Harga Lutino Mata Merah dan Cara Memeliharanya

No comment605 views

Bagi Anda yang ingin memelihara , ada banyak pilihan, mulai dari kucing, anjing, ikan, hingga . Jika Anda memilih , salah satu jenis yang sedang saat ini ada Lovebird. Ada banyak jenis lovebird yang dijual di pasaran, seperti jenis lutino mata merah, yang dijual dengan mulai ratusan ribu rupiah per ekor.

Burung lutino mata merah (sumber: shopee.co.id)

Burung lutino mata merah (sumber: shopee.co.id)

Karena harganya yang cukup mahal, akhirnya tak sedikit orang yang mencoba membudidayakan burung lutino merah. Selain itu, burung lutino merah juga memiliki warna yang cantik dan suara kicau yang merdu. Bagi Anda yang tertarik dengan lutino mata merah, Anda bisa mencoba melakukan langkah berikut.

Cara Budidaya Lutino Merah

Langkah awal untuk membudidayakan burung lutino mata merah, yaitu menyiapkan burung. Perlu diketahui, budidaya dan burung pada umumnya berbeda, karena Anda membutuhkan lahan yang sedikit lebih luas. Bahan dalam pembuatan burung bisa Anda sesuaikan dengan budget. 

Jika Anda ingin kandang yang murah dan mudah dibersihkan, Anda bisa menggunakan bahan bambu dan kawat. Sementara, jika Anda menginginkan jenis kandang permanen yang kuat dan kokoh, Anda bisa memakai bahan besi dan kawat. Tentunya bahan pembuatan kandang dari bambu dan kawat cenderung lebih mudah jika dibanding besi dan kawat.

Kandang burung dibuat dengan ukuran luas minimal 3 m x 2 m, sedangkan tingginya bisa mencapai 3 m hingga 5 m, tergantung kebutuhan Anda. Di dalam kandang burung, harus terdapat sekat-sekat sebagai pembatas antara kandang burung anakan, indukan, dan pembiakan.

Di setiap sudut kandang burung, lengkapi dengan tempat makan, tempat minum, dan tempat burung bertengger. Anda bisa menggunakan atau ranting pohon sebagai tempat tangkringan burung. Supaya Anda lebih mudah ketika melakukan dan pembersihan kandang, Anda juga harus melengkapi bagian bawah kandang dengan kardus bekas atau papan triplek.

Setelah kandang burung jadi, sterilkan kandang dengan cara mencucinya menggunakan air hingga bersih. Setelah itu, semprotkan cairan desinfektan pada kandang secara merata. Biarkan kandang kering terlebih dahulu sebelum Anda menggunakannya.

Setelah bersih, masukkan indukan betina dan jantan yang sudah siap kawin pada kandang pembiakan secara terpisah. Ciri indukan lutino mata merah yang siap kawin, yaitu berumur 1 hingga 1,5 tahun untuk setiap pasangnya. Pilihlah indukan betina dan jantan yang sehat dan tidak cacat. Untuk indukan betina, warna bulunya mengkilat dengan ukuran tubuh lebih besar. Sementara, indukan jantan harus memiliki suara kicau yang jelas dan jernih. 

Burung lutino mata merah (sumber: olx.co.id)

Burung lutino mata merah (sumber: olx.co.id)

Dalam waktu kurang dari sebulan, jika indukan jantan dan betina sudah mulai ada tanda-tanda siap kawin, maka pindahkan mereka ke dalam satu ruangan. Ruang pembiakan perlu dilengkapi dengan sarang burung yang terbuat dari rumput kering atau ranting, sebagai tempat telur nantinya.

Setiap hari, Anda juga perlu melakukan pemeliharaan dengan baik agar indukan betina dapat bertelur dengan baik. Lakukan pemberian makan dengan jenis pakan berprotein tinggi setiap hari. Pemberian pakan bisa dilakukan sebanyak 3 hingga 5 kali dalam sehari. Selain makanan, Anda juga perlu mengganti air. Air harus diganti, setidaknya satu kali dalam sehari. Pemberian air minum burung dilakukan secara rutin agar burung tidak kehausan. 

Penting juga menjaga kebersihan kandang burung agar burung tidak mudah terkena penyakit. Anda bisa membersihkan kandang setiap hari sebanyak 2 kali sehari. Bersihkan kandang pada pagi dan sore hari. 

Tidak hanya menjaga kebersihan kandangnya, burung lutino juga perlu dimandikan. Anda bisa menyemprotkan air bersih setiap pagi dan menjemur burung lutino Anda, yang berguna untuk menjauhkan burung dari hama serta penyakit. Selain itu, untuk mencegah burung terkena penyakit, Anda juga perlu melakukan vaksin secara rutin.

Setelah 21 hingga 25 hari, telur-telur burung lutino mata merah akan menetas. Rawatlah anakan burung lutino dengan baik. Pemberian pakan secara teratur menggunakan aplikator seperti sendok atau pipet dilakukan hingga 4 minggu. Setelah anakan burung lutino mata merah memiliki bulu yang kokoh, Anda bisa mulai memindahkannya.

Pindahkan anakan burung lutino ke kandang anakan untuk dipelihara hingga siap dijual. Pemeliharaan harus dilakukan dengan baik, apalagi burung lutino anakan belum memiliki ketahanan yang baik. Setiap hari, Anda harus memberi pakan yang teratur sebanyak 3 hingga 4 kali. Kandang burung harus dibersihkan setiap pagi dan sore, serta burung harus dimandikan dan dijemur setiap pagi jam 9 selama beberapa menit.

Burung lutino mata merah sudah bisa dijual mulai usia 1,5 bulan, ketika burung sudah memiliki bulu yang kokoh. Namun, sebelum mulai bergelut dengan bisnis budidaya burung lutino mata merah, Anda perlu mengetahui harga pasaran burung tersebut. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui jumlah keuntungan yang akan Anda dapatkan.

Harga Burung Lutino Mata Merah

Burung lutino mata merah (sumber: hargaburung.id)

Burung lutino mata merah (sumber: hargaburung.id)

Jenis Burung Lutino Mata MerahHarga per Ekor (Rp)
Falk lutino mata merah remaja1.100.000
Lovebird lutino & albino (sepasang mata merah) 7 bulan1.000.000
Lutino mata merah usia 2 bulan420.000
Lovebird lutino mata merah baby PAUD280.000
Lovebird lutino mata merah kacamata (sepasang)2.800.000
Lutino mata merah usia 6-9 bulan (sepasang)2.150.000
Lutino mata merah limited900.000
Love Bird Lutino mata merah siap adu850.000
Lutino mata merah usia 3 bln550.000

Informasi harga burung lutino merah di atas kami ambil dari berbagai macam sumber. Harga tersebut tentu tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung toko hewan yang Anda kunjungi. Untuk memasarkan burung lutino mata merah, tidaklah sulit, karena banyak orang yang memburunya. Anda bahkan bisa menjualnya secara online.

Baca juga  Update Tarif Karaoke Inul Vizta Family KTV (All Room)
loading...
author

Leave a reply "Harga Lutino Mata Merah dan Cara Memeliharanya"