiri hadir dalam jenis kertas gambar putih (berfungsi untuk gambar tata letak yang digambar dengan pensil), kertas kalkir yang berfungsi sebagai persiapan gambar asli, dan film gambar yang berguna mendokumentasikan gambar dengan lebih teliti.
  • Pensil atau Pena. Pensil atau pena dalam gambar teknik secara garis besar terbagi menjadi dua, yaitu pensil biasa atau pensil kayu dan pensil mekanik. Menggambar teknik dengan pensil lebih baik menggunakan pensil mekanik yang bisa diisi ulang (refill), sebab pensil mekanik lebih awet daripada pensil kayu, dan untuk standarisasi gambar teknik pun lebih bisa dipaskan. Untuk menggambar di atas kertas biasa atau kertas kalkir, dapat menggunakan pensil mekanik isi ulang dengan ketebalan 0,3 mm dan 0,5 mm.
  • Jangka Gambar Teknik. Jangka di sini lebih berfungsi sebagai alat bantu gambar teknik. Ada tiga macam jangka yang biasa digunakan dalam gambar teknik, tergantung besar kecilnya lingkaran yang akan digambar. Jangka besar untuk menggambar lingkaran dengan 100 – 200 mm, jangka menengah untuk lingkaran dari 20 – 100 mm, dan jangka kecil untuk lingkaran 5 – 30 mm. Di samping itu, terdapat sebuah jangka untuk membuat lingkaran dengan jari-jari kecil, seperti misalnya untuk pembulatan. Sementara, jenis jangka ada dua macam, yaitu jangka yaitu jangka pegas dan jangka orleon.
  • Mistar atau Penggaris. Salah satu penggaris yang sudah disinggung di atas adalah penggaris T. Penggaris lainnya adalah penggaris segitiga yang memiliki fungsi mirip dengan penggaris T. Perbedaannya, mistar ini memiliki sudut-sudut istimewa dan sering digunakan oleh penggambar pemula. Sepasang penggaris segitiga terdiri dari segitiga siku sama kaki dan sebuah segitiga siku 600. Penggaris lainnya dalam gambar teknik adalah mal lengkung (untuk menggambar garis lengkung yang tidak dapat dilakukan oleh jangkar) dan mal bentuk untuk menggambar lambang-lambang dalam bidang elektronika dan lainnya.
  • Papan atau Meja Gambar. Papan gambar harus mempunyai permukaan yang rata dan tepi yang lurus, dimana kepala dari penggaris T digeser. Papan gambar biasanya dibuat dari kayu pohon cemara, ukurannya harus disesuaikan dengan ukuran kertas yang kita gunakan. Sementara itu, meja gambar terdiri dari rangka meja gambar dan daun meja gambar. Tidak seperti meja biasa, meja gambar dapat diubah-ubah ketinggian dan kemiringan daun mejanya. Bahan daun meja ada bermacam-macam, yaitu daun meja dari papan non magnetik, papan berlapis magnet, dan kaca riben.
  • Penghapus dan Alat Pelindung Penghapus. Ada dua jenis penghapus yang umum digunakan dalam gambar teknik, yaitu penghapus lunak dan penghapus keras. Penghapus lunak untuk menghapus gambar dari pensil dan penghapus keras untuk menghapus gambar dari tinta. Agar gambar yang akan dihapus tepat dan tidak menghilangkan gambar yang lain, maka digunakan plat pelindung penghapus.
  • Mesin Gambar. Mesin gambar adalah mesin manual yang digunakan untuk memudahkan menggambar. Mesin gambar dapat menggantikan beberapa fungsi alat gambar lainnya seperti busur derajat, sepasang penggaris segitiga, dan mistar T. Berdasarkan bentuknya, ada dua jenis mesin gambar, yaitu mesin gambar rol dan mesin gambar lengan. Sebuah mesin gambar dilengkapi dengan mekanisme gerak sejajar, yang terdiri dari 4 batang penghubung (link). Dengan alat ini, dapat ditarik garis-garis sejajar, dan garis-garis tegak lurus dengan mudah.
Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Seperti penggaris T, alat-alat teknik di atas juga dapat Anda temukan di berbagai ATK maupun toko khusus kebutuhan teknik. Selain itu, Anda pun bisa menemukannya di sejumlah situs jual beli online. Harga yang dipatok bervariasi, tergantung merk, tipe, dan ukuran peralatan yang bersangkutan.

Varian Penggaris T - (www.lazada.co.id)
Varian Penggaris T – (www.lazada.co.id)

(Panca)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *