Harga Oli Fastron Gold (Semua Varian dan Kemasan)

Pertamina mungkin selama ini lebih dikenal sebagai penyedia minyak atau BBM. Namun, tidak cuma BBM, milik negara tersebut juga merilis oli Fastron Gold yang ditujukan untuk kendaraan roda empat. Telah hadir setidaknya dalam tiga varian, yakni Fastron Gold SAE 0W-20, Fastron Gold SAE 5W-40, dan Fastron Gold SAE 5W-30, produk ini dijual dengan harga berkisar ratusan ribu rupiah per item.

Menuangkan oli Fastron Gold (facebook: PT. Pelumasindo Prima Gemilang)

Menuangkan oli Fastron Gold (facebook: PT. Pelumasindo Prima Gemilang)

Oli merupakan salah satu komponen penting bagi kelangsungan “” suatu kendaraan, tidak hanya sepeda motor, melainkan juga kendaraan roda empat atau mobil. Karena itu, oli kendaraan harus sering diganti secara rutin. Jika Anda abai terhadap komponen ini, besar kemungkinan usia kendaraan Anda akan berlangsung lebih cepat.

Fungsi Oli Mobil

  • Sebagai pelumas mesin (lubricating). Oli sebagai pelumas akan bekerja untuk meminimalkan gesekan-gesekan antar-logam (komponen mesin) sehingga gerakan mesin menjadi halus atau memiliki sedikit hambatan. Di samping itu, oli juga akan mencegah gesekan yang terlalu kasar antar-komponen mesin yang bisa merusak bagian-bagian mesin.
  • Sebagai mesin. Oli tidak hanya melindungi mesin dari gesekan antar-komponen di dalam mesin, tetapi juga melindungi mesin dari korosi atau karat. Manfaat oli di sini adalah untuk mencegah reaksi oksidasi pada komponen-komponen mesin dan menghilangkan reaksi kimiawi logam dengan panas saat pembakaran yang bisa menyebabkan korosi pada komponen.
  • Sebagai pembersih. Kotoran dapat masuk melalui sela-sela ring dan akhirnya terjadi sisa pembakaran mesin yang menghasilkan kerat. Nah, kerak atau kotoran tersebut akan dilarutkan oleh oli (pelarut kotoran) atau bercampur dengan oli yang selanjutnya dan akan dibuang bersama oli saat penggantian oli mesin.
  • Sebagai pendingin mesin. Panas yang terjadi akibat pembakaran pada ruang bakar akan merambat ke dalam mesin. Selain itu, panas akibat gesekan antar-komponen dalam mesin juga menambah suhu di dalam mesin. Oli sebagai pendingin akan mengalir pada permukaan komponen-komponen dalam mesin untuk selanjutnya membawa panas tersebut ke penampungan oli, dan panas akan dibuang bersama udara yang mengaliri tempat penampungan oli. Sebagai pendingin, oli sangat berperan besar dalam menjaga komponen mobil agar selalu memiliki performa yang baik. Ingat, panas yang terlalu tinggi (over heat) akan merusak komponen-komponen dalam mesin yang secara kimiawi dapat merusak ikatan logam dan secara fisika dapat menyebabkan pemuaian pada komponen mesin.

Untuk kendaraan roda empat atau mobil, masyarakat umumnya hanya mengenal oli mesin, yang bisa dibedakan menjadi tiga jenis berdasarkan bahan pembuatnya, yaitu oli mineral, oli semi-sintetis, dan oli sintetis. Namun, selain oli mesin, masih ada juga jenis oli lain yang biasa digunakan pada kendaraan roda empat, yakni oli transmisi, oli gardan, serta oli rem.

Ilustrasi: menuangkan oli pelumas mesin mobil (sumber: rd.com)

Ilustrasi: menuangkan oli pelumas mesin mobil (sumber: rd.com)

Review dan Varian Fastron Gold

Di pasaran, sudah ada banyak perusahaan yang meluncurkan oli untuk mobil, termasuk Pertamina. Dikutip dari situs resminya, perusahaan pelat merah ini setidaknya telah merilis 15 oli untuk mobil penumpang atau harian. Sejumlah merk yang terkenal antara lain Fastron Diesel, Fastron, Platinum, Fastron Techno, dan juga Fastron Gold.

Khusus untuk varian Fastron Gold, seperti disinggung di atas, produk ini hadir dalam tiga tipe. Tipe pertama adalah Fastron Gold SAE 0W-20, sebuah minyak pelumas mesin kendaraan yang diklaim bermutu tinggi, yang diformulasikan dari base oil sintetis dan aditif pilihan dengan tingkat unjuk kerja API tertinggi, yakni API SN dan ILSAC GF-5.

Fastron Gold SAE 0W-20 memiliki formula yang sangat seimbang untuk memenuhi spesifikasi ketak OEM Jepang yang mempersyaratkan perlindungan mesin yang andal dan peningkatan penghematan bahan bakar. Produk ini pun punya kekentalan ganda yang stabil, ketahanan yang tinggi terhadap oksidasi dan panas, tingkat penguapan pelumas yang rendah, mencegah pembentukan deposit, menjaga kebersihan mesin, serta memberikan perlindungan maksimal terhadap aus.

Kemudian, tipe kedua adalah Fastron Gold SAE 5W-40, yang disebutkan sebagai pelumas mesin kualitas premium yang diformulasikan dari bahan dasar sintetis dan aditif pilihan dengan tingkat unjuk kerja tertinggi API Service Category. Produk ini juga diklaim telah memenuhi spesifikasi ketat OEM seperti Mercedes Benz, BMW, VW, dan Porsche.

Menurut klaim perusahaan, keunggulan pelumas ini adalah punya kekentalan ganda yang stabil yang membuat mesin bekerja secara optimal, ketahanan yang tinggi terhadap oksidasi dan panas, tingkat penguapan pelumas yang rendah, mencegah pembentukan deposit pada piston, menjaga kebersihan mesin, memberikan perlindungan yang maksimal terhadap aus, serta cocok untuk bahan bakar yang mengandung sulfur tinggi.

Sementara, tipe terakhir adalah Fastron Gold SAE 5W-30, yang seperti model sebelumnya, adalah pelumas mesin kualitas premium yang diformulasikan dari bahan dasar sintetis dan aditif pilihan dengan tingkat unjuk kerja tertinggi API Service Category. Produk ini pun dikatakan telah memenuhi spesifikasi ketat OEM seperti Mercedes Benz, BMW, VW, dan Porsche.

Keunggulan Fastron Gold SAE 5W-30 antara lain memberikan akselerasi yang optimal dan memiliki kestabilan oksidasi yang baik, memiliki kestabilan terhadap shear yang sangat baik dan menggunakan aditif berkinerja tinggi, tingkat penguapan pelumas yang rendah, cocok dengan teknologi sistem emisi gas buang modern, serta mendukung penghematan bahan bakar.

Oli Fastron Gold (sumber: bukalapak)

Oli Fastron Gold (sumber: bukalapak)

Harga Fastron Gold

Tipe Fastron GoldHarga
Fastron Gold SAE 0W-201 L : Rp125.000
4 L : Rp373.000
Fastron Gold SAE 5W-401 L : Rp135.000
4 L : Rp445.000
Fastron Gold SAE 5W-301 L : Rp145.000
4 L : Rp488.000

Harga oli Fastron Gold di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah situs jual beli online. Perlu Anda ketahui bahwa harga oli Fastron Gold tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga produk ini juga bisa berbeda di masing-masing tempat. Di Shop and Drive misalnya, Fastron Gold SAE 0W-20 kapasitas 1 liter dijual dengan harga Rp117 ribuan, sedangkan harga 1 liter Fastron Gold SAE 5W-40 berkisar Rp141 ribuan.

Baca juga  Update Harga Engine Mounting Suzuki Karimun Wagon R
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Oli Fastron Gold (Semua Varian dan Kemasan)"