Info Terbaru Harga Kapsul Pegagan di Apotik

Daun pegagan tidak hanya populer di bidang , tetapi juga medis. Selain bisa digunakan sebagai bahan pembuatan kosmetik maupun skincare, daun pegagan sering dimanfaatkan sebagai bahan obat tradisional. Untuk mempermudah cara mengonsumsinya, kini telah hadir produk ekstrak daun pegagan yang dikemas dalam kapsul. Tidak sulit menemukan kapsul daun pegagan di apotek, meskipun jualnya tidak bisa dibilang murah.

Pegagan segar (sumber: hnipioneer.com)
Pegagan segar (sumber: hnipioneer.com)

Secara ilmiah, daun pegagan memiliki nama Centella asiatica L. dan merupakan salah satu jenis tumbuhan liar. Tanaman liar tersebut sudah dikenal sebagai salah satu tanaman obat tradisional sejak 1884 silam. Obat tradisional sendiri adalah obat-obatan yang diolah secara tradisional dan secara turun-menurun menurut resep nenek moyang, kepercayaan, kebiasaan setempat, serta adat dan istiadat.[1]

Bacaan Lainnya

Kandungan Kapsul Pegagan

Seiring berjalannya waktu, obat pegagan tidak lagi diolah secara tradisional. Obat herbal tersebut diolah mesin-mesin canggih dan diekstrak dengan cara tertentu. Ekstrak daun pegagan yang telah diuji kelayakannya sebagai obat, lalu dikemas dalam kapsul khusus. Selain untuk menjaga kandungan ekstrak pegagan agar tidak rusak, pengemasan tersebut juga bertujuan agar obat dapat digunakan dengan cara yang lebih  praktis.

Kapsul daun pegagan sendiri diklaim memiliki banyak manfaat di bidang medis, karena kaya nutrisi. Dalam satu kapsul ekstrak daun pegagan, sudah mengandung beberapa senyawa bioaktif, seperti asiatikosida berupa glikosida. Glikosida merupakan senyawa yang banyak ditemukan pada ramuan obat tradisional dan jamu.

Selain itu, daun pegagan juga mengandung antibakteri seperti bahan aktif alkaloid, saponin, tanin, flavonoid, steroid, dan triterpenoid. Ada juga tiga golongan bioaktif pada ekstrak pegagan, yaitu triterpenoid, steroid, dan saponin sebagai antioksidan. Tanaman pegagan, pada dasarnya juga mengandung garam mineral, seperti kalium, natrium, magnesium, kalsium, dan besi, fosfor, atsiri, pektin, asam amino, vitamin B, dan pahit vellarine.[2]

Kapsul pegagan (sumber: shopee)
Kapsul pegagan (sumber: shopee)

Manfaat Kapsul Pegagan

Daun pegagan yang sudah lama dipercaya sebagai obat tradisional ini memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan mengobati berbagai macam penyakit. Penyakit-penyakit yang mampu diatasi dengan minum kapsul pegagan, yaitu diare, hepatitis, sakit gigi, demam, dan sifilis. Selain itu, kapsul daun pegagan juga diklaim mampu mengobati aneka penyakit kulit, seperti  lepra, lupus, ulser, eksim, dan psoriasis.

Bagi Anda yang memiliki gangguan terhadap rasa cemas atau sulit tidur, Anda juga bisa mengatasinya dengan minum kapsul ekstrak daun pegagan. Satu kapsul ekstrak daun pegagan mampu mengurangi rasa cemas dan membuat pikiran menjadi lebih santai, sehingga Anda tidak akan mudah merasa cemas dan bisa tidur dengan pulas.

Kapsul daun pegagan juga cocok bagi Anda yang sering kesemutan atau kram. Kesemutan dan kram diakibatkan oleh peredaran darah yang kurang lancar. Sementara itu, kandungan ekstrak daun pegagan mampu membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh secara efektif, sehingga Anda tidak akan mudah mengalami kram atau kesemutan lagi.

Dosis dan Cara Kapsul Pegagan

Untuk mendapatkan semua manfaat kapsul daun pegagan di atas, Anda perlu mengonsumsi obat herbal tersebut dengan cara dan dosis yang tepat. Kapsul daun pegagan ini, selain bisa dikonsumsi orang dewasa, juga bisa dikonsumsi anak-anak. Untuk orang dewasa, Anda bisa minum dua kapsul sebanyak dua kali dalam sehari. Untuk anak-anak, bisa mengonsumsi satu kapsul sebanyak dua kali dalam sehari.

Selain memperhatikan dosis dan takarannya, Anda juga perlu mengetahui waktu yang tepat untuk mengonsumsi kapsul daun pegagan. Minumlah kapsul satu jam sebelum makan, setelah itu minum air mineral yang banyak. Air akan membantu mempercepat proses penyerapan ekstrak daun pegagan di dalam kapsul dengan baik.

Jika Anda berminat mengonsumsi kapsul daun pegagan, Anda bisa menemukannya di apotek terdekat. Bahkan, Anda bisa membelinya melalui jasa situs dagang online. Berikut referensi harga kapsul pegagan.

Harga Kapsul Pegagan - medium.com
Harga Kapsul Pegagan – medium.com

Harga Kapsul Pegagan

Merk/Varian Kapsul Pegagan Harga
Kapsul Ekstrak Daun Pegagan Antanan Ash-Shihhah Rp15.000 per botol
Herbana Relief 30 kapsul Rp68.000 per botol
Herbamedika Kapsul Pegagan Herbal Ekstrak Daun Pegagan Rp25.000 per botol
Jamu Ekstrak Pegagan Kapsul Rp250.000 per botol
Pegagan Cap 50 S Apotek K24 Rp3.238.341 per dus

Harga kapsul pegagan di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber. Harga kapsul pegagan tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan dengan tahun 2020, harga kapsul pegagan tahun 2021 dan 2022 mengalami sedikit kenaikan. Sebagai contoh, kapsul daun pegagan Apotek K24 yang dibanderol Rp3.274.975 per dus tahun 2020, naik menjadi Rp3.238.341 per dus di tahun 2021 dan 2022.

[Update: Almas]

[1] Sutardi. 2016. Kandungan Bahan Aktif Tanaman Pegagan dan Khasiatnya untuk Meningkatkan Sistem Imun Tubuh. Jurnal Litbang Pertanian Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Yogyakarta, Vol. 35(3): 121-130.

[2] Ramadhan, Nelvita Sari. 2015. Daya Hambat Ekstrak Daun Pegagan (Centella asiatica) yang Diambil di Batusangkar terhadap Pertumbuhan Kuman Vibrio Cholerae Secara In Vitro. Jurnal Kesehatan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Padang, Vol. 4(1): 202-206.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *