Info Lengkap Khasiat dan Harga Tanaman Hias Lidah Mertua Mini

kembali populer saat ini seiring permintaannya yang terus meningkat. Tak sedikit yang mengoleksi aneka tanaman hias sebagai pajangan maupun dijual kembali. Salah satu tanaman hias yang tetap hits hingga kini yakni lidah mertua. Umumnya, tanaman ini dapat tumbuh besar, tetapi ukuran mini juga banyak diminati. Harga tanaman lidah mertua mini begitu terjangkau di pasaran.

Lidah mertua mini kuning (sumber: tokopedia)

Lidah mertua mini kuning (sumber: tokopedia)

Di tanah air, sansevieria lebih populer dengan sebutan lidah mertua ataupun tanaman ular. Sansevieria memiliki penggemar di seluruh belahan dunia, baik karena keindahan, manfaat, maupun nilai-nilai kepercayaan (mitos) yang dimiliki tanaman sukulen ini. Tanaman dengan nama lain nanas belanda ini juga kerap dimanfaatkan sebagai cover ground lanskap, tanaman hias dalam pot (indoor maupun outdoor), terarium, dan berbagai kebutuhan dekoratif lainnya.

Bentuk fisik, warna, dan corak sansevieria sangat beragam dan unik. Paduan tersebut menciptakan nilai seni, estetika, dan kekuatan tersendiri bagi para kolektor untuk melirik tanaman asli daerah tropis kering dan mediterania ini. Dari hasil penelitian dinyatakan bahwa sansevieria termasuk tanaman penyerap polusi yang cukup efektif. Bahkan pemerintah Taiwan mewajibkan masyarakatnya untuk menanam tanaman ini sebagai antipolutan.[1]

Baca juga  Harga Traktor Sawah Kubota (Semua Tipe)

Dikenal sebagai antipolutan, lidah mertua memiliki kemampuan mengurangi polusi walau dalam jumlah kecil. Tanaman ini, dinilai dapat menyerap zat-zat polusi penyebab kanker, seperti karbon dioksida, benzene, formaldehyde, xylene, dan toluene. Itu sebabnya, tanaman ini dianggap dapat membantu melindungi tubuh dari alergi yang disebabkan oleh udara kotor.

tanaman dari keluarga Agavaceae ini sangat cocok sebagai salah satu elemen tumbuhan untuk tanaman bergaya mediterania (mediteranian style). Perbanyakan tanaman lidah mertua menggunakan anakan. Lidah mertua atau Sansevieria merupakan kerabat lain dari lidah buaya. Meski serupa, tetapi kedua tanaman ini sangat berbeda baik dari jenis maupun khasiatnya.

Lidah Mertua Mini

Lidah mertua mini (sumber: bukalapak)

Lidah mertua mini (sumber: bukalapak)

Lidah mertua memiliki kandungan kimia abamagenin, alkaloid, karbohidrat, fenol, saponin, tanin, protein, dan terpenoids. Daun lidah mertua ternyata berkhasiat menyembuhkan borok, bisul, digigit ular berbisa, dan menyuburkan rambut.[2] Berikut sejumlah khasiat lain tanaman lidah mertua mini:

  • Melancarkan BAB
  • Mengobati sakit telinga
  • Mengobati sakit gigi
  • Mengobati nyeri kepala
Baca juga  Harga Terbaru Bibit (Benih) Lele di Pasaran

Manfaat lain tanaman lidah mertua dapat meredakan stres. Tak heran jika para kolektor lidah mertua begitu tertarik menjadikan tanaman yang satu ini sebagai tambahan dekorasi ruangan. Disinyalir keberadaan lidah mertua dapat memberikan efek menenangkan, terlebih bagi Anda yang rawan stres karena rutinitas yang padat.

Lidah mertua cocok digunakan sebagai tanaman indoor karena dapat membuat ruangan . Jika Anda berminat untuk membeli tanaman yang memiliki nama daerah rajek wesi, berikut referensi harga di pasaran.

Harga Tanaman Lidah Mertua Mini

Salah satu jenis lidah mertua mini (sumber: bukalapak)

Salah satu jenis lidah mertua mini (sumber: bukalapak)

Jenis Tanaman Lidah Mertua MiniKisaran Harga (Rp)
Lidah Mertua Mini HijauMulai 8-500 – 20.000
Lidah Mertua Mini centong15.300
Bibit tanaman Lidah Mertua Mini24.000
Lidah Mertua Mini tipis25.000
Lidah Mertua Mini golden35.000
Lidah Mertua Mini 35.000
Lidah Mertua Mini PagodaMulai 35.000 – 40.000
Anakan lidah mertua mini37.000
Tanaman hias lidah mertua mini green silver40.000
Lidah Mertua Mini Kuning 10 cmMulai 42.000 – 65.000
Paket 2 tanaman Lidah Mertua Mini56.000
Paket 3 tanaman Lidah Mertua MiniMulai 70.000 – 95.000
Baca juga  Info Harga Benih dan Sayur Bayam Merah di Pasaran

Harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet terbaru 2020. Harga tanaman lidah mertua mini dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak penjual. Anda dapat membeli tanaman hias lidah mertua mini di sejumlah toko pertanian maupun situs online dengan harga bersaing.

Lidah mertua adalah salah satu tanaman yang paling mudah dirawat. Sebab, Anda tidak memerlukan trik khusus untuk menjaganya agar tetap hidup. Tolok ukur lainnya dalam menyiram tanaman ini adalah dengan melihat tanah bagian atasnya. Jika kering, maka saatnya Anda menyiram lidah mertua. Tanaman ini dapat ditempatkan di berbagai lokasi, termasuk di sudut ruangan untuk menyaring udara.

[1] Redaksi Agromedia. Buku Pintar Tanaman Hias (: Agromedia, 2007), hlm. 182

[2] Permadi, Adi. Membuat Kebun Tanaman Obat (Jakarta: Pustaka Bunda, 2008), hlm. 40

author
Pengamat dinamika harga. Pengelola toko dan counter. Ex-wartawati media lokal.

Leave a reply "Info Lengkap Khasiat dan Harga Tanaman Hias Lidah Mertua Mini"