Update Harga Pakan Ayam Joper per Karung

Apakah Anda pernah mendengar ayam jenis joper? Ini adalah ayam yang merupakan dari hasil persilangan antara ayam jantan kampung dengan betina petelur cokelat, yang diklaim punya kualitas lebih super daripada ayam kampung biasa. Walaupun lebih super, pemeliharaan ayam ini tetap harus diperhatikan, termasuk pemberian pakan. Untungnya, saat ini pakan ayam joper sudah tersedia bebas di pasaran, dengan harga rata-rata ratusan ribu rupiah per karung.

Ilustrasi: Pakan Ayam Joper (credit: hobbyfarms)
Ilustrasi: Pakan Ayam Joper (credit: hobbyfarms)

Dilansir dari situs Fakultas Peternakan UGM, ayam joper merupakan akronim dari Jowo Super, yang ternyata sudah eksis sejak dekade 1990-an silam. Merupakan persilangan antara ayam Jawa atau kampung dengan ayam ras jenis petelur, jenis ini dihasilkan dengan tujuan untuk perbaikan genetik sehingga memperoleh produktivitas yang lebih baik.[1]

Bacaan Lainnya

Masih menurut referensi yang sama, ayam joper muncul karena permintaan pasar akan daging ayam kampung yang kian meningkat. Dalam persilangan ini, digunakan tetua jantan ayam kampung dengan tetua betina ayam petelur karena diharapkan keturunannya mempunyai sifat ayam kampung, termasuk postur tubuh, warna bulu, panjang dan warna cakar, serta rasa dan tekstur daging.

Tetua betina ayam petelur diklaim mampu memproduksi banyak telur dan tidak mengeram, sehingga DOC (Day Old Chicken) bisa diproduksi setiap waktu. Ayam kampung super sudah mulai bertelur pada usia 150 hari dengan puncak produksi pada umur dua tahun.[2] Konsumsi pakan ayam ini pun relatif sedikit, tetapi laju pertumbuhannya lebih cepat dibandingkan ayam kampung. Jika dipelihara secara intensif, bobot ayam jantan dikatakan bisa mencapai 1.086 gram.

Baca juga  Harga Paving Block per M2 (Semua Ukuran)

Pakan untuk Ayam Joper

Meskipun kualitasnya bisa dikatakan lebih baik daripada ayam kampung, perawatan ayam joper tetap perlu diperhatikan. Hal utama yang tidak boleh disepelekan adalah pakan. Menurut keterangan Dinas Peternakan Provinsi Sumatera Barat, pakan ayam joper persis pakan ayam broiler. Pasalnya, ada beberapa fase dalam pertumbuhan ayam, yakni fase starter, fase pembesaran, dan fase finisher. Setiap masa tentu saja membutuhkan nutrisi atau vitamin sendiri sehingga kebutuhan pangannya pun berbeda.

Untuk masa starter, peternak bisa memberikan pakan starter seperti 511 untuk ayam joper. Sementara, ketika ayam sudah memasuki tahap pembesaran, tentu saja menggunakan pakan khusus pembesaran. Kebutuhan pakan ayam mulai usia 1 hingga 60 hari (2 bulan) sekitar 2 kuintal atau 4 karung pakan per 100 ekor ayam joper.

Ada beberapa jenis pakan yang dapat diberikan untuk ayam joper. Ayam joper yang masih DOC dapat diberikan pakan jadi karena lebih mudah dicerna. Alternatif lainnya adalah dedak yang sudah lazim digunakan pada ternak karena mengandung sumber energi dan asam amino yang tinggi. Namun, pemberian dedak untuk ayam joper perlu dibatasi lantaran mengandung 10,2 persen serat kasar yang lebih susah dicerna.

Baca juga  Manfaat dan Update Harga Gentle Fever (Down Foam, Hair Spray, Tone Up)

Bahan lainnya adalah onggok yang berasal dari limbah olahan singkong menjadi tepung tapioka. Kandungan metabolisme onggok cukup tinggi, yaitu sekitar 2.956 kkal per kg, tetapi pemberiannya dibatasi hanya 5 sampai 10 persen. Anda pun bisa memberikan pollard, limbah olahan gandum menjadi tepung terigu. Walau cocok, seperti onggok, pemberian pollard pun perlu dibatasi 5 sampai 10 persen saja.

Alternatif berikutnya adalah jagung, biji-bijian yang disenangi ayam dan menjadi salah satu jenis bahan pakan yang sudah digunakan sejak dahulu. Jagung mengandung banyak karbohidrat, bisa diberikan dalam bentuk utuh, giling kasar, maupun giling halus. Di Indonesia, terdapat tiga jenis jagung, yaitu jagung merah, jagung putih, dan jagung kuning. Namun, di antara jagung tersebut, jagung kuning yang mempunyai kandungan nutrisi yang paling besar, tetapi harganya memang lebih mahal.

Nah, apabila Anda berencana memelihara ayam joper di rumah dan membutuhkan pakan untuk unggas ini, tidak sulit mendapatkannya. Pasalnya, Anda sudah bisa memperoleh pakan jadi untuk ayam joper di berbagai toko ternak maupun platform e-commerce. Harga yang ditawarkan bervariasi, tergantung dan kemasan. Berikut informasi kisaran harga pakan untuk ayam joper.

Baca juga  Update Harga Pipet Tetes Plastik dan Kaca di Apotek dan Situs E-Commerce (Berbagai Ukuran)

Harga Pakan Ayam Joper

Ilustrasi memberikan makan ayam joper (sumber: Kompasiana)
Ilustrasi memberikan makan ayam joper (sumber: Kompasiana)
Varian Pakan Ayam Joper Harga
Jayper Probiotik Pakan Ternak Ayam Joper Rp44.500
New Hope Feed B-12L 50 kg Rp220.000
Farmsco F-21R 50 kg Rp291.000
New Hope Feed L-81 50 kg Rp355.000
Charoen Pokphand 511 50 kg Rp481.000

Harga pakan ayam joper di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko peternakan dan sejumlah situs jual beli online. Perlu Anda catat bahwa harga pakan ayam joper tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga pakan ayam joper tahun 2022 mengalami kenaikan. Sebagai contoh, New Hope Feed B-12L 50 kg yang dibanderol Rp200.000 tahun 2021, naik menjadi Rp220.000 tahun 2022. Selain itu, harga di masing-masing tempat bisa saja berbeda meskipun produk yang ditawarkan sama.

 

[Almas]

 

 

[1] Jacob, Cindy C., et al. 2019. Penampilan Produksi Ayam Kampung Super Melalui Penambahan Juice Daun Gedi (Abelmochus Manihot L. Medik) dalam Air Minum. Zootek, Vol. 39(2): 362-370.

[2] Salim, E. 2013. Empat Puluh Lima Hari Siap Panen Ayam Kampung Super. Yogyakarta: Lily Publisher.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.