Update Info Terbaru Biaya/Harga Pasang Gigi Implan

No comment 58935 views

termasuk salah satu organ tubuh yang sangat penting. Selain dapat digunakan untuk mengunyah makanan dalam mulut, juga menjadi salah satu faktor yang dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Memiliki yang bersih, utuh, dan rapi tentu menjadi cita-cita banyak orang. Sayang pada perjalanannya rupanya ada berbagai hal yang bisa mempengaruhi kesehatan mulai dari gaya hidup hingga insiden yang mengakibatkan seseorang patah atau ompong.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menggantikan gigi yang tanggal, misalnya saja dengan menggunakan gigi tiruan lepasan, gigi palsu jembatan, hingga implan gigi. yang dibutuhkan untuk melakukan masing-masing prosedur tersebut bisa bervariasi, tergantung dari tingkat kesulitan dan bahan gigi tiruan yang digunakan.

Pasang Gigi Implan - www.dentalcarenetwork.com

Pasang Gigi Implan - www.dentalcarenetwork.com

Dari beberapa yang ada, implan gigi dianggap sebagai satu-satunya penggantian gigi yang paling berhasil dan efektif untuk menggantikan gigi yang rusak atau hilang sehingga dapat mengembalikan fungsi kunyah Anda seperti sedia kala. implan gigi bisa digunakan untuk menggantikan gigi yang rusak di bagian depan maupun geraham. Tingkat keberhasilan operasi implan gigi sendiri rata-rata sekitar 90-95%.

Implan gigi alias dental implant adalah gigi palsu dari bahan sintetik yang dipasang ke dalam mulut melalui tindakan pembedahan kecil, sehingga gigi palsu tersebut dapat tertanam ke dalam tulang rahang. Prosedur ini memungkinkan Anda untuk memiliki gigi palsu yang dapat berdiri sendiri tanpa mengganggu atau bertumpu pada gigi-gigi lain yang kondisinya masih sehat.

Berbeda dari gigi tiruan lepasan dan gigi tiruan jembatan, implan gigi memanfaatkan khusus yang dipasang langsung ke dalam tulang dan menggantikan akar, sedangkan gigi tiruan lepasan dan gigi tiruan jembatan tidak memiliki akar pengganti. Oleh sebab itu gigi palsu lepasan dan jembatan biasanya kurang kuat dan kadang bisa bergeser apabila digunakan untuk mengunyah makanan-makanan yang keras.

Sementara itu, implan gigi menjadi solusi pengganti gigi asli yang lebih kuat dan stabil. Tampilan implan gigi juga lebih natural dan memiliki kekuatan gigitan yang lebih baik. Implan gigi bisa dilakukan untuk pasien yang berusia mulai dari 16 tahun hingga orang yang sudah lanjut usia (lansia) sekalipun. Biaya pasang implan gigi palsu sendiri memang tergolong mahal. Yang membedakan tarif implan gigi biasanya adalah merek dan buatan mana implan gigi yang Anda pilih. Sebagai gambaran, berikut ini kami sajikan daftar harga implan gigi terbaru:

Jenis Implan Gigi Harga
Implan gigi buatan Korea (merek Sinhung dan Osstem) Rp 10 jutaan – Rp 15 jutaan
Implan gigi buatan Italia (merek BTK) Rp 14 jutaan – Rp 18 jutaan
Implan gigi buatan Israel (merek MIS implant) Rp 18 jutaan – Rp 24 jutaan
Implan gigi buatan Amerika (merek Biomet 3i) Rp 18 jutaan – Rp 24 jutaan
Implan gigi buatan Jerman (merek Dentium dan Strauman) Rp 18 jutaan – Rp 26 jutaan

Sebagai gambaran lain, di Audy Dental, harga paket pasang implant gigi made in US/Europe dipatok mulai Rp 17 jutaan, sedangkan untuk implan Nobel Biocare/Straumann made in Swiss tarifnya mulai Rp 25 jutaan. Harga tersebut sudah termasuk crown metal porcelain.

Daftar tarif implan gigi di atas berlaku untuk satu gigi saja dan harga bisa berubah sewaktu-waktu mengikuti kurs yang berlaku. Perlu diketahui bahwa harga yang berlaku di setiap klinik bisa berbeda-beda-beda tergantung dari tipe implan gigi yang digunakan. Dari sekian banyak merek implan gigi yang ditawarkan, biasanya konsumen lebih menyukai implan gigi buatan Korea Selatan. Menurut drg. Afwin Zamrony, implan gigi asal Korea Selatan bukan hanya murah, tetapi teknologi untuk dunia juga sudah teruji.

Pasang Gigi Implan. - www.bibamagazine.fr

Pasang Gigi Implan. - www.bibamagazine.fr

Prosedur pemasangan implan gigi palsu sendiri menurut drg. Afwin juga bergantung pada kepadatan tulang pasien. Tingkat kepadatan tulang biasanya baru diketahui ketika implant dipasang. Untuk kondisi normal, biasanya lama proses pemasangan awal hingga pemasangan gigi palsu membutuhkan waktu sekitar 2,5 bulan. Proses tersebut memakan waktu yang cukup lama karena diperlukan penyatuan antara tulang dengan implan itu sendiri, atau yang biasa disebut dengan istilah osseointegrasi.

Untuk tahap awal sebelum pasang implan gigi, biasanya Anda akan diminta untuk melakukan foto rontgen gigi terlebih dahulu untuk mencari tau ukuran implan gigi yang sesuai dengan rahang Anda. Kemudian Anda biasanya akan menjalani pembedahan minor terlebih dahulu dengan cara membuka gusi dan membuat lubang pada bagian tulang yang berukuran sekitar 3 hingga 4 mm. Prosedur implan gigi dilakukan dengan cara menanam gigi palsu dalam gusi dengan menggunakan bahan titanium atau logam yang sifatnya bioinner atau secara teknis bahan tersebut dimasukkan ke dalam tulang yang sudah dibuat khusus sebagai pengganti akar gigi.

Meski prosedur tanam gigi relatif aman, Anda harus memenuhi beberapa kondisi tertentu, seperti tulang gigi harus sehat dan cukup tebal untuk dipasangi implan gigi. Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit diabetes juga sebaiknya mengontrol gula terlebih dahulu sebelum melakukan pemasangan implan gigi. Demikian pula dengan Anda yang memiliki kebiasaan merokok sebaiknya mengurangi kebiasaan buruk ini atau berhenti merokok sama sekali.

Oleh sebab itu, sebelum memutuskan untuk menjalani implan gigi, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan supaya memperoleh penanganan yang terbaik untuk permasalahan gigi yang Anda hadapi. Setelah pemasangan implan gigi dilakukan, Anda juga diwajibkan untuk kebersihan mulut dan melakukan kontrol gigi secara berkali setiap 6 bulan sekali. Apabila Anda memperhatikan kesehatan gigi dan mulut Anda, maka implan gigi yang telah terpasang pun bisa bertahan secara permanen dan menunjang kepercayaan diri Anda.

[Dian]

Baca juga  Daftar Harga Produk Nourish Skin di Apotik
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Update Info Terbaru Biaya/Harga Pasang Gigi Implan"