Harga Merica 1 Kg (Kering dan Bubuk)

Anda tentu sudah cukup familiar dengan merica, terutama Anda yang sehari-harinya bergelut dengan dapur. Punya aroma yang khas dan menyengat, merica kerap dipakai sebagai penyedap masakan seperti tumis, sayur sop, atau makanan dengan cita rasa yang kuat. Sudah tersedia dalam kering dan bubuk, sebagai persediaan, Anda bisa membeli merica dalam kemasan 1 kg dengan harga mulai puluhan ribu rupiah.

Merica kering dan bubuk (sumber: shopee)
Merica kering dan bubuk (sumber: shopee)

Apa Itu Merica?

Sebelum mengetahui harga pasti merica kemasan 1 kg, tidak ada salahnya jika kita mengupas tentang bahan ini terlebih dahulu. Sering pula disebut lada atau sahang, merica adalah yang kaya akan kandungan kimia, seperti minyak lada, minyak lemak, dan pati.[1] Sering digunakan sebagai bumbu dapur, baik varian putih maupun hitam, merica lantas disebut sebagai the king of spice atau rajanya rempah-rempah.[2][3]

Bacaan Lainnya

Secara garis besar, merica menghasilkan dua jenis lada, yakni lada putih (muntok atau Bangka) dan lada hitam. Perbedaan keduanya terletak pada penanganan setelah panen. Lada putih diperoleh dari lada yang dihilangkan kulitnya, sedangkan lada hitam diperoleh dari buah lada yang kulitnya tidak dihilangkan.[4] Jika lada putih kerap digunakan untuk bumbu masak, penyedap, dan pelezat masakan, maka lada hitam lebih sering dipakai sebagai parfum.

Baca juga  Info Harga Pucuk Merah Ukuran Kecil, 1-2 meter di Pasaran

Meskipun lebih sering diaplikasikan sebagai bumbu memasak, ternyata merica diklaim juga punya banyak manfaat untuk kesehatan manusia. Seperti dilansir dari Alodokter.com, dalam satu sendok teh atau sekitar 2,5 gram lada bubuk, mengandung setidaknya 7 kalori dan beberapa nutrisi penting, termasuk 0,2 gram protein, 0,5 gram serat, 10 mg kalsium, 0,2 mg zat besi, 4 mg magnesium, 3,5 mg fosfor, dan 31 mg kalium.

Manfaat Merica untuk Kesehatan

  • Merica diklaim memiliki kandungan dekongestan yang ampuh untuk mengencerkan lendir di hidung, sehingga melegakan hidung tersumbat.
  • Selain sayuran dan buah, merica juga mengandung antioksidan penting yang punya efek anti-radang dan bisa mencegah kerusakan pada sel.
  • Ketika di-ekstrak, lada diklaim punya kemampuan dalam menghambat pertumbuhan bakteri.
  • Untuk mereka yang mengalami pada lambung, merica, terutama yang putih, dikatakan dapat membantu mengobati masalah tukak lambung.
  • Menurut sebuah riset, kandungan piperin pada merica dapat menghambat hormon prostaglandin yang menjadi pemicu pada terjadinya peradangan di bagian sendi.
  • Masih dari kandungan piperin di dalamnya, merica diklaim bisa menurunkan kadar glukosa dalam darah. Piperin pun bisa menghambat enzim amilase yang memecah pati menjadi glukosa.
Baca juga  Info Update Harga Popcorn XXI Semua Varian Rasa dan Kemasan

Seperti disinggung di atas, saat ini merica setidaknya tersedia dalam dua varian, yakni merica kering dan merica bubuk. Merica kering adalah merica dengan butiran-butiran kecil, sedangkan lada bubuk dihasilkan dari proses penggilingan merica kering atau butiran tersebut. Selain hadir dalam kemasan kecil, sudah banyak pedagang yang juga menawarkan merica dalam kemasan 1 kg. Lalu, berapa harganya di pasaran dalam negeri saat ini?

Butiran merica kering (sumber: shopee)
Butiran merica kering (sumber: shopee)

Harga Merica Kering 1 Kg

Varian Merica Kering Harga
Merica Putih Kering Kalimantan 1 kg Rp92.000
Merica Putih Kering Makassar 1 kg Rp95.000
Merica Putih Kering Bangka 1 kg Rp110.000 – Rp130.000
Merica Hitam Kering 1 kg Rp110.000
Merica Hitam Kering Premium 1 kg Rp130.000
Merica Kering Sichuan 1 kg Rp425.000

Untuk mengolah merica kering, Anda memang diharuskan menghaluskan terlebih dahulu bumbu tersebut. Nah, jika tidak ingin repot, sekarang sudah ada banyak penjual yang menawarkan lada dalam bubuk. Harganya bervariasi, tetapi umumnya memang sedikit lebih mahal dibandingkan merica kering. Berikut harga merica bubuk untuk kemasan 1 kg di pasaran dalam negeri.

Baca juga  Update Harga Ikan Napoleon per Kg dan per Ekor
Merica & merica bubuk (sumber: suarasurabaya.net)
Merica bubuk (sumber: suarasurabaya.net)

Harga Merica Bubuk 1 Kg

Varian Merica Bubuk Harga
Merica Putih Bubuk Boenga 1 kg Rp75.000
Merica Hitam Bubuk 1 kg Rp99.900
Merica Putih Bubuk Bangka 1 kg Rp115.000
Merica Putih Bubuk Murni 1 kg Rp125.000
Merica Putih Bubuk Koepoe Koepoe 1 kg Rp139.641
Merica Putih Bubuk Golden Aroma 1 kg Rp158.999
Merica Hitam Bubuk Koepoe Koepoe 1 kg Rp210.000

Informasi harga merica 1 kg di atas, baik yang berbentuk kering maupun bubuk, kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko bahan makanan dan sejumlah situs jual beli online. Perlu Anda catat bahwa harga merica tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga di masing-masing toko bisa saja berbeda meskipun produk yang ditawarkan sama.

[1] Permadi, Adi. 2004. Membuat Kebun Obat (Cetakan 1). Jakarta: Pustaka Bunda, hlm. 37.

[2] Sarpian, T. 2003. Pedoman Berkebun Lada dan Analisis Usaha Tani. Yogyakarta: Penerbit Kanisius, hlm. 22-27.

[3] Suryatini. 2008. Naga di Indonesia. Jakarta: PT Pustaka Utama, hlm. 106.

[4] Tjitrosoepomo, G. 1994. Taksonomi Tumbuhan Obat-obatan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.