Update Harga Masker Sensi di Apotek (Semua Tipe)

Polusi udara dan debu saat ini menjadi hal yang begitu berbahaya dan semakin dihindari oleh pengendara motor maupun masyarakat pada umumnya. Untuk meminimalkan efek polusi dan debu, biasanya seseorang memilih menggunakan masker penutup mulut dan hidung. Bahkan, kini masker medis atau masker bedah dipakai secara luas oleh para pengendara motor di jalanan. Nah, salah satu merk masker yang banyak digunakan adalah Sensi yang dijual di apotek dengan harga bervariasi.

Masker Sensi (sumber: iprice.co.id)
Masker Sensi (sumber: iprice.co.id)

Masker bedah alias surgical mask yang beredar di pasaran biasanya berwarna hijau atau biru dengan bagian dalam berwarna putih. Sebelum dipakai luas seperti sekarang, masker ini biasanya dipakai oleh dokter dan tenaga medis di ruang operasi supaya tidak menularkan bakteri dan virus pada pasien yang sedang dioperasi, dan agar tidak terkena cipratan darah atau cairan apapun selama proses operasi berlangsung.

Bacaan Lainnya

Surgical mask ini umumnya terdiri dari tiga lapisan. Lapisan paling dalam yang berwarna putih adalah lapisan paling nyaman karena bersentuhan langsung dengan Anda. Kemudian, lapisan tengah adalah filter statis yang terbuat dari bahan spunbond non-woven yang berfungsi untuk menghalangi menyebarnya air liur yang mengandung penyakit seperti batuk atau bersin, serta lapisan terluar adalah material khusus yang berfungsi mencegah masuknya mikro-partikel.

Cara Memakai Masker yang Benar

  • Pastikan bahwa ukuran masker yang hendak Anda pakai sudah pas dengan wajah Anda, tidak kebesaran atau kekecilan.
  • Selalu tangan terlebih dahulu dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer, sebelum menyentuh masker dan memasangnya.
  • Cari sisi luar masker. Jika masker Anda memiliki dua warna berbeda (umumnya hijau dan putih), sisi luar masker adalah yang berwarna hijau, dan sisi putih yang posisinya menempel langsung dengan kulit Anda, sedangkan lapisan hijau berada di luar.
  • Tentukan sisi atas masker, biasanya ditandai dengan adanya garis kawat hidung yang digunakan untuk menyesuaikan dengan hidung Anda.
  • Untuk masker yang menggunakan tali, posisikan kawat hidung di atas hidung dengan jari, lalu ikat kedua sisi tali di bagian atas pada kepala mendekati ubun-ubun. Setelah masker sudah bisa menggantung, tarik masker ke bawah agar bisa menutupi mulut sampai dagu. Ikat tali bagian bawahnya di tengkuk atau belakang leher Anda.
  • Untuk masker karet, Anda hanya perlu mengaitkan tali karet di belakang telinga atau langsung diposisikan di belakang kepala untuk masker model hijab.
  • Setelah masker menempel aman di wajah, cubit bagian kawatnya untuk mengikuti lekuk hidung Anda agar masker lebih tertutup rapat.
  • Panjangkan lipatan-lipatan masker ke bawah untuk menutup semua bagian yang harus ditutup, yakni hidung, mulut, hingga dagu.
  • Setelah masker terpasang dengan benar, hindari menyentuh masker apalagi jika Anda belum mencuci tangan dengan bersih.
Ilustrasi: Sensi Mask Earlop 3 ply (credit: Shopee)
Ilustrasi: Sensi Mask Earlop 3 ply (credit: Shopee)

Perlu diingat bahwa masker ini sifatnya disposable atau hanya boleh dipakai sekali. Bahkan, ada juga yang mengatakan bahwa masker medis ini hanya efektif digunakan selama jangka waktu 3-4 jam atau maksimal 1 hari. Jadi, setelah Anda pakai seharian, Anda disarankan untuk membuang masker tersebut dan memakai masker yang baru.

Cara Melepaskan Masker yang Tepat

  • Seperti halnya saat hendak memakai masker, sebelum melepaskan masker pun sebaiknya Anda mencuci tangan terlebih dahulu.
  • Ketika melepas masker, lebih baik jangan menyentuh bagian depan masker karena bagian itu yang biasanya dipenuhi oleh paparan kuman dari luar. Sebaiknya sentuh saja bagian tali atau karet pengaitnya.
  • Untuk melepaskan masker karet, pegang kedua karet yang menempel di telinga, lalu lepaskan dari telinga dan buang ke tempat sampah.
  • Sementara itu, untuk melepas masker tali, langkah pertama buka tali bagian bawahnya, kemudian lepaskan tali bagian atas dan buang masker yang telah dipakai itu ke tempat sampah tanpa menyentuh bagian depan masker.
  • Usai melepas masker dan membuangnya di tempat sampah, sebaiknya cuci tangan atau pakai hand sanitizer agar tangan Anda terhindar dari kuman dan bakteri.
  • Apabila masker sudah rusak atau tampak kotor, sebaiknya segera ganti masker dengan masker yang baru.

Saat ini, tidak sulit mendapatkan masker karena sudah ada beragam merk yang tersedia di apotik, toko perlengkapan medis, minimarket, bahkan jual beli online. Nah, dari sekian banyak brand masker yang beredar, salah satu yang cukup terkenal adalah Sensi. Masker ini hadir dalam beragam tipe, yang bahkan cocok dipakai untuk mereka yang mengenakan hijab. Berikut kami sajikan informasi terbaru harga masker Sensi di apotek saat ini.

Ilustrasi: Sensi Mask Duckbill (credit: Tokopedia)
Ilustrasi: Sensi Mask Duckbill (credit: Tokopedia)

Harga Masker Sensi 

Varian Masker Sensi Harga
Sensi Mask Masker Earloop  Rp2.801 per pcs
Sensi Mask Masker Headloop  Rp3.558 per pcs
Sensi Mask Masker Tie On  Rp4.317 per pcs
Sensi Convex Mask Earloop  Rp9.066 per pcs
Sensi Mask Masker Earloop  Rp9.289 per pcs
Sensi Mask Masker Earloop Blue  Rp17.424 per pcs
Sensi Mask Masker Earloop Pink Rp17.558 per pcs

Informasi harga masker Sensi di atas telah kami rangkum dari sejumlah situs apotek online. Hingga saat ini, harga masker Sensi Mask Tie On relatif stabil. Berbeda dengan harga Sensi Mask Masker Earloop Blue yang terpantau naik dari Rp15.054 menjadi Rp17.424 per pcs.

Selain mencari masker penutup hidung dan mulut di apotek, Anda juga bisa dengan mudah menemukan masker serupa di beberapa situs jual beli online dalam negeri. Dibandingkan dengan apotek, harga masker Sensi di situs e-commerce sebenarnya tidak jauh berbeda. Sebagai contoh, 1 dus/karton Sensi Mask Masker Earloop dijual dengan harga mulai Rp109.890.

[Update: Ditta]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *