Harga Mobil Wuling di Pasar Otomotif Indonesia

Wuling bisa dikatakan sebagai pemain baru dalam pasar otomotif Indonesia. Tidak mengherankan jika hingga artikel ini diterbitkan, merek asal China tersebut masih memiliki dua mobil untuk pasar Tanah Air, yaitu Confero S dan Cortez, yang keduanya bermain di segmen MPV. Jika Wuling Confero dilepas dengan mulai Rp128 jutaan, maka varian Wuling Cortez ditawarkan dengan mulai Rp218 jutaan.

Tentang Wuling

Wuling merupakan mobil yang asal China yang dipasarkan di Indonesia melalui PT SGMW Motor Indonesia Co., Ltd. Ini adalah gabungan antara SAIC, GM, dan Wuling yang didirikan pada tahun 2002. Selain Wuling, tersebut juga meluncurkan kendaraan roda empat dengan brand Baojun di Negeri Tirai Bambu.

Meski tergolong baru di pasar Indonesia, merek Wuling sebenarnya sudah eksis sejak tahun 1985 silam, dengan volume produksi yang terus bertambah hingga mencapai lebih dari 13 juta di Negeri Panda. Pada tahun 2014 lalu, produksi dan SGMW meningkat menjadi 1,8 juta unit, yang membuatnya menjadi brand nomor satu dalam angka di antara brand tunggal otomotif Tiongkok lainnya selama sembilan tahun.

Mobil Wuling - www.wulingjakarta.com

Mobil Wuling - www.wulingjakarta.com

Di pasar otomotif nasional, Wuling menggelontorkan investasi dengan besaran yang tidak main-main, yaitu sekitar Rp700 juta dolar AS atau setara Rp9,34 triliun. Komposisi saham PT SGMW Motor Indonesia dikuasai SAIC, salah satu perusahaan otomotif terbesar di China dengan kepemilikan saham 50,1 persen. Baru kemudian, ada General Motors China sebesar 44 persen, dan sisanya Guangxi Automobile Group (Wuling) dengan 5,9 persen saham.

Walaupun anyar, namun pendatang baru asal China ini sudah memiliki pabrik seluas 60 hektar yang berlokasi di Greenland International Industrial Center (GIIC) Blok BA No. 1 dan 2, Sukamahi, Cikarang Pusat, Bekasi, Jawa Barat. Tiga puluh hektar digunakan sebagai pabrik, sedangkan 30 hektar lainnya digunakan untuk Supplier Park.

Selain membangun pabrik, pihak SGMW juga mendirikan sekitar 50 dealer yang tersebar di seluruh Indonesia, bersamaan dengan peluncuran produk baru mereka. Strategi ini dilakukan untuk menepis stereotip negatif, yang sudah melekat lama untuk merek China di dalam negeri, yang miskin jaringan layanan purnajual atau gerai.

Menurut Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), masuknya produsen asal China tersebut membuat persaingan di pasar otomotif dalam negeri menjadi semakin menarik. Perlu diketahui, saat ini pabrikan asal Jepang masih mendominasi pasar domestik, disusul beberapa merek asal Eropa. Selain Wuling, merek asal China lainnya bernama Sokon juga dikabarkan akan mengaspal di Tanah Air.

Mobil Wuling di Indonesia

Saat ini, Wuling sudah menelurkan dua produk kendaraan roda empat untuk pasar Tanah Air, yaitu Confero S dan juga Cortez. Kedua mobil tersebut hadir di segmen MPV, segmen yang sangat laris di pasar Indonesia, dan berduel langsung dengan beberapa produk yang sudah terlebih dahulu populer, seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, hingga mobil-mobil LCGC.

Untuk model Confero S, kendaraan ini pertama kali mengaspal di jalanan Tanah Air pada pertengahan Mei 2017 lalu. Bermain di segmen Low MPV, Confero S dihadirkan untuk menantang mobil-mobil buatan Negeri Matahari Terbit, seperti Toyota Avanza, Honda Mobilio, Daihatsu Xenia, dan juga Suzuki Ertiga, yang sudah bermain lama di dalam negeri.

Mobil Wuling - finansial.bisnis.com

Mobil Wuling - finansial.bisnis.com

Secara tampilan, Confero S memiliki yang sedikit bongsor, layaknya MPV buatan Jepang. Menawarkan bentuk yang cukup simpel, mobil ini telah dibekali dengan headlamp tipe Adjustable Projector headlight, lampu kabut dengan fitur Daytime Running Light, handle door chrome, side skirts dengan gaya Luxury Side Body Moulding, hingga lampu spoiler belakang dengan LED.

Untuk sektor interior, Confero S hadir dengan kabin yang cukup elegan. Dashboard menawarkan fitur yang cukup lengkap, termasuk layar sentuh berukuran 8 inci untuk hiburan dan sudah terintegrasi dengan USB dan Bluetooth. Di bawah layar sentuh, terdapat sistem kendali AC canggih, selain Charging Port dengan fasilitas Mirror Link.

Beralih ke bagian jantung pacu, Wuling Confero S menggendong empat silinder segaris, DOHC, DVVT, berkapasitas 1.495cc. Dengan modal tersebut, kendaraan ini diklaim mampu menyemburkan tenaga maksimal 107 HP pada putaran 5.800 rpm dan mencapai torsi puncak di angka 142 Nm pada putaran 3.800 sampai 4.400 rpm.

Model kedua adalah Wuling Cortez yang baru saja diluncurkan untuk pasar Tanah Air pada tanggal 8 Februari 2018. Mengusung konsep The New Choice of MPV, Wuling Cortez dideskripsikan sebagai pilihan baru bagi Indonesia yang dilengkapi dengan stylish LED headlamp dengan Auto Lamp, Sporty 16 inch Two Tone Alloy Wheel, Dynamic Fog Lamp & DRL Design, serta fitur-fitur berkelas di segmennya.

Di Indonesia sendiri, Wuling Cortez hadir dalam dua varian, yaitu Cortez Tipe C dan Cortez Tipe L. Meski tipenya berbeda, namun untuk umum tetap sama, yaitu membawa mesin DOHC, empat silinder segaris, VVT-i, berkapasitas 1.798cc, yang mampu menyemburkan tenaga maksimal 129 HP pada putaran 5.600 rpm dan mencapai torsi 174 Nm pada putaran 3.600 rpm sampai 4.600 rpm.

Harga Mobil Wuling

Wuling Confero saat ini hadir dalam tiga varian, yaitu Standard, Confero S Tipe C, dan Confero S Tipe L. Sementara, Wuling Cortez, seperti diutarakan sebelumnya, sekarang hadir dalam dua varian, yaitu Tipe C dan Tipe L. Berikut kami sampaikan informasi terbaru harga mobil Wuling untuk pasar Tanah Air.

Tipe Mobil WulingHarga (Rp)
Confero Standard128.800.000
Confero S Tipe C150.900.000
Confero S Tipe C LUX152.900.000
Confero S Tipe C LUX Plus153.900.000
Confero S Tipe L162.900.000
Confero S Tipe L LUX164.900.000
Confero S Tipe L LUX Plus165.900.000
Cortez Tipe C MT218.000.000
Cortez Tipe C AT228.000.000
Cortez Tipe C MT LUX233.000.000
Cortez Tipe C MT LUX Plus254.000.000
Cortez Tipe L AT264.000.000

Daftar harga di atas adalah harga on the road untuk wilayah DKI Jakarta. Untuk wilayah atau kota-kota lain, harga mobil Wuling mungkin bisa berbeda.

Baca juga  Update Harga Truk Tata LPT 913 EX2 Terbaru
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Mobil Wuling di Pasar Otomotif Indonesia"