Update Harga Lampu LED Kecil (Semua Tipe)

Untuk lebih menghemat pemakaian daya listrik, saat ini sudah semakin banyak orang yang beralih dari lampu pijar ke lampu LED. Pasalnya, meski punya daya yang minim, lampu LED diklaim mampu mengeluarkan cahaya yang terang. Di pasaran sendiri, lampu ini sudah hadir dalam beragam ukuran, termasuk ukuran kecil atau mini, dengan harga yang relatif terjangkau.

Ilustrasi: Harga Lampu LED Mini (credit: graffitiresearchlab)
Ilustrasi: Harga Lampu LED Mini (credit: graffitiresearchlab)

Light Emitting Diode atau sering disingkat dengan LED adalah komponen elektronika yang dapat memancarkan  cahaya monokromatik ketika diberikan tegangan maju. LED merupakan keluarga diode yang terbuat dari bahan semikonduktor. Warna-warna cahaya yang dipancarkan oleh LED tergantung pada jenis bahan semikonduktor yang dipergunakannya. LED juga dapat memancarkan sinar inframerah yang tidak tampak oleh mata, seperti yang sering kita jumpai pada remote control TV ataupun remote control perangkat elektronik lainnya.

Bacaan Lainnya

Karena merupakan keluarga dari diode yang terbuat dari semikonduktor, cara kerja LED pun hampir sama dengan diode yang memiliki dua kutub, yaitu kutub positif (P) dan kutub negatif (N). LED ini hanya akan memancarkan cahaya apabila dialiri dengan tegangan maju (bias forward) dari anoda menuju ke katoda.

Ketika LED dialiri tegangan maju atau bias forward dari anoda (P) menuju ke katoda (N), kelebihan elektron pada N-Type material akan berpindah ke wilayah yang kelebihan hole (lubang), yaitu wilayah yang bermuatan positif (P-type material). Saat elektron berjumpa dengan hole, akan melepaskan photon dan memancarkan cahaya monokromatik (satu warna).

Baca juga  Harga Kulkas Polytron 2 Pintu (Berbagai Tipe)

Saat ini, LED telah memiliki beraneka ragam warna, di antaranya seperti warna merah, kuning, biru, putih, hijau, jingga, dan infra merah. Keanekaragaman warna pada LED tersebut tergantung pada wavelength (panjang gelombang) dan senyawa semikonduktor yang dipergunakannya. Untuk bahan semikonduktor gallium arsenide misalnya, akan menghasilkan warna infra merah, merah, jingga, atau kuning. Sementara, bahan semikonduktor aluminium gallium phosphide akan menghasilkan warna hijau, sedangkan bahan semikonduktor silicon carbide akan mengeluarkan warna biru.

Lampu LED kecil (sumber: caelusgreenroom.com)
Lampu LED kecil (sumber: caelusgreenroom.com)

Manfaat dan Kelebihan Lampu LED

LED sendiri telah digunakan untuk beragam kebutuhan, dan salah satu yang paling populer tentu saja lampu. Lampu LED, seperti dilansir Wikipedia, adalah produk diode pancaran cahaya yang disusun menjadi sebuah lampu. Lampu LED diklaim memiliki usia pakai dan efisiensi listrik beberapa kali lipat lebih balik daripada lampu pijar dan tetap jauh lebih efisien daripada lampu neon. Beberapa chip bahkan dapat menghasilkan lebih dari 300 lumen per Watt.

Lampu LED terutama memang digunakan untuk penerangan. Umumnya, lampu ini dipakai untuk penerangan ruangan di dalam rumah, mulai ruang tamu, ruang makan, ruang tidur, kamar mandi, garasi, hingga area outdoor seperti halaman dan teras. Sementara, untuk lampu LED berkapasitas besar, sering dipakai sebagai lampu penerangan di jalan raya atau PJU dan taman. Kendaraan bermotor, seperti sepeda motor dan mobil, pun sudah banyak yang mengaplikasikan lampu LED sebagai penerangan.

Penggunaan lampu LED yang semakin meluas memang tidak mengherankan. Pasalnya, dibandingkan lampu pijar atau lampu neon (lampu TL), lampu LED punya banyak keunggulan, antara lain:

  • Lampu LED cenderung lebih tahan lama dibandingkan jenis lampu lainnya. Lampu LED setidaknya bisa bertahan 2 hingga 4 kali lebih lama ketimbang lampu jenis lain. 
  • Secara umum, lampu LED menggunakan listrik lebih sedikit dari lampu lainnya. Banyak yang menunjukkan bahwa lampu LED bisa mengefisienkan penggunaan energi hingga sebesar 60 persen hingga 70 persen lebih baik dari lampu jenis lainnya. 
  • Lampu LED lebih ramah lingkungan karena penggunaan energi pada lampu LED lebih rendah. Selain itu, lampu LED tidak menggunakan merkuri secara internal sehingga membuat lampu LED tidak berbahaya untuk lingkungan.
  • Lampu LED sangat kompatibel dengan teknologi dimming karena memang pada dasarnya lampu LED berfungsi pada persentase yang bisa ditentukan (0 hingga 100 persen). 
  • Bentuk LED yang kecil membuatnya fleksibel untuk ditempatkan di mana saja, dari mulai digantung hingga menjadi lampu tempel. Kebutuhan penerangan apa pun dapat terpenuhi dengan LED tanpa mengorbankan estetika ruangan.
  • Lampu LED terkenal sangat adaptif terhadap kondisi cuaca apa pun. 
  • Lampu LED dapat beroperasi tanpa menuntut penggunaan voltase tinggi. 
  • LED hanya memproduksi cahaya spektrum kacamata dan spektrum infrared, bukan UV. Hal ini tentunya membuat LED dapat menghindarkan pengguna dari bahaya-bahaya yang dapat disebabkan sinar UV pada kulit. 
  • LED punya tingkat yang lebih baik dibandingkan lampu jenis lainnya. LED hampir tidak mengeluarkan daya panas, berbeda dengan lampu jenis lain yang menggunakan 90 persen daya untuk mengeluarkan daya panas. 
Baca juga  Update Harga Yoghurt di Alfamart dan Indomaret

Saat ini, lampu LED sudah tersedia secara luas di pasaran. Anda bisa membelinya di berbagai toko peralatan elektronik atau listrik serta situs online. Ukuran lampu LED pun beragam, mulai yang kecil hingga yang besar. Nah, apabila Anda sedang membutuhkan lampu LED berukuran kecil, berikut kami sajikan kisaran harganya di pasaran.

Lampu LED ukuran kecil (credit: gadgetronicx)
Lampu LED ukuran kecil (credit: gadgetronicx)

 

Harga Lampu LED Kecil

Tipe/Ukuran Lampu LED Harga Sebelumnya Harga Sekarang
Lampu LED 3 mm 3 Volt Rp1.300 Rp1.000
LED COB Dome Light 31 mm 5 Watt Rp6.400 Rp5.000
LED Bohlam Mini USB Rp3.990 Rp3.000
DCULEX LED Lamp Portable Rp12.600 Rp12.600
PHELENSEYE LED USB Interior Car Rp17.500 Rp15.000
Stick & Click Touch LED Lamp  Rp6.500 Rp6.500
LED Sensor Cahaya EU Plug L200 Rp8.300 Rp9.400
LED Mini Lampu Es Batu Rp12.000 Rp11.000
LED Warning Strap Arm Band Rp11.900 Rp14.630
USB LED Ultra Mini  Rp12.400 Rp17.500
LED Mini 7 Warna  Rp8.000 Rp8.000
LED Mini Sein Tempel Sorot Rp5.100 Rp5.700
LED Senter Police 3 Watt Rp14.000 Rp14.000
LED Bohlam Mini Rp18.143 Rp10.000
USB LED Flexible Lamp  Rp33.900 Rp45.300
LED Senter Mini Rp45.000 Rp46.000
LED Mini Lampu Baca Karakter Rp60.000 Rp69.000
LED Luxeon Mini 5 Watt Lampu Sorot Tembak Rp50.000 Rp54.250
Baca juga  Update Harga PS Vita (Baru dan Bekas)

Harga lampu LED kecil di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko perkakas elektronik dan situs online. Harga lampu LED kecil tersebut tidak mengikat dan dapat berbeda-beda di masing-masing tempat. Untuk memperoleh informasi lebih lengkap, Anda bisa datang langsung ke toko peralatan listrik terdekat di kota Anda. 

[Update: Almas]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.