Harga Link Stabilizer Avanza dan Ertiga Original

Pernah merasakan kemudi tidak nyaman ketika mengendarai mobil? Jika iya, bisa jadi link stabilizer kendaraan Anda bermasalah. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena sudah banyak yang menyediakan spare part tersebut, termasuk untuk Toyota Avanza dan Suzuki Ertiga, dengan harga rata-rata ratusan ribu rupiah saja per set untuk original.

Link Stabilizer Avanza - (www.lazada.co.id)
Link Stabilizer Avanza – (www.lazada.co.id)

Diakui atau tidak, kendaraan roda empat alias mobil telah menjadi kebutuhan primer bagi sebagian orang. Mereka membeli mobil tentu saja sebagai alat transportasi untuk mengantarkan dari satu tempat ke tempat yang lain. Sementara itu, untuk sejumlah kalangan, mereka mengidamkan mobil agar memperoleh kebanggaan atau prestise yang akan memberikan kepuasan tersendiri.[1]

Bacaan Lainnya

Bagi mereka yang telah memiliki kendaraan roda empat, memang akan ideal mengetahui cara merawat mobil. Mereka, termasuk yang berjenis kelamin perempuan, disarankan untuk mengetahui cara merawat mobil yang paling dasar, seperti mengganti ban, memeriksa oli dan radiator, cara jumping aki, serta cara untuk mengganti wiper.[2]

Sementara itu, untuk yang ingin lebih expert, tentu saja mengerti bagian dan fungsi komponen-komponen mobil mutlak diperlukan. Nah, salah satu bagian penting yang wajib dipahami adalah sistem suspensi kendaraan. Terletak di antara rangka dengan roda, sistem suspensi dirancang untuk meredam getaran atau kejutan, sebagai tumpuan untuk menahan beban kendaraan, memberikan kenyamanan dan stabilitas kendaraan, serta meningkatkan kemampuan cengkeraman roda dengan jalan.[3]

Nah, salah satu komponen yang terdapat dalam sistem suspensi kendaraan adalah link stabilizer. Dikutip dari situs resmi Daihatsu, link stabilizer adalah komponen mobil yang menghubungkan roda kiri dan roda kanan sehingga laju mobil tetap seimbang. Menyambungkan suspensi dengan batang stabilizer, benda serupa logam panjang ini memiliki peranan yang penting dalam kerja stabilizer.

Fungsi Link Stabilizer

  • Fungsi pertama link stabilizer adalah menghubungkan batang stabilizer dengan komponen bagian suspensi, seperti lower arm atau shock absorber. Terdapat empat tipe link untuk menyambungkan stabilizer, yakni dari stabilizer link tipe bushing, joint bushing, joint link, serta tipe kombinasi tipe joint link dengan bushing.
  • Link stabilizer akan memastikan batang stabilizer bekerja maksimal di masing-masing sudut roda mobil, termasuk saat roda mobil terus berbelok dengan besaran sudut berapa saja.
  • Link stabilizer akan memastikan kinerja batang stabilizer selalu baik, sehingga mencegah mobil mengalami limbung ketika berbelok. Komponen ini akan mengurangi sudut kemiringan kendaraan saat berbelok, menjaga mobil tetap stabil dalam kondisi jalan apa pun, terutama di tikungan-tikungan jalan yang tajam.
  • Alat ini juga akan meningkatkan daya cengkeram ban saat bermanuver. Pada dasarnya, tumpuan daya cengkeram mobil saat melaju di atas aspal adalah ban. Setiap ban mobil diciptakan dengan motif tertentu agar mobil tidak tergelincir saat melaju di atas aspal. Dengan mengaktifkan link stabilizer, maka daya cengkeram akan meningkat lebih baik lagi.
  • Link stabilizer dapat meredam guncangan ketika mobil melaju di jalanan yang terjal.

Umumnya, link stabilizer terbuat dari campuran logam yang sangat kuat dan tidak mudah rusak. Meski demikian, komponen ini juga dapat bermasalah. Biasanya, kerusakan link stabilizer disebabkan pemakaian yang sudah cukup lama. Tanda-tanda link stabilizer mengalami kerusakan antara lain mobil terasa kurang nyaman ketika membelok, mobil terasa tidak stabil saat dikemudikan, muncul suara yang kasar dari bagian bawah kendaraan.

Apabila Anda merasakan hal-hal seperti di atas, memang sebaiknya segera mengganti link stabilizer kendaraan Anda. Tidak sulit mendapatkan komponen ini karena Anda bisa mengunjungi bengkel resmi sesuai merk mobil Anda. Selain itu, banyak bengkel umum yang juga menjual komponen tersebut. Sebagai referensi, berikut harga link stabilizer untuk mobil Avanza dan Ertiga.

Harga Link Stabilizer Avanza

Varian Link Stabilizer AvanzaHarga
Link Stabilizer Aspira for AvanzaRp120.000 per set
Link Stabilizer 555 for AvanzaRp215.000 – Rp300.000 per set
Link Stabilizer Toyota Genuine PartsRp419.000 per set

Daftar harga link stabilizer untuk Avanza di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk Astra Shop dan beberapa situs online. Perlu Anda ketahui bahwa harga link stabilizer Avanza tersebut tidak mengikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Untuk memperoleh informasi lebih lengkap, Anda bisa mengunjungi bengkel mobil terdekat.

Link Stabilizer Ertiga - (www.tokopedia.com)
Link Stabilizer Ertiga – (www.tokopedia.com)

Harga Link Stabilizer Ertiga

Varian Link Stabilizer ErtigaHarga
Link Stabilizer Fuji for ErtigaRp230.000 per set
Link Stabilizer 555 for ErtigaRp330.000 per set
Link Stabilizer SGP (Suzuki Genuine Parts)Rp483.000 per set

Informasi harga link stabilizer untuk Suzuki Ertiga di atas sudah kami himpun dari berbagai sumber, termasuk sejumlah situs e-commerce. Perlu Anda ketahui bahwa harga link stabilizer untuk Suzuki Ertiga tersebut tidak mengikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Selain produk original, Anda juga menemukan link stabilizer KW dengan harga mulai Rp45 ribu per buah atau Rp90 ribuan per set.

[1] Marpaung, Anna Octora dan Rachmat Sumanjaya Hasibuan. 2013. Analisis Dampak Kebijakan Pembatasan Uang Muka Kredit (Down Payment) terhadap Permintaan Mobil di Kota Medan. Jurnal Ekonomi dan Keuangan Universitas Sumatera Utara, Vol. 1(11): 1-11.

[2]  Setiowati, Meily, Deddi Duto H., Merry Silvia. 2013. Perancangan Bengkel Gut ‘Pentingnya Merawat Mobil Bagi Perempuan di Surabaya’. Jurnal DKV Adiwarna Universitas Petra, Vol. 1(2).

[3] Huda, Fitra Nur, Toni Prahasto, Achmad Widodo. 2023. Analisis Pengaruh Stabilizer Bar terhadap Body Roll Mobil pada Suspensi Double Wishbone Menggunakan Metode Multi Body Dynamics. Jurnal Teknik Mesin Universitas Diponegoro, Vol. 11(2): 7-14.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *