Manfaat dan Update Harga Bioplacenton untuk Menyembuhkan Luka

Bioplacenton termasuk produk salep topical produksi Kalbe yang cukup terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Salep berwujud krim yang dikemas dalam tube kecil berukuran 15 gram ini terdiri dari komposisi 2 bahan aktif utama, yaitu Placenta extract 10% dan Neomycin sulfate 0,5%. Bioplacenton sedianya merupakan obat oles luar yang ditujukan untuk mengobati luka bakar. Namun, pada perjalanannya, banyak pula orang yang meyakini Bioplacenton memiliki manfaat untuk menghilangkan luka lecet hingga bekas jerawat di wajah.

Ilustrasi: memakai salep (sumber: silverson.co.uk)

Ilustrasi: memakai salep (sumber: silverson.co.uk)

Kandungan Placenta extract atau ekstrak plasenta dalam Bioplacenton bekerja dengan memicu pembentukan jaringan baru untuk mempercepat penyembuhan luka di kulit. Beberapa ahli meyakini jika ekstrak plasenta mempunyai sejumlah manfaat kesehatan,, misalnya saja meringankan gejala menopause. Bahkan, beberapa produsen kosmetik juga diketahui menambahkan bahan seperti ekstrak plasenta untuk produk perawatan kulit maupun perawatan rambut.

Jika digunakan sebagai pengobatan luar, ekstrak plasenta diklaim dapat mempercepat penyembuhan luka bakar, luka kronis, dan sebagainya. Ekstrak plasenta bekerja dengan cara meningkatkan faktor pertumbuhan beta (TGF-beta) pada fase awal penyembuhan luka dan peningkatan faktor pertumbuhan endotel vaskular (VEGF) pada fase akhir.

Bahan aktif lainnya yang terkandung dalam sebuah tube Bioplacenton adalah Neomycin Sulfat yang merupakan antibiotik golongan aminoglikosida. Aminoglikosida bekerja dengan cara mengikat 30S subunit ribosom bakteri, menyebabkan kesalahan baca pada tRNA, sehingga mampu menghambat pertumbuhan perkembangbiakan bakteri. Aminoglikosida biasanya berguna untuk infeksi yang melibatkan bakteri Gram-negatif aerob, seperti Pseudomonas, Acinetobacter, dan Enterobacter. Sayangnya, penggunaan jangka panjang justru berpotensi menyebabkan infeksi yang lebih parah.

Baca juga  Specs dan Harga Oximeter Jari

Ada sejumlah manfaat yang ditawarkan Bioplacenton, misalnya saja mengobati ulkus dekubitus (luka atau borok pada bokong) dan juga untuk bekas luka jahitan. Menurut review beberapa orang, gel Bioplacenton juga bisa menyamarkan atau menghilangkan jerawat serta bekasnya. Akan tetapi, masih belum ada bukti yang lebih ilmiah terkait klaim tersebut. Terlebih karena Bioplacenton sangat tidak disarankan untuk pemakaian jangka panjang. Berikut ini informasi harga, indikasi, dan cara pemakaian Bioplacenton.

Harga Bioplacenton

Bioplacenton termasuk jenis produk salep yang banyak diperjualbelikan di sejumlah apotek seperti Apotek K-24, Kimia Farma, dan apotek-apotek lainnya. Bioplacenton Gel ukuran 15 gram di Apotek K24 dijual sekitar Rp28.325 per tube. Sebagai perbandingan, harga Bioplacenton pada tahun lalu sekitar Rp23.700 per kemasan. Harga Bioplacenton yang berlaku di setiap apotek kemungkinan bisa lebih murah atau lebih mahal, tergantung di mana Anda membelinya.

Bioplacenton (sumber: pinterest)

Bioplacenton (sumber: pinterest)

Indikasi Bioplacenton

  • Luka bakar.
  • Luka dengan infeksi.
  • Luka kronik.
  • Ulkus debukistus.
  • Eksim pioderma.
  • Impetigo.
  • Furunkulosis, dan jenis-jenis luka lainnya.

Kontraindikasi Bioplacenton

Bioplacenton tidak boleh digunakan untuk orang yang alergi atau hipersensitif terhadap Neomycin dan antibiotik lain golongan aminoglikosida. Tidak boleh juga digunakan untuk orang yang alergi atau hipersensitif terhadap ekstrak plasenta dan komponen lain dari obat.

Baca juga  Info Manfaat dan Harga Nourish Skin Ultimate

Dosis Pemakaian Bioplacenton

Oleskan Bioplacenton sebanyak 4-6 kali sehari atau sesuai kebutuhan pada area luka.

Cara Penggunaan Bioplacenton

  • Bersihkan daerah luka, biarkan hingga kering, dan kemudian dengan lembut gosok sampai rata. Gunakan obat hanya cukup untuk menutupi daerah yang terluka. Anda harus mencuci tangan setelah menerapkan obat.
  • Jangan digunakan daerah popok bayi, kecuali diarahkan untuk melakukannya oleh dokter. Jika Anda dianjurkan untuk menerapkan neomycin ke daerah popok bayi, jangan menggunakan popok ketat. Hal ini untuk menghindari meningkatnya penyerapan obat, yang dapat menimbulkan efek berbahaya.
  • Oleskan tipis-tipis saja, tidak boleh lebih atau lebih sering dari yang dianjurkan. Hati-hati, neomycin yang terkandung di dalam obat ini dapat diserap ke dalam tubuh melalui kulit. Apabila berlebihan, berpotensi menyebabkan gangguan ginjal dan telinga.
Ilustrasi: mengobati luka dengan salep (sumber: hellosehat.com)

Ilustrasi: mengobati luka dengan salep (sumber: hellosehat.com)

Bioplacenton

Pada umumnya, obat ini dapat ditoleransi baik oleh tubuh, jarang menimbulkan efek samping. Akan tetapi, apabila ada reaksi alergi seperti kulit menjadi kemerahan, gatal, atau bengkak, segera hentikan pengobatan dan hubungi dokter. Pemakaian Bioplacenton mungkin saja menimbulkan efek samping bagi sebagian orang seperti mengalami ruam merah pada area kulit yang luka, merasakan gatal, terasa panas atau hangat pada area yang luka, atau bisa saja mengalami bengkak ringan. Penggunaan jangka panjang produk untuk menghilangkan bekas luka tidak disarankan karena Bioplacenton mengandung neomycin, sehingga dapat menimbulkan infeksi sekunder pada kulit.

Baca juga  Update Harga Bedak Salicyl, Atasi Gatal dan Biang Keringat

Peringatan Pemakaian Bioplacenton

  • Tidak boleh menggunakan Bioplacenton untuk daerah kelopak mata.
  • Hindarkan Bioplacenton dari jangkauan hewan peliharaan Anda, balita, dan juga anak di bawah umur.
  • Simpan Bioplacenton di dalam ruangan dengan rentang suhu 5 hingga 30 derajat Celcius.
  • Jauhkan Bioplacenton dari paparan sinar matahari secara langsung.
  • Simpan Bioplacenton di tempat yang kering, sejuk, dan tidak lembap.
  • Pengguna tidak boleh menggandakan dosis Bioplacenton tanpa seizin dan saran dari dokter atau tenaga ahli medis lainnya yang berkaitan.
  • Hindari penggunaan Bioplacenton di area yang berlendir pada tubuh.
  • Hindari penggunaan jangka panjang, karena obat ini mengandung antibiotik yang apabila digunakan jangka panjang bisa menyebabkan superinfeksi, yaitu pertumbuhan organisme patogen lain yang tidak peka, misalnya jamur.
  • Beritahu dokter jika Anda memiliki atau pernah memiliki penyakit ginjal sebelum menggunakan obat ini.
  • Hubungi dokter jika Anda sedang hamil, berencana untuk hamil, atau menyusui sebelum menggunakan Bioplacenton.

Bioplacenton memang ditujukan sebagai obat luar untuk mengatasi berbagai jenis luka dan relatif aman. Pastikan Anda mengikuti petunjuk dosis dan aturan pemakaian. Apabila terjadi iritasi, sebaiknya segera konsultasi ke dokter.

[Update: Almas]

author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Manfaat dan Update Harga Bioplacenton untuk Menyembuhkan Luka"