Update Harga Mesin Potong Aluminium Makita (Semua Tipe)

Apabila Anda hendak memotong material aluminium, tentu saja Anda disarankan untuk mesin potong yang memang khusus untuk bahan tersebut. Untung saja, saat ini sudah banyak produsen yang merilis ini, salah satunya Makita. Sudah hadir di berbagai toko teknik hingga situs jual beli online, mesin potong aluminium buatan Makita saat ini berada di kisaran jutaan rupiah per unit.

Ilustrasi: proses pemotongan aluminium (sumber: shopmancini.com)
Ilustrasi: proses pemotongan aluminium (sumber: shopmancini.com)

Anda mungkin sudah sangat familiar dengan material aluminium. Aluminium adalah logam ringan yang memiliki sifat tahan terhadap korosi dan sebagai penghantar listrik yang baik.[1] Tidak hanya itu, bahan aluminium diklaim cukup kuat dan memiliki ketahanan yang cukup baik terhadap penurunan suhu, sehingga membuatnya dapat dikombinasikan dengan jenis logam yang lain.

Bacaan Lainnya

Saat ini, setidaknya dikenal dua klasifikasi aluminium. Yang pertama adalah aluminium murni, yakni aluminium 99 persen tanpa tambahan logam paduan apapun dan dicetak dalam keadaan biasa. Sementara, yang kedua adalah aluminium paduan, dengan elemen paduan yang umum digunakan adalah silikon, magnesium, tembaga, seng, mangan, atau lithium. Paduan aluminium silikon dan mangan merupakan logam yang banyak digunakan dalam perencanaan mesin.[2]

Baca juga  Info Harga Mutiara Hitam & Cara Membedakannya dengan yang Imitasi

Varian Mesin Potong Aluminium Makita

Untuk memanfaatkan bahan aluminium ini, tentunya tidak bisa digunakan begitu saja. Aluminium juga perlu dipotong sesuai dengan bentuk yang dibutuhkan. Nah, untuk tujuan tersebut, alih-alih menggunakan gergaji kayu atau gergaji besi, Anda disarankan memakai mesin potong khusus aluminium. Untung saja, saat ini sudah banyak perusahaan yang merilis peralatan tersebut, salah satunya Makita.

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan brand ini. Makita Corporation adalah perusahaan asal Jepang yang memproduksi listrik. Sudah eksis sejak tahun 1915 silam, brand yang berbasis di Anjo ini sekarang sudah mendirikan pabrik di sejumlah negara, termasuk Brazil, China, Meksiko, Romania, Inggris, Jerman, Thailand, dan Amerika Serikat. Pada tahun 2012 silam, penjualan Makita dikatakan menembus angka 2,9 miliar dolar AS.

Khusus untuk mesin potong aluminium, di pasaran dalam negeri, Makita sudah menyediakan beberapa tipe. Makita LS1040 misalnya, dikatakan sebagai gergaji yang serba bisa, cukup kuat untuk dipakai profesional dalam berbagai pekerjaan dan juga merupakan pembelian bagus untuk tukang. Jika Anda mencari gergaji untuk melakukan semua dasar pekerjaan dengan baik, model ini diklaim sudah memenuhi segalanya.

Baca juga  Info Terbaru Harga Mesin Gergaji Kayu Duduk (All Merk)

Pisau gergaji ini sangat mengesankan dan akan menangani beberapa potongan material yang cukup besar. Kedalaman pemotongan maksimum adalah 95 mm, yang cukup untuk sebagian besar aplikasi dalam konstruksi ringan, pengerjaan luar ruang, dan penyelesaian dalam ruangan. Lebar pemotongan maksimum adalah 90,5 mm, yang sekali lagi sesuai dengan sebagian besar pekerjaan. Dibekali motor yang kuat, ia akan meluncur melalui pemotongan ini.

Model lainnya yang juga telah beredar di Indonesia adalah Makita LC1230, sebuah gergaji pemotong logam berukuran 12 inch yang menawarkan banyak fitur, direkayasa secara khusus untuk membuat pekerjaan cepat dari berbagai bahan logam. Motor 15-amp pada ini menawarkan tenaga hingga 1.300 rpm sekaligus tidak memberikan beban yang tidak semestinya pada motor. Ini menghasilkan pemotongan yang rapi, bahkan saat memotong material yang paling keras, dan pemindahan material yang dipotong secara konstan dan stabil.

Mesin potong aluminium Makita (sumber: makitauk.com)
Mesin potong aluminium Makita (sumber: makitauk.com)

Nah, apabila Anda membutuhkan mesin potong aluminium buatan Makita, tidak sulit mendapatkan tersebut. Pasalnya, Anda sudah bisa membelinya di berbagai toko teknik, toko bahan bangunan, atau lewat situs jual beli online. yang ditawarkan beragam, tergantung tipe alat. Sebagai referensi, berikut kisaran harga mesin potong aluminium Makita pada 2021 dan 2022.

Baca juga  Update Harga Daihatsu Hijet Bekas di Indonesia

Mesin Potong Aluminium Makita

Tipe Mesin Potong Aluminium Makita Harga Sebelumnya Harga Sekarang
Makita LS1040 Rp4.460.000 Rp4.607.000
Makita LC1230 Rp7.800.000 Rp9.082.000
Makita LS1440 Rp16.500.000 – Rp25.900.000 Rp23.000.000 – Rp25.750.000
Makita LS1019L Rp20.897.800 Rp15.850.000

Harga mesin potong produksi Makita di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko peralatan teknik dan situs jual beli online. Perlu Anda catat bahwa harga mesin potong aluminium Makita tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan tahun 2021 lalu, harga miter saw atau mesin potong aluminium Makita 2022 banyak mengalami perubahan. Untuk informasi lebih detail, Anda bisa datang langsung ke toko teknik terdekat.

[Update: Dian]

[1]Wibowo, Andrea Tri, Gunawan Dwi Haryadi, Yusuf Umardani. 2014. Pengaruh Heat Treatment T6 pada Aluminium Alloy 6061-O dan Pengelasan Transversal Tungsten Inert Gas terhadap Sifat Mekanik dan Struktur Mikro. Jurnal Teknik Mesin S-1 Universitas Diponegoro, Vol. 2(4): 374-381.

[2]Suherman dan Fahrizal. 2017. Pengaruh Penambahan Mn terhadap Sifat Mekanis dan Struktur Mikro pada Paduan Al-10Si dengan Metode Lost Foam Casting. Momentum, Vol. 13)1): 21-26.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.