Update Harga Obat Ikan Methylene Blue (Cair dan Serbuk)

Hal terpenting yang perlu diperhatikan dalam membudidayakan ikan yakni kualitas air kolam. Pasalnya, ikan dapat mudah terserang berbagai penyakit seperti white spot yang mudah menularkan pada spesies lainnya, sehingga menyebabkan banyak benih berumur 1-2 bulan mati.[1] Untung saja, berbagai produk anti white spot sudah banyak dijumpai di toko akuarium. Produk tersebut biasanya terdiri atas senyawa kimia seperti methylene blue yang dijual dengan harga bervariasi, tergantung merk.

Cairan methylene blue (sumber: 3lfish.com)
Cairan methylene blue (sumber: 3lfish.com)

Seperti namanya, methylene blue atau metilen biru berbentuk cair dan padat dengan warna biru. Warna biru pada metil-biru adalah sejenis pewarna thiazine yang dapat berfungsi sebagai bakterisida dan fungisida. Methylene blue cukup efektif digunakan dalam proses pengobatan Ichthyopthirius (white spot) dan jamur pada beberapa jenis ikan seperti cupang. Beberapa penyakit ikan lainnya yang dapat disembuhkan dengan methylene blue yaitu penyakit aeromonas, penyakit dropsy, dan penyakit cloudy eye. Methylene blue juga efektif terhadap cacing kulit dan insang, ick, velvet, jamur, serta banyak parasit eksternal dan infeksi bakteri lainnya.

Bacaan Lainnya

Cara Kerja Methylene Blue

Pewarna thiazine tersebut sangat kuat menempel atau melekat pada organisme atau benda apa saja. Warna biru pada larutan methylene blue akan menempel pada sel bakteri dan jamur pada ikan. Akibatnya, metabolisme sel bakteri dan jamur akan terhambat dan mati. Setelah menggunakan obat tersebut, ada baiknya Anda membersihkan dinding kolam dan peralatan akuarium karena methylene blue dapat menempel secara permanen di sekitarnya.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Methylene blue juga dapat mengobati keracunan akibat nitrit yang dapat menyebabkan ikan sulit bernapas, insang berubah menjadi gelap (kecokelatan), dan kondisi insang yang bergerak cepat. Ikan berwarna kemerahan atau ungu akibat amonia juga dapat diatasi dengan pemberian methylene blue. Senyawa ini sangat aman digunakan, bahkan untuk banyak invertebrata.

Efek samping positif dari methylene blue adalah kemampuannya untuk meningkatkan hemoglobin (sel pembawa oksigen) dengan mengubah methemoglobin. Tak heran jika metilen biru dapat digunakan untuk mengobati keracunan sianida dan kerap dipakai untuk mencegah serangan jamur pada telur ikan. Meski begitu, pemakaiannya di dekat anak-anak harus dihindari karena dapat menyebabkan mual, muntah, sakit perut, kesulitan bernapas, hingga demam apabila terminum.

Ilustrasi: Menggobati Luka Ikan Dengan Methylene Blue (youtube.com @lukesgoldies)
Ilustrasi: Menggobati Luka Ikan Dengan Methylene Blue (youtube.com @lukesgoldies)

Methylene Blue

Metil-biru biasanya tersedia di pasaran dengan konsentrasi 1-2 persen, selain tersedia pula dalam bentuk serbuk. Untuk infeksi bakteri, jamur, dan protozoa dosis yang disarankan yakni sebanyak 2 ml larutan dengan konsentrasi 1 persen per 10 liter air. Sementara, untuk mencegah serangan jamur pada telur koi, dosis yang dianjurkan adalah 2 mg per liter. Pemberian methylene blue melebihi dosis yang diberikan akan meracuni ikan, terutama bagi ikan yang baru pertama kali merasakan obat biru tersebut.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Anda dapat meneteskan sedikit demi sedikit larutan pada bak pemijahan sampai air berwarna biru jernih (air masih tembus pandang). Perlu diingat, Anda cukup melakukannya sekali saja hingga warna terdegradasi secara alami. Setelah larut, Anda dapat memasukkan ikan yang terinfeksi ke dalam larutan tersebut. Diamkan ikan selama dua hari di dalam larutan tersebut dan amati perkembangannya. Apabila ikan sudah terlihat lincah, pengobatan dapat dihentikan.

Mengenai harganya, pada 2021, metilen biru Vivian 100 ml dijual berkisar Rp5.000. Kemudian pada 2022 lalu, harga produk ini naik menjadi Rp9.500 per kemasan. Berikut info perbandingan harga methylene blue yang berlaku antara tahun lalu dan saat ini di pasaran.

Harga Methylene Blue

Produk obat ikan Methylene Blue (sumber: biognost.com)
Produk obat ikan Methylene Blue (sumber: biognost.com)
Merk Methylene Blue Harga Sebelumnya Harga Sekarang
Metilen Biru Sakkai Pro 100 ml Rp6.500 Rp6.500
Metilen Biru Vivian 100 ml Rp9.500 Rp9.500
Metilen Biru Blitz 100 ml Rp15.000 Rp15.000
Metilen Biru Pudak 1 gr Rp29.500 Rp29.500
Metilen Biru Mitra Wacana Media 100 ml Rp47.000 Rp47.000
Metilen Biru Arkitos Chemical 100 ml Rp50.500 Rp50.000
Metilen Biru Topaz Chemical India 500 ml Rp107.000 Rp107.000
Metilen Biru Loba Chemie 4645 100 gr Rp107.000 Rp107.000
Metilen Biru Pudak 25 gr Rp250.000 Rp250.000
Metilen Biru Merck 25 gr Rp250.000 Rp250.000
Metilen Biru Aquatic Rp256.000 Rp250.000
Methylene Blue C16H18N3SCl 25 gr Rp250.000 Rp325.000
Metilen Biru Merck 10 gr Rp1.150.000 Rp1.042.290
Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Informasi harga obat ikan methylene blue di atas telah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs online. Berdasarkan tabel tersebut, harga methylene blue di pasaran saat ini terpantau fluktuatif. Meski begitu, harga produk ini tidak terikat karena bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pihak penjual.

Selain dalam bentuk cair, metilen biru juga hadir dalam serbuk yang dijual seharga Rp2,87 jutaan per 25 gr, naik dari tahun lalu yang dibanderol Rp1,25 juta per 25 gr. Namun, harga tersebut tidak dapat dijadikan patokan, lantaran di setiap tempat berbeda-beda. Selain di toko aquarium, Anda juga dapat membelinya secara online dengan harga bersaing.

[: Ditta]

[1] Suryana, Dayat. 2013. Ternak Ikan Patin: Budidaya Ikan. Jakarta: CreateSpace Independent Publishing Platform, hlm. 69.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *