Daftar Harga Meteran Air PDAM Standard SNI

No comment74 views

Jika Anda berlangganan air melalui PAM atau PDAM, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan meteran air. Ini adalah yang digunakan untuk mengukur atau mengetahui penggunaan air. Tersedia dalam beragam merk, bahan, bahkan (analog dan ), meteran air ini bisa Anda di pasaran dengan mudah. Harganya pun bervariasi, mulai puluhan ribu rupiah per unit.

Dilansir dari Wikipedia, meteran air atau water metering dikatakan sebagai alat untuk mengukur penggunaan air. Sementara itu, menurut SNI 2547:2008, meteran air adalah alat untuk mengukur banyaknya aliran air secara terus-menerus melalui sistem kerja peralatan yang dilengkapi dengan unit sensor, unit penghitung, dan unit indikator pengukur untuk menyatakan volume air yang lewat.

Meteran Air PDAM - www.bukalapak.com

Meteran Air PDAM - www.bukalapak.com

Meteran air digunakan PAM atau PDAM, salah satunya memang untuk memonitor penggunaan air pelanggan mereka. Meter air ini punya fungsi yang sangat vital bagi keberlangsungan operasional suatu perusahaan air minum atau PAM. Hasil pencatatan dari meter air akan menentukan tagihan rekening pelanggan, sehinga perusahaan bisa membiayai belanja pegawai, mengembalikan investasi, pajak, dan keuntungan (Nababan, 2013).

Alat ini sendiri memiliki beberapa manfaat, seperti memastikan kepada pelanggan mengenai biaya yang dikenakan sesuai dengan proporsi air yang dikonsumsi, sistem untuk menunjukkan proses akuntabilitas, merekam setiap penggunaan air sehingga bersifat adil, mampu mendorong pelanggan untuk melakukan penghematan air terutama jika dibandingkan tingkat tarif, sebagai sistem utilitas yang mampu memantau volume air yang keluar, serta membantu mendeteksi kebocoran dan pipa yang patah dalam distribusi air bersih.

Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman Balitbang Kementerian Pekerjaan Umum dalam sebuah modul yang rilis 2014 lalu menuturkan, meter air adalah salah satu jenis alat ukur volume air minum pada jaringan perpipaan untuk melayani pemakai baik perorangan ataupun kelompok, dengan memperhatikan aspek teknis dan non-teknis, sehingga masyakat dapat dengan mudah memperoleh air dengan tertentu, kualitas sesuai persyaratan air minum bagi kesehatan. Aspek non-teknis diperlukan dalam operasi dan perawatan meter air yaitu dapat dibaca oleh petugas ataupun masyarakat sendiri, sehingga mudah mengetahui pemakaian air dengan pasti.

Sesuai dengan maksud tersebut, meter air harus mempunyai spesifikasi tertentu, khususnya mengenai keakuratan pengukurannya serta dimensi dari meter air yang sesuai dengan keperluan pelayanan air minum dan dapat dipasang dengan mudah pada jaringan perpipaan. Beberapa persyaratan utama yang harus dimiliki sebuah meter air adalah sebagai berikut.

Syarat Meteran Air

  • Meter air harus dibuat dari bahan yang mempunyai kekuatan yang baik tahan lama dan mempunyai umur pakai yang lama.
  • Bahan meter air tidak boleh terpengaruh oleh temperature air.
  • Semua bagian meter air yang bersentuhan dengan air yang mengalir harus dibuat dari tidak beracun.
  • Untuk meter air Q3 < 15 M3/jam, material untuk meter air (badan, kepala/ring, kopling, kopling ring) jika dibuat dari bahan kuningan, harus mengandung Cu > 63%, Zn < 33 % , Pb < 3 % atau jika dibuat dari bahan plastik harus dilengkapi dengan bahan anti ultraviolet, dikombinasikan dengan plat logam di dalamnya.
  • Meter air harus dibuat dari bahan yang tahan korosi baik internal maupun eksternal atau dilindungi dengan pelapis yang sesuai dengan bahan yang tahan terhadap korosi.
  • Alat penunjuk meter air harus dilindungi dengan jendela tembus pandang dari bahan kaca dan dilengkapi dengan penutup atau pengaman.
  • Meter air harus dilengkapi dengan anti magnet dan harus ditempatkan pada bagian yang kedap air atau dibungkus/dilindungi secara menyeluruh kedap air.
  • Meter air dirancang sedemikian rupa sehingga dapat dibongkar pasang antara inner dan rumah meter air untuk keperluan perbaikan.
  • Meter air harus memenuhi persyaratan daya tahan terhadap Q3, Q4, dan layanan simulasi.
  • Meter air yang dibuat tidak dapat dipengaruhi kekuatan magnet sampai 2.500 Gauss pada aliran Q1 tanpa melampaui batas kesalahan pengukuran pada batas maksimum.

Secara umum, meteran air memiliki tiga komponen utama, yaitu bagian register, rangkaian roda gigi atau gear, dan bagian pengukur atau measuring chamber. Sementara, untuk bagian display, terdiri atas tipe meter (jenis meter yang menjadi pembuatan meteran itu, apakah multi-jet atau single-jet), nominal flow rate atau Qn (debit acuan tingkat kemampuan ukur meteran air), serta metrology class (klarifikasi kelas meter berdasarkan nilai akurasi).

Untuk melakukan pembacaan air atau kegiatan membaca indeks meter air yang terlihat pada register, dapat dilakukan dalam dua cara. Cara pertama adalah pembacaan manual, yakni meteran langsung dibaca secara manual dengan melihat langsung di lokasi meteran air. Cara kedua adalah pembacaan otomatis, yakini meteran air dibaca dengan menggunakan bantuan alat dan meteran tidak langsung didatangi di lokasi.

Tidak sulit menemukan meteran air, karena ini sudah dijual bebas di pasaran. Ada beragam merk meteran air yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan, demikian juga model dan bahannya. Nah, bagi Anda yang saat ini membutuhkan meteran air untuk PAM atau PDAM, berikut kami sampaikan informasi terbarunya.

Meteran Air PDAM - teesdalediscovery.com

Meteran Air PDAM - teesdalediscovery.com

Harga Meteran Air PDAM

/Tipe Meteran AirKisaran Harga 
IMD Meteran Air PVC SNIRp85.000 – Rp90.000
AMNB Meteran Air PVC SNIRp90.000 – Rp115.000
MIAMI Meteran Air Besi SNIRp100.000 – Rp140.000
CAIMAN Meteran Air Besi SNIRp104.900
NANKAI Meteran Air Besi SNIRp114.000 – Rp139.000
AMNB Meteran Air Besi SNIRp120.000 – Rp130.000
BARINDO Meteran Air Plastik SNIRp210.000 – Rp299.000
BARINO MD250 Meteran Air Kuningan SNIRp265.000 – Rp350.000
MEGLIO Meteran Air Besi SNIRp279.000
AMICO Meteran Air Kuningan SNIRp320.000
BR 25A Meteran Air SNIRp725.000
ONDA Meteran Air Besi SNIRp750.000 

Daftar harga meteran air di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online di Indonesia. Harga meteran air tersebut tidak mengikat dan bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa mengunjungi perabotan di sekitar domisili Anda.

 

Baca juga  Update Biaya Daftar Haji Reguler dan ONH Plus

Referensi:

Badan Standardisasi Nasional. SNI 2547:2008 Spesifikasi Meter Air, Pub. L. No. 95/KEP/BSN/9/2008. Indonesia.

Nababan, D. 2013. Kajian Yuridis terhadap Tera Meter Konsumen Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Ditinjau dari Perspektif Perlindungan Konsumen. Jurnal Nestor Magister Hukum 2 (4). 

Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman Balitbang Kementerian Pekerjaan Umum. 2014. Spesifikasi Meter Air. Bandung: PUSKIM.

loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Daftar Harga Meteran Air PDAM Standard SNI"