Info Manfaat, Cara Pakai, & Update Harga Obat Kalpanax Cair

Siapa saja bisa mengalami kulit seperti panu, kadas, atau kurap. Penyakit kulit satu ini meski tak mengancam nyawa tetap saja dapat mengurangi tingkat kepercayaan diri seseorang. Untuk mengatasi panu, ada beberapa obat di pasaran yang bisa dicoba, salah satunya seperti Kalpanax Cair yang dijual dengan harga relatif terjangkau.

Ilustrasi kaki terkena kutu air (sumber: bioinformant.com)
Ilustrasi kaki terkena kutu air (sumber: bioinformant.com)

Panu adalah jenis kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur. Penyakit kulit ini banyak ditemui di daerah tropis dan lembap. Panu berwarna pucat, keputih-putihan atau putih kelabu, hingga merah, tergantung dari warna kulitnya. Penyakit ini mudah menular dan terasa gatal bila sedang berkeringat.[1]

Bacaan Lainnya

Kalpanax Cair adalah obat produksi PT Kalbe Farma yang digunakan untuk mengobati berbagai kulit akibat infeksi jamur. Dalam Kalpanax Cair/Kalpanax tincture mengandung zat aktif kombinasi Salicylic acid, benzoic acid, dan povidone iodine yang diklaim efektif untuk mengobati berbagai macam penyakit kulit.

Kalpanax Cair lebih sering digunakan untuk mengatasi infeksi jamur pada kulit, seperti jamur pada sela-sela jari kaki, jamur pada kuku atau onkomikosis, jamur pada lipatan kulit, lipatan paha, hingga jamur pada tubuh (panu dan kadas). Dilansir dari Honestdocs, tiap obat Kalpanax Cair mengandung beberapa zat aktif sebagai berikut.

Baca juga  Review dan Update Harga Tianshi Vitaline Softgel

Komposisi Kalpanax Cair

  • Salicylic acid 4%
  • Benzoic acid 4%
  • Povidone iodine 0,5%

Dosis Kalpanax Cair

Kalpanax Cair dapat dioleskan atau diteteskan pada kulit yang terinfeksi jamur dengan dosis 2-3 kali sehari pada pagi dan malam hari. Tetap lanjutkan pengobatan selama setidaknya 10 hari setelah lesi sembuh. Khusus untuk masalah infeksi jamur kuku, Anda bisa mengoleskan obat setiap hari ditambah dengan perban oklusif.

Kalpanax Cair (credit: Tokopedia)
Kalpanax Cair (credit: Tokopedia)

Kontraindikasi Kalpanax Cair

  • Kalpanax dalam sediaan topical yang digunakan pada kulit umumnya memiliki efek samping seperti rasa panas, eritema, edema, gatal, rasa seperti terbakar, pedih, urtikaria, dan kejadian iritasi umum lain.
  • Sebagai agen topikal dan sebagai asam beta-hidroksi, asam salisilat mampu menembus kulit dan menghancurkan lemak, menyebabkan luka bakar kimiawi pada kulit pada konsentrasi sangat tinggi. Hal ini dapat merusak lapisan pori-pori jika pelarutnya adalah alkohol, aseton, atau minyak. Penggunaan obat secara berlebihan juga bisa menyebabkan peningkatan efek samping tanpa peningkatan efikasi.
Baca juga  Info Terkini Biaya Rontgen Gigi di Laboratorium Pramita

Peringatan & Perhatian Penggunaan Kalpanax Cair

  • Jangan lupa tangan sebelum dan sesudah menggunakan Kalpanax. Cuci dan keringkan juga area kulit yang mengalami infeksi jamur sebelum mengoleskan atau meneteskan Kalpanax.
  • Oles atau teteskan obat Kalpanax Cair ke area kulit yang mengalami infeksi jamur dan usap perlahan untuk meratakan obat.
  • Jangan gunakan Kalpanax cair dekat area mata, hidung, atau mulut. Jangan juga menggunakan Kalpanax pada kulit yang kering, pecah-pecah, terluka, atau mengalami iritasi. Bila terlanjur terkena, segera bersihkan dengan air.
  • Setelah mengoleskan Kalpanax, jangan menutup area yang infeksi, kecuali disarankan oleh dokter. Untuk meningkatkan efektivitas Kalpanax, jangan mengenakan pakaian ketat atau berbahan sintetis yang menyebabkan area infeksi mudah berkeringat dan lembap. Kenakan pakaian longgar dan berbahan katun atau bahan alami lainnya.
  • Jika lupa menggunakan Kalpanax, disarankan untuk segera menggunakannya begitu ingat apabila jeda dengan jadwal penggunaan berikutnya belum terlalu dekat. Namun bila sudah dekat, abaikan dan jangan menggandakan dosis.
  • Untuk penderita kutu air di kaki, sebaiknya memakai kaus kaki dan yang nyaman dan mempunyai sirkulasi udara yang baik. Penderita kutu air juga dianjurkan untuk tidak memakai kaus kaki secara berulang.
  • Kalpanax harap disimpan di tempat sejuk dan kering, terhindar dari paparan sinar matahari secara langsung, serta jauh dari jangkauan anak-anak.
Baca juga  Update Harga Dexaharsen Tablet (0,5 mg dan 0,75 mg)
Harga Kalpanax Cair (credit: Elevenia)
Harga Kalpanax Cair (credit: Elevenia)

Harga Kalpanax Cair

Kalpanax Cair Harga
Kalpanax Cair 10 ml Rp18.167 per botol
Kalpanax Cair 10ml 1 dus Rp151.000 per dus

Harga Kalpanax Cair di atas telah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs beli online. Sebagai perbandingan, tahun 2020 dan 2021, Kalpanax Tincture dijual dengan harga mulai Rp38 ribu sampai Rp60 ribuan per botol, turun menjadi Rp18.167 per botol di tahun 2022 dan Rp110 ribu per lusin di tahun 2020 dan 2021, naik menjadi Rp151 ribu di tahun 2022. Selain itu, harga Kalpanax Cair yang berlaku di setiap apotek atau toko obat juga bisa berbeda-beda, tergantung dari penawaran pihak penjual.

[Update: Almas]

[1] AgroMedia. 2008. Buku Pintar Obat: 431 Jenis Tanaman Penggempur Aneka Penyakit. Agung S dkk, editor. Jakarta: Agromedia Pustaka.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.