Info Terbaru Biaya Kremasi di Krematorium

Selain dikubur, prosesi yang juga kerap dilakukan terhadap jasad adalah dikremasi atau pembakaran. Kremasi atau pengabuan adalah praktik penghilangan jenazah manusia setelah meninggal dengan cara membakarnya. Biasanya hal ini dilakukan di sebuah krematorium/pancaka atau biasa juga di sebuah makam di Bali yang disebut setra atau pasetran. Untuk melakukan prosesi tersebut, pihak keluarga atau kerabat yang ditinggalkan diwajibkan membayar sejumlah biaya yang cukup lumayan.

Kremasi di krematorium (sumber: akurat)

Apa Itu Kremasi?

Ragam budaya dan kepercayaan yang tersebar di dunia melahirkan berbagai metode penghormatan terakhir kepada orang-orang tercinta yang telah berpulang menuju keabadian. Salah satunya adalah dengan kremasi, metode pemakaman yang mungkin masih terdengar asing untuk sebagian besar penduduk Indonesia.

Bacaan Lainnya

Kremasi adalah metode penghilangan tubuh jenazah dengan cara pembakaran. Tubuh jenazah akan dimasukkan ke dalam tungku panas. Lalu, proses pembakaran mereduksi jasad menjadi senyawa kimia dasar, yakni gas, abu, dan fragmen mineral. Penyimpanan abu hasil pembakaran dikembalikan pada pilihan keluarga almarhum. Bisa disimpan dalam wadah khusus atau ditebarkan dalam upacara khusus kematian sesuai kepercayaan masing-masing.

Prosesi Kremasi

Prosesi kremasi diawali dengan penempatan jenazah pada wadah kremasi, lalu dimasukkan dalam tungku pembakaran selama lebih kurang tiga jam atau bisa jadi lebih lama. Tungku pembakaran tersebut khusus terletak dalam ruangan dengan suhu panas 1.000 derajat Celcius sehingga memudahkan proses pembakaran seluruh anggota tubuh manusia sampai dengan hanya menyisakan debu

Baca juga  Harga Kotak Nasi Bento Terbaru di Pasaran

Apabila dilakukan di sebuah pancaka, biasanya jenazah ditaruh di sebuah peti kayu dan dibakar pada suhu 760 hingga 1150°C. Fragmen tulang yang tersisa secara hati-hati dikeluarkan dari ruangan, dibersihkan dari semua komponen logam, diproses menjadi partikel halus yang menyerupai abu dan ditempatkan dalam wadah sementara atau guci yang telah dipersiapkan oleh keluarga. Abu pembakaran kira-kira beratnya sekitar 5% berat jenazah.

Proses kremasi bisa saja menjadi berbahaya. Pasalnya, jika almarhum memiliki alat pacu jantung, maka dapat menyebabkan ledakan di dalam kremator. Apabila memiliki implan, maka itu akan menyebabkan pelepasan gas berbahaya sehingga perlu disingkirkan. Ruang kremasi juga bersuhu antara 1.400 hingga 1.800 derajat Fahrenheit. Satu kamar hanya dapat digunakan untuk membakar satu tubuh pada satu waktu. Meski demikian, lapisan luarnya terbuat dari batu bata industri yang dapat menahan suhu tinggi.

Dahulu kremator hanya dihidupkan dengan batu bara, tetapi sekarang bahan bakarnya sudah bermacam-macam, termasuk gas alam, propana atau diesel. Begitu berada di ruangan, kobaran besar api akan menelan peti mati. Peti mati akan terbakar, lalu diikuti tubuh jenazah. Kulit dan rambut akan terbakar terlebih dahulu diikuti oleh otot-otot. Akhirnya, jaringan lunak diuapkan dan tulang mulai mengeras.

Baca juga  Info Ciri-ciri & Harga Anjing Corgi (Jantan & Betina)

Air meninggalkan tubuh dengan cepat dalam bentuk uap begitu tubuh memasuki ruangan. Setelah tubuh yang dibakar tinggal kerangka, pekerja akan menghancurkan tulang rapuh secara manual menggunakan alat yang menyerupai cangkul. Beberapa krematorium memiliki tambahan afterburner yang dapat membantu mengurangi emisi, bau, dan asap. Proses ini dapat berlangsung hingga tiga jam dengan beberapa faktor memainkan peran penting, seperti tergantung pada berat badan, jenis peti mati, dan juga suhu rata-rata ruang kremasi.

Kremasi peti mati (sumber: mitti.se)
Kremasi peti mati (sumber: mitti.se)

Sekali proses pembakaran jenazah dibutuhkan rata-rata 250 solar. Begitu proses pembakaran dimulai, keluarga diizinkan pulang. Untuk mengambil abu jenazah, prosesnya sekitar 1 x 24 jam. Jadi, esoknya abu baru bisa diambil. Setelah dingin, abu jenazah dibersihkan lalu dikumpulkan. Satu jenazah umumnya menyisakan abu satu guci ukuran sedang. Abu jenazah laki-laki biasanya lebih banyak dari jenazah perempuan. Itu karena volume atau struktur tulang laki-laki lebih tebal daripada jenazah perempuan.

Alasan Memilih Kremasi

Seperti diketahui, penghormatan terakhir terhadap seseorang yang dicintai merupakan pilihan yang sangat personal dan biasanya telah disepakati sebelumnya. Selain kepercayaan agama dan budaya, banyak orang memilih proses pemakaman kremasi karena beberapa alasan, di antaranya adalah hemat biaya, ramah lingkungan, pemakaman yang lebih praktis, dan kekhawatiran berlebihan anggota keluarga terhadap dekomposisi alami.

Menurut laporan dari National Funeral Directors Association pada pertemuan tahunan para pemilik dan petinggi rumah pemakaman di Serikat (AS), metode pemakaman kremasi di Negara Paman Sam terus melesat dan menjadi sangat populer. Pada tahun 2011, sebanyak 42 persen dimakamkan dengan cara kremasi. Angka tersebut mengalami peningkatan dua kali lipat dibandingkan 15 tahun lalu. Sebanyak 72 persen jenazah dikremasi di wilayah Washington, sedangkan di Nevada nyaris mencapai 74 persen. Angka terendah pemakaman kremasi terjadi di Mississippi, yaitu hanya 15,7 persen.

Baca juga  Update Biaya ZAP Penghilang Bulu Permanen

Lalu, berapa biaya yang diperlukan untuk melakukan prosesi kremasi? Pada tahun lali, Krematorium Cilincing mematok harga mulai Rp4 jutaan untuk metode tradisional dan Rp4,7 jutaan untuk metode oven. Sementara itu, Grand Heaven Jakarta menawarkan biaya kremasi mulai Rp49,9 juta hingga Rp75,9 jutaan. Berikut kami sajikan informasi terbaru biaya kremasi untuk saat ini.

Penghormatan jenazah di krematorium (sumber: blogunik.com)
Penghormatan jenazah di krematorium (sumber: blogunik.com)

Biaya Kremasi

Lokasi Krematorium Biaya Kremasi
Krematorium Cilincing Rp7.000.000 – Rp10.000.000
Krematorium Oasis Lestari, Tangerang Rp6.000.000 – Rp9.000.000
Krematorium Sentra Medika, Bogor Jenazah Non Covid-19 : Rp24.000.000
Jenazah Covid-19 : Rp28.000.000
Grand Heaven Krematorium Paket Silver :Rp49.000.000
Paket Gold : Rp59.000.000
Paket Platinum : Rp69.000.000
Paket Titanium : Rp75.000.000
Krematorium TPU Tegal Alur Gratis

Informasi biaya kremasi di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk keterangan resmi pihak krematorium. Perlu Anda catat bahwa biaya kremasi tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, di krematorium yang lain bisa saja berbeda, lebih atau malah lebih mahal. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.