Update Harga Palet Lukis (Plastik, Kayu, Oval, Flower dll)

Untuk Anda yang hobi melukis dengan cat air atau cat minyak, pasti sudah tidak asing lagi dengan benda bernama palet. Ini adalah peralatan yang memiliki fungsi utama sebagai wadah atau tempat untuk atau cat air yang digunakan untuk melukis. Palet lukis sendiri hadir dalam beragam bentuk atau desain, dan ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau.

Palet lukis kayu
Palet lukis kayu

Dikutip dari Wikipedia, lukis adalah salah satu cabang dari seni rupa. Dengan dasar pengertian yang sama, seni lukis merupakan sebuah pengembangan yang lebih utuh dari menggambar. Melukis adalah kegiatan mengolah medium dua dimensi atau permukaan dari objek tiga dimensi untuk memperoleh kesan tertentu. Medium lukisan sendiri dapat berbentuk apa saja, seperti kertas, kanvas, papan, bahkan film di dalam fotografi.

Bacaan Lainnya

Banyak sekali peralatan melukis yang mesti Anda siapkan sebelum Anda mengeksekusi berbagai lukisan yang akan Anda buat. Bagi Anda yang masih awam dalam dunia melukis, tentunya Anda perlu tahu apa saja perlengkapan yang harus Anda siapkan. Bahkan, yang terpenting tentunya Anda harus mengetahui apa saja kegunaan dari setiap alat yang termasuk ke dalam perlengkapan melukis Anda.

Peralatan Melukis

Kuas, ini adalah salah satu peralatan yang mesti Anda siapkan sebelum melukis. Kuas sendiri adalah salah satu alat yang digunakan untuk menorehkan cat ke atas kanvas yang membentuk objek atau yang hendak Anda lukis. Meski begitu, tidak sedikit juga seniman atau para pelukis yang memilih untuk tidak menggunakan kuas, melainkan langsung menggunakan jari. Kuas sendiri terdiri dari beragam jenis, seperti round brush, flat, bright brush, angel brush, filbert brush, fan, MOP, hingga rigger.

Baca juga  Update Harga Karpet Bulu Cendol dalam Berbagai Ukuran

Cat, merupakan alat perang lainnya dalam kegiatan melukis. Tanpa cat, Anda tentunya tidak akan bisa melukis, kecuali jika Anda ingin menjadi pelukis pasir. Seperti kuas, cat juga terdiri dari beragam jenis, mulai dari cat air, cat minyak, cat poster, cat akrilik, cat tekstil, hingga cat semprot, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan media melukis.

Easel, mungkin sebagian dari Anda masih asing dengan peralatan yang satu ini. Ini adalah papan untuk menjepit kanvas, yang memiliki kaki dan berdiri agak miring. Easel dapat dibuat dari berbagai material, namun umumnya terbuat dari bahan kayu. Easel akan memudahkan pelukis melukis objek, daripada harus melukis di atas meja.

Karakteristik Palet

Selain alat-alat di atas, perlengkapan lain yang diperlukan untuk kegiatan melukis adalah palet. Ini adalah wadah atau tempat untuk mencampur cat atau tempat untuk menyiapkan cat sebelum diaplikasikan ke medium lukisan. Palet yang bagus dikatakan harus memiliki sifat licin karena minyak tidak dapat meresap ke dalamnya.

Palet lukis kayu (sumber: natalie-art-studio.com)
Palet lukis kayu (sumber: natalie-art-studio.com)

Jenis Palet

  • Palet kotak, adalah jenis yang umum dipakai dan bisa dilipat. Karena ini digunakan sebagai palet utama, ada banyak partisi di bagian dalamnya, sehingga Anda dapat menggunakan warna-warna apapun secara bersamaan. Selain itu, Anda juga bisa melipat palet sehingga bagian atasnya akan tertutup untuk mencegah debu.
  • Palet berdesain khusus, jenis ini memiliki banyak bagian yang memungkinkan Anda melakukan pencampuran warna yang diambil dari bagian-bagian tersebut. Piringan palet juga biasanya didesain sedikit lebih dalam sehingga memudahkan Anda untuk bekerja, bahkan ketika menggunakan cat dalam jumlah banyak. Karena palet jenis ini tergolong simpel dan compact, produk tipe ini sangat disarankan bagi Anda yang tidak terlalu sering menggunakan palet.
  • Palet pelengkap, jenis palet yang memiliki jumlah partisi lebih sedikit. Jenis palet ini sangat nyaman digunakan ketika mencampur banyak cat dan sering digunakan sebagai palet bantuan selain dari palet utama. Meskipun belum tentu diperlukan, palet ini akan sangat berguna untuk tambahan palet utama Anda.
Baca juga  Info Tips Memilih Produk dan Update Harga Treadmill Kettler di Pasaran

Selain dari sisi desain, palet juga dapat dibedakan berdasarkan bahan pembuatnya seperti berikut.

Palet Berdasarkan Bahannya

  • Palet plastik, merupakan jenis yang banyak digunakan karena memiliki harga cukup terjangkau. Dengan ukuran besar sekalipun, palet yang terbuat dari material plastik tetap nyaman digunakan karena ringan dan tidak mudah patah. Sayangnya, palet ini lebih mudah menyerap warna sehingga kotoran bisa menempel setelah digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  • Palet steel, tergolong tahan karat dan tidak mudah kotor. Material ini juga cocok untuk digunakan sebagai bahan dasar palet karena ringan dan tidak mudah rusak. Namun, perlu diperhatikan bahwa jika lapisan palet tidak dalam kondisi baik, warna cat akan sulit dikenali ketika digunakan dalam melukis. Palet dengan bahan stainless steel ini juga masih jarang ditemukan di Indonesia.
  • Palet keramik, lebih sering digunakan sebagai palet tambahan. Material ini memiliki ciri khas mudah dibersihkan dan tidak berubah bentuk meskipun telah digunakan cukup lama. Namun, material ini lebih mudah pecah dibandingkan dengan material lainnya.
  • Palet aluminium, memiliki harga yang biasanya lebih mahal. Palet ini sendiri umum digunakan para pelukis profesional. Proses pelapisan palet aluminium biasanya dilakukan melalui pelapisan enamel dengan pembakaran pada suhu tinggi. Hal ini bertujuan untuk mencegah karat dan menjadikannya tahan lama.
Baca juga  Keunggulan dan Update Harga Parfum AXE Semua Varian

Berikut kami rangkum informasi harga palet untuk melukis dalam berbagai merek dan jenis pada tahun 2021 dan tahun 2022.

Ilustrasi: Palet Untuk Melukis (credit: homesthetics)
Ilustrasi: Palet Untuk Melukis (credit: homesthetics)

Harga Palet Lukis

Jenis Palet Lukis Harga Sebelumnya Harga Sekarang
Palet Mini Plastik Rp1.432 – Rp5.000 Rp2.000 – Rp7.000
Palet Joyko PLT-111 Rp6.100 – Rp12.000 Rp8.000
Palet Lukis Sun Plastik Rp10.000 Rp12.000
Palet VTEC Kayu Oval Ukuran S Rp11.800 Rp12.500
Palet Oval 10PO Plastik Rp10.000 Rp13.750
Palet Flower Standard 10FS Plastik Rp13.000 Rp14.000
Palet VTEC Kayu Oval Ukuran M Rp14.600 Rp14.999
Palet Mika 05MX Mini Rp15.000 Rp17.000
Palet VTEC Kayu Oval Ukuran L Rp16.000 Rp18.000
Deli Watercolor Pallet Rp20.900
Palet Flower Sedang Rp15.000 – Rp21.000 Rp27.500
Palet Oval 14PO Plastik Rp28.000 Rp29.000
Palet Lukis Worison Foldable Painting WN-2038 Rp27.000 Rp29.900
Palet Mika 05MX Sedang Rp35.000 Rp37.999
Palet Mika 05MX Lebar Rp35.000 Rp41.300
Palet Mika 05MX Lebih Lebar Rp45.000 Rp51.000
Joan Miro Kids Paint Pallete Rp58.000
Artemedia Porcelain Flower Palette 15 cm Rp135.000 Rp161.500
Mijello Pallete Fusion 18 Rp187.500 Rp235.000

Harga palet lukis di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko peralatan melukis dan situs jual beli online. Jika dibandingkan tahun 2020, harga palet lukis tahun 2021 masih belum mengalami perubahan, tetapi naik di tahun 2022. Sebagai contoh, Palet Mika 05MX Lebih Lebar yang dibanderol Rp45 ribu tahun 2020 dan 2021, naik menjadi Rp51 ribu tahun 2022. Namun, untuk memperoleh informasi lebih lengkap, Anda bisa langsung menuju toko stationery atau perlengkapan melukis terdekat.

[Almas]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.