Info Terbaru Harga Hollow Baja Ringan per Batang

Jika dulu kayu merupakan material yang sering dipakai, sekarang sudah banyak bangunan yang mengaplikasikan besi hollow. Sering digunakan untuk konstruksi aksesori seperti atap kanopi, pagar railing, dan pintu gerbang, besi hollow juga bisa dipakai untuk support pada pemasangan plafon.[1] Tersedia dalam berbagai jenis, hollow baja ringan atau galvalum diklaim sebagai model yang terbaik lantaran mempunyai daya tahan tinggi terhadap karat dibandingkan tipe lainnya. Hadir dalam sejumlah ukuran, seperti 2×4 dan 4×4, harga hollow baja ringan ternyata relatif terjangkau.

Besi hollow (sumber: rooma.id)
Besi hollow (sumber: rooma.id)

Dikutip dari Klopmart.com, besi hollow secara sederhana dapat dikatakan sebagai besi dengan batangan yang berongga. Hollow dalam bahasa Inggris memang diartikan rongga. Ini adalah besi dengan bentuk seperti pipa panjang berongga dengan penampang berbentuk segi empat, sehingga sering juga disebut dengan pipa kotak untuk menyederhanakan penamaan.

Bacaan Lainnya

Masih menurut referensi yang sama, besi hollow sebenarnya bernama hollow structural section, tetapi terkadang salah kaprah dengan disebut sebagai hollow structural steel. Jenis besi yang termasuk dalam keluarga besi hollow structural section memiliki penampang yang dapat berbentuk lingkaran, elips, bujur sangkar, dan juga persegi panjang.

Ada banyak yang bisa diperoleh saat memakai besi hollow. Material ini tidak hanya kuat sebagai konstruksi penopang plafon, melainkan juga dapat digunakan sebagai bahan pembuat rangka kanopi, pagar, teralis minimalis, railing, dan sebagainya. Bahkan, banyak juga yang memakai besi hollow sebagai bahan utama dalam pemasangan panel gypsum maupun panel GRC. Di samping itu, keunggulan lain besi hollow di antaranya sebagai berikut.

Kelebihan Besi Hollow

  • Tahan api, tahan serangan rayap, dan anti-karat atau korosi akibat perubahan cuaca atau karena air hujan yang bersifat asam.
  • Proses pemasangan yang cepat. Pemasangan besi hollow bisa lebih cepat karena untuk pemasangannya tidak memerlukan skill yang khusus. Pemasangan yang lebih cepat tentu akan menghemat biaya tenaga kerja untuk pemasangan.
  • Selain itu, harga besi hollow juga lebih terjangkau sehingga mampu mengurangi biaya konstruksi.
  • Besi hollow memiliki kualitas yang bagus karena bahannya yang kokoh dan memiliki ketahanan untuk keperluan jangka panjang.
Baca juga  Info Terkini Harga Minyak Goreng Bimoli 5 Liter di Indomaret dan Alfamart

Layaknya material lainnya, besi hollow juga memiliki ukuran standar. Ketebalan besi hollow yang banyak beredar di pasaran adalah 0,3 mm, 0,6 mm, 0,7 mm, 0,8 mm, 1,7 mm, dan 2,3 mm. Sementara, panjang penampang bervariasi, mulai 16 mm, 20 mm, 30 mm, 36 mm, 36 mm, 40 mm, 45 mm, 50 mm, dan 60 mm, dengan lebar 20 mm, 30 mm, 36 mm, 60 mm, 75 mm, atau 100 mm. Umumnya, besi hollow memiliki panjang keseluruhan 6 meter.

Jenis Besi Hollow

Dikutip dari Dekoruma.com, saat ini setidaknya ada tiga varian besi hollow yang sering digunakan untuk konstruksi bangunan. Model pertama adalah besi hollow gypsum, yakni material bahan bangunan yang banyak diminati karena kokoh dan tahan lama. Hollow gypsum sering digunakan untuk pembuatan rangka plafon pada bangunan rumah maupun gedung. Alasan pemilihan besi hollow jenis ini untuk plafon adalah karena ringan, kokoh, serta kualitasnya jauh lebih bagus dibandingkan dengan kayu. Material ini lebih aman sebab tidak akan terserang oleh rayap.

Baja ringan hollow (sumber: tokopedia)
Baja ringan hollow (sumber: tokopedia)

Masih menurut sumber yang sama, tipe kedua adalah hollow galvanis. Besi jenis ini sangat mudah mengalami korosi apabila terpotong maupun bergesekan dengan material lainnya. Penyebab besi hollow galvanis rentan terhadap korosi adalah karena komposisi dari bahan pembuatannya sendiri. Kandungan unsur yang paling banyak adalah coating Zinc (besi) sejumlah 97 persen, coating aluminium sebesar 1 persen, dan beberapa unsur bahan lain. Dalam penggunaannya, besi hollow galvanis membutuhkan lapisan anti karat serta jenis cat yang memiliki kualitas tinggi. Hal ini bertujuan agar besi tahan lebih lama terhadap kondisi cuaca. Ukuran tebal besi hollow berkisar antara 0,3 cm hingga 0,5 cm, dengan tampilan besi yang sangat rapi.

Baca juga  Update Harga Kutu Air Pakan Ikan (Berbagai Kemasan)

Kelebihan Hollow Baja Ringan

Untuk model ketiga adalah hollow galvalum atau sering juga disebut hollow baja ringan. Ini adalah jenis besi hollow yang diklaim paling bagus. Hal ini dikarenakan komposisi dari bahan pembuatan besi ini mempunyai ketahanan yang lebih baik terhadap karat bila dibandingkan dengan besi hollow jenis lain. Bahan galvalum yang paling bagus memiliki kandungan unsur 1,5 persen lapisan silicon, 43,5 persen unsur besi, serta unsur coating aluminium sebesar 55 persen. Karena kandungan unsur besi dan aluminium yang tinggi, besi hollow galvalum lebih dikenal dengan sebutan zinc-aluminium.

Disalin dari berbagai referensi, galvalum dapat dikatakan sebagai baja berkualitas tinggi yang bersifat ringan dan tipis, dengan kekuatan yang diklaim tidak kalah dengan baja konvensional.[2] Kata galvalum sendiri merupakan akronim dari galvanis dan aluminium. Atap galvalum, atau yang sering disebut dengan baja ringan, merupakan metode yang diadaptasi dari Jepang dan semakin sering digunakan oleh banyak orang di Indonesia.

Baja ringan sering dikatakan sebagai solusi untuk mengatasi berbagai permasalahan yang sering ada pada kayu, material yang sebelumnya lebih kerap dipakai untuk konstruksi atap. Sebagai bahan bangunan, kayu memang memiliki sejumlah kelemahan, antara lain kualitas material yang tidak merata, rawan lapuk yang disebabkan serangan rayap, mudah memuai atau menyusut karena perubahan cuaca, mudah terbakar, serta semakin langkanya sumber daya kayu di alam.[3]

Umumnya, baja ringan digunakan sebagai material rangka atap. Kemudian, produk ini berkembang dan hadir dalam berbagai bentuk bahan bangunan lainnya, salah satunya reng. Reng galvalum dibuat dari baja yang berkualitas tinggi dan ringan, tetapi kekuatannya tidak kalah dengan baja konvensional. Baja ringan yang digunakan telah dilapisi dengan alumunium zinc sehingga memiliki banyak keunggulan, di antaranya tahan karat, tahan api, tahap terhadap serangan rayap, punya yang ringan, praktis dalam pemasangan, serta kuat.

Baca juga  Kelebihan, Kelemahan dan Update Harga Sapi Belgian Blue

Apabila Anda membutuhkan hollow baja ringan untuk memasang atap kanopi, penyokong plafon, atau keperluan lainnya, tidak sulit mendapatkan material ini. Anda bisa membelinya di sejumlah toko bahan bangunan. Bahkan, sejumlah pedagang sudah menawarkan di berbagai platform online. Harga yang dipatok bervariasi, tetapi umumnya relatif terjangkau.

Hollow Baja Ringan - www.olx.co.id
Hollow Baja Ringan – www.olx.co.id

Harga Hollow Baja Ringan

Ukuran Hollow Baja Ringan Harga per Batang
Hollow Baja Ringan 2×4 Rp13.900 – Rp19.000
Hollow Baja Ringan 2×4 SUKO Steel Rp17.500
Hollow Baja Ringan 2×4 GASCO Rp17.500 (0,30 mm)
Hollow Baja Ringan 2×4 Kaisar Steel Rp19.000
Hollow Baja Ringan 2×4 PGA Truss Rp22.800 (0,30 mm)
Hollow Baja Ringan 2×4 Balaraja Kencana Rp24.500
Hollow Baja Ringan 2×4 SPYRO TRUSS Rp35.000 (0,25 mm)
Hollow Baja Ringan 4×4 0,25 mm Rp18.000 – Rp24.000
Hollow Baja Ringan 4×4 SUKO Steel Rp19.500
Hollow Baja Ringan 4×4 SPYRO TRUSS Rp24.300 (0,25 mm)
Rp30.000 (0,30 mm)
Hollow Baja Ringan 4×4 Balaraja Kencana Rp24.500
Hollow Baja Ringan 4×4 0,3 mm Rp35.000

Harga hollow baja ringan di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah toko bahan bangunan dan beberapa situs online. Biasanya, satu batang hollow baja ringan memiliki panjang 4 atau 6 meter. Jika dibandingkan tahun sebelumnya, harganya rata-rata relatif stabil. Namun, ada juga yang turun seperti harga hollow baja ringan 2×4 yang sebelumnya mulai Rp15 ribu dan sekarang sudah bisa Anda beli dengan harga mulai Rp13.900 per batang.

Varian Hollow Baja Ringan - (blkp.co.id)
Varian Hollow Baja Ringan – (blkp.co.id)

(Panca)

[1] Hamied, Roby F. 2018. Rancangan Mesin Roll Hollow dengan Metode VDI 222 dan Saw di PT Multi Optimal Roda Internusa (Skripsi). Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Widyatama.

[2] Pangaribuan, Mekar Ria. 2014. Baja Ringan sebagai Pengganti Kayu dalam Pembuatan Rangka Atap Bangunan Rumah Masyarakat. Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan Universitas Ratu Samban Bengkulu, Vol. 2(4): 648-655.

[3] Ibid.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *