Update Daftar Mobil MPV Bekas Berkualitas Harga Murah

atau Multi Purpose Vehicle merupakan mobil yang difungsikan untuk mengangkut dengan dimensi dan ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan mobil sedan. Mobil ini pertama kali diciptakan di Perancis pada tahun 1987 lewat kehadiran Renault Espace. Saat itu, mobil ini merupakan suatu kemajuan yang besar karena mampu mengangkut penumpang dengan lebih banyak.

Di sendiri, geliat mobil MPV pertama kali tampak pada awal era 1990-an. Saat itu, Toyota Kijang menjadi MPV yang paling diminati masyarakat Tanah Air. asal Jepang ini sendiri menggendong berkapasitas 1,8 liter yang mampu meletupkan tenaga 82 PS dan 1,5 liter dengan daya 66 PS yang dikenal bandel dan cocok untuk kondisi jalanan Indonesia.

MPV, kendaraan, mesin, bekas, harga, murah, mobil, Toyota, Daihatsu, Isuzu, Chevrolet, Hyundai, desain, interior, Nissan, Suzuki

Kunci terpasang, mobil siap dinyalakan

Kemudian, Isuzu menghadirkan MPV bernama Isuzu Panther yang menggendong mesin diesel. Kendaraan MPV ini juga cukup laris di domestik karena dikenal sangat irit bahan bakar, meski membawa mesin berkapasitas besar, yaitu 2.300cc, OHV yang mampu menyemburkan tenaga maksimal di kisaran 63 PS.

Setelah itu, Daihatsu tidak mau ketinggalan dengan merilis Daihatsu Zebra Espass pada tahun 1994 untuk menggantikan model Daihatsu Zebra. Daihatsu membekali Zebra Espass dengan mesin berkapasitas 1.600cc. Kala itu, dengan tenaga 88 PS, mobil ini mengungguli para rival di kelas yang sama. Selain itu, perusahaan juga sempat merilis yang lebih irit dengan mesin berkapasitas 1.300cc (75 PS).

Namun, di antara para kompetitor, Suzuki mungkin bisa dibilang yang paling cocok dengan daya beli masyarakat di Indonesia. Selain dikenal memiliki yang terjangkau, kendaraan yang juga berasal dari Negeri Matahari Terbit itu memiliki biaya perawatan dan konsumsi BBM yang paling murah di kelasnya. Suzuki sendiri hadir dalam tiga opsi mesin, yaitu 1.500cc (80 PS), 1.300cc (72 PS), dan 1.000cc (52 PS).

Di era milenium ketiga, ada beberapa mobil MPV yang sekarang sangat populer di Tanah Air. Nama pertama adalah Toyota Avanza. Mobil ini sangat diminati karena mengusung model yang sederhana dan memiliki harga yang cukup terjangkau. yang elegan dan tidak terlalu besar membuatnya digandrungi konsumen pria dan wanita.

Selain itu, ada juga Kijang Innova yang juga dirilis Toyota. Generasi kelima dari Toyota Kijang ini memiliki desain eksterior yang cukup stylish dan elegan. Innova sendiri setidaknya telah hadir dalam enam varian, tergolong hemat bahan bakar, serta memiliki desain yang modern didukung AC dengan triple blower.

Mobil MPV populer lainnya adalah Nissan Grand Livina. Meski terlihat mungil dari sisi luar, tetapi kendaraan ini memiliki kabin yang cukup luas dan nyaman. Di bagian jantung pacu, kendaraan ini telah dibekali dengan mesin jenis HR15DE dengan dual injector dan Twin VTC, yang mampu menghasilkan kombinasi optimal antara performa mesin dan efisiensi bahan bakar.

Nah, bagi Anda yang saat ini membutuhkan kendaraan MPV, namun memiliki bujet yang terbatas, tidak perlu khawatir. Pasalnya, ada beberapa kendaraan MPV bekas yang dijual dengan harga murah namun memiliki kualitas mumpuni. Berikut beberapa MPV bekas berkualitas yang dijual dengan harga murah yang beredar di pasaran Indonesia.

Harga Toyota Avanza Bekas

Toyota Avanza keluaran tahun 2015 (sumber: drivearabia.com)

Ini adalah salah satu varian MPV yang sangat populer di Indonesia, bahkan dikenal sebagai ‘kendaraan sejuta umat’. Jika Anda sering bepergian, Anda akan sering menjumpai kendaraan ini berkeliaran di jalan raya. Bahkan, Toyota Avanza telah menjadi senjata utama banyak rental mobil untuk mendapatkan penghasilan dari konsumen.

Sebenarnya, Toyota masih memasarkan produk baru kendaraan ini di pasar Indonesia. Menurut situs resminya, Avanza sekarang dijual dengan harga mulai Rp191,1 jutaan untuk varian terendah hingga Rp221,250 juta untuk varian tertinggi. Namun, jika Anda menginginkan produk bekasnya, harganya di pasaran sekarang mulai Rp65.000.000 per unit.

Harga Suzuki Ertiga Bekas

Suzuki Ertiga hitam (sumber: suzuki.cl)

Suzuki Ertiga merupakan kendaraan yang memadukan konsep MPV dengan sedan yang pertama kali diluncurkan di Indonesia pada tahun 2012 lalu. Setelah itu, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memberikan facelift ringan pada Ertiga di tahun 2015, dengan nama baru, New Suzuki Ertiga. Lewat Ertiga versi facelift ini, Suzuki mencoba untuk tetap mempertahankan posisi Suzuki Ertiga sebagai salah satu mobil low MPV pilihan keluarga Indonesia. Sebelumnya, kendaraan ini mampu masuk dalam 10 besar mobil terlaris selama semester kedua 2015 dengan terjual sebanyak 3.656 unit.

Seperti Toyota Avanza, Ertiga model terbaru juga masih dipasarkan Suzuki hingga sekarang. Di dalam situs resminya, kendaraan ini dijual dengan harga berkisar Rp193 juta sampai Rp238,5 jutaan, tergantung tipe. Sementara, produk bekas Suzuki Ertiga saat ini ditawarkan dengan harga mulai Rp95.000.000 untuk model keluaran tahun 2012.

Harga Toyota Kijang Kapsul Bekas

Toyota Kijang LSX/Kapsul (sumber: rimscenter.net)

Jika varian mobil di atas dirasa masih terlalu mahal, Anda bisa melirik Toyota Kijang Kapsul. Mobil ini pertama kali menyapa publik otomotif Indonesia pada tahun 1997 silam, dengan dua jenis bodi, yaitu MPV dan pick-up. Khusus untuk model MPV, kendaraan ini terbagi menjadi dua jenis wheelbase dan tiap wheelbase memiliki beberapa varian. Untuk model dengan wheelbase pendek terdiri dari varian SX, SSX, SGX, dan Rangga. Sementara, model dengan wheelbase panjang terdiri dari LX< LSX, LGX, dan Krista.

Di situs jual beli online, Kijang Kapsul keluaran tahun 1997 sekarang ditawarkan dengan harga mulai Rp30 jutaan. Sementara, model yang paling baru, yang dirilis pada pertengahan 2000-an, sekarang ditawarkan di kisaran harga tertinggi Rp140 jutaan. Harga Kijang Kapsul tergantung dari kondisi masing-masing mobil.

Harga Hyundai Trajet Bekas

Hyundai Trajet (sumber: parkers.co.uk)

Selain Kijang Kapsul, Hyundai Trajet juga layak dipertimbangkan mereka yang sedang mencari mobil MPV bekas. Pasalnya, mobil ini terkenal tangguh dengan mesin berkapasitas 2.000cc, 4 silinder segaris, injeksi, dan transmisi manual lima percepatan. Jika berminat mendapatkan produk bekas mobil ini, konsumen hanya perlu merogoh kocek mulai Rp26.500.000 untuk model yang meluncur 2001 hingga Rp90 jutaan untuk varian yang dirilis tahun 2008.

Harga Isuzu Panther Bekas

Isuzu Panther - (Sumber: flickr.com)

Isuzu Panther - (Sumber: flickr.com)

Seperti dijelaskan sebelumnya, Isuzu Panther merupakan salah satu kendaraan MPV lawas yang cukup laris di pasaran Indonesia. Hadir pertama kali pada tahun 1991 silam, Isuzu Panther setidaknya telah muncul dalam empat generasi. Generasi pertama rilis hingga 1996, disusul generasi kedua di rentang 1996-2000, generasi ketiga di 2000-2005, generasi keempat di tahun 2005 hingga saat ini.

Mengusung mesin jenis diesel, Isuzu Panther dikenal sebagai kendaraan yang bandel. Di samping itu, mobil ini juga disukai karena irit bahan bakar meski membawa mesin berkapasitas besar (2.238cc di generasi pertama, 2.500cc di generasi kedua dan ketiga). Di pasaran, produk bekas Isuzu Panther sekarang ditawarkan dengan harga mulai Rp27.200.000 sampai Rp150.000.000, tergantung kondisi mobil. 

Baca juga  Update Harga Suzuki Baleno Baru dan Bekas
loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Update Daftar Mobil MPV Bekas Berkualitas Harga Murah"