Harga Mille Crepes (Slice dan Loyang)

Saat ini, sebagian masyarakat digandrungi dengan dessert yang diklaim asal Prancis, dikenal dengan nama mille crepes. Memiliki tampilan yang serupa dengan crepes, mille crepes hadir dengan isian dan topping yang bervariasi. Ada yang menjual mille crepes per potong, ada pula yang menjualnya per dengan harga mulai puluhan ribu rupiah.

Mille Crepes (sumber: Pintrest)
Mille Crepes (sumber: Pintrest)

Apa Itu Mille Crepes?

Dikutip dari Master Class, mille crepes merupakan kue asal Prancis yang terdiri dari lapisan krep tipis dan olesan krim. Mille crepes berasal dari frasa “mille-feuilles” yang berarti “a thousand leaves”, mengacu pada satu dessert Prancis, terbuat dari potongan kue kering dan isian krim. Thousand atau seribu sendiri mengarah pada lapisan kue, meski jumlah lapisannya tidak sampai seribu.

Bacaan Lainnya

Walaupun banyak yang mengklaim mille crepes berasal dari Prancis, tetapi ada pula sumber yang menyebutkan jajanan ini berasal dari Jepang. Dikisahkan, mille crepes dibuat pertama kali oleh koki Jepang bernama Emy Wada sekitar tahun 1985. Dia membuka restorannya sendiri bernama Paper Moon Cafes di Tokyo dan menjadikan kue Original Mille Crepe sebagai signature menu pada tahun yang sama.

Penemuan mille crepes ini pun mulanya tak sengaja. Crepes terlalu tipis sehingga cenderung mudah kering. Untuk mengakali hal tersebut, Emy kemudian menumpuknya dengan isian krim berbeda guna mempertahankan tekstur crepes yang lembut. Dia menyusun 20 lembar crepe yang ditumpuk sedemikian rupa dengan olesan krim di setiap layer. Bisa jadi Emy Wada merujuk pada Crepes Suzette, crepe klasik Prancis yang kerap disajikan bersama es krim, -buahan, dan saus legit.

Proses pembuatan mille crepes cukup unik. Sebab, sajian penutup bercita rasa manis ini dibuat tanpa menggunakan oven maupun kukusan. Alat yang digunakan hanya pan, bentuknya lebih besar dari loyang biasa. Sementara itu, isian mille crepes beragam, ada yang menggunakan buttercream, whipped cream, atau cream cheese. Isi mille crepes ini juga bisa ditambahkan dengan bahan lainnya, seperti cokelat, selai, atau buah-buahan.

Ciri Khas Mille Crepes

  • Berupa tumpukan lembaran crepe tipis.
  • Setiap lapisan crepe akan diolesi krim, lalu ditumpuk dengan crepes lainnya.
  • Mille crepe orisinal buatan Emy Wada memakai kurang lebih 20 crepes dan pada bagian atas ditutupi dengan crust keemasan atau karamelisasi. Walau begitu, kini varian mille crepes lebih beragam.

Ada banyak resep mille crepes yang mudah Anda temukan di internet. Cara membuat mille crepes tergolong mudah dan tingkat keberhasilannya tinggi (antigagal). Namun, Anda butuh kesabaran untuk membuat mille crepes karena proses masaknya yang dapat berulang kali.

Cara Membuat Mille Crepes

  • Anda bisa menyiapkan sejumlah bahan mille crepes, seperti 1 butir telur ukuran besar, 240 ml susu, 4 sendok makan gula, 3 sendok makan bubuk kakao tanpa pemanis (bisa ganti 2 sdm Milo bubuk), 118 gram tepung terigu serbaguna, whipped cream, selai, dan cokelat yang dicairkan.
  • Setelah semua bahan siap, Anda dapat merebus susu dan gula sampai gula larut dengan suhu hangat kuku (jangan sampai mendidih).
  • Kocok telur dalam mangkuk dan campur dalam campuran susu dan gula sedikit demi sedikit.
  • Ayak bubuk kakao atau Milo dan tepung, aduk rata dengan campuran susu, gula, dan telur. Setelah itu, biarkan adonan disimpan di lemari es selama dua jam.
  • Jika sudah dua jam, panaskan anti lengket. Selain itu, siapkan pula sendok sayur untuk menuang adonan dan spatula untuk membaliknya agar tidak mudah sobek.
  • Tuang adonan tipis-tipis, masak sampai dua sisi crepes matang. Sesuaikan waktu memasak karena pan akan semakin panas jika dipakai membuat crepes terus-menerus, sehingga Anda perlu mempercepat waktu masak atau memakai api kecil saat mengolah crepes.
  • Dinginkan crepes secara terpisah. Sebelum disusun, sebaiknya dinginkan crepes terlebih dulu. Pasalnya, tekstur mille crepes bakal lembek jika langsung ditumpuk saat masih panas.
  • Siapkan whipped cream atau krim kocok. Bentangkan crepes, oleskan krim, lalu tumpuk dengan crepes lainnya. Hindari mengoleskan krim secara berlebihan karena akan membuat crepes bergeser. Jika menggunakan krim kocok, beri tambahan gelatin untuk membuatnya tetap stabil. Ulangi proses ini sampai crepes disusun habis.
  • Beri topping, bisa berupa selai cokelat, cokelat dicairkan, atau bubuk Milo, sesuai selera.

Apabila Anda tak cukup banyak waktu untuk membuat mille crepes sendiri di rumah, tak ada salahnya membeli sendiri di toko kue atau mall. Anda pun dapat dengan mudah membelinya secara online dengan harga bervariasi. Berikut kisaran harga mille crepes di pasaran dalam negeri.

Mille Crepe Blommery (sumber: mokapos.com)
Mille Crepe Blommery (sumber: mokapos.com)

Harga Mille Crepes

Varian Mille CrepesHarga
Red Velvet Mille Crepe Arethacake Tamansari TasikmalayaRp16.200 per slice
Rp200.000 per loyang
Mille Crepe MYFASRp27.000 – Rp30.000 per slice
Rp225.000 per loyang
Sinok Food & Mille Crepes KarawangRp29.000 per slice
Rp225.000 per loyang
The Eko’s Kitchen Mille Crepes MalangRp29.000 – Rp35.000 per slice
Mille Crepe BloomeryRp31.000 – Rp34.000 per slice
Rp310.000 – Rp325.000 per loyang
Mille Crepe Delchi PatisserieRp32.000 per slice
Rp125.000 – Rp360.000 per loyang
Mille Crepe Fluppy Cake SukarameRp70.000 – Rp75.000 per loyang
French Vanilla Mille Crepes (20 cm)Rp396.000 per loyang

Informasi harga mille crepes di atas telah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk layanan pesan antar. Perlu diingat, harga tersebut tidak terikat karena dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pihak penjual. Untuk info lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi toko kue terdekat atau memesannya secara online lewat marketplace terpercaya.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *