Update Biaya Pemeriksaan Endoskopi Lambung di Rumah Sakit

Datangnya memang tak pernah bisa diduga. Dari sekian banyak , hampir setiap orang tentu pernah mengalami masalah sakit . Jika Anda termasuk orang dengan lambung yang lemah, seringkali Anda akan merasa berbagai gejala yang membuat tidak nyaman seperti rasa , mual, muntah, hingga pusing.

Ilustrasi: prosedur endoskopi lambung (sumber: thehealthsite.com)

Ilustrasi: prosedur endoskopi lambung (sumber: thehealthsite.com)

Apabila lambung Anda terasa bermasalah, tak ada salahnya untuk segera pergi ke dokter dan memeriksakan kondisi kesehatan tubuh Anda. Dokter spesialis penyakit dalam biasanya akan menganjurkan Anda untuk menjalani pemeriksaan endoskopi jika gejala-gejala yang ditunjukkan dianggap terlalu berisiko.

Sebagian dari Anda mungkin masih asing dengan prosedur pemeriksaan endoskopi. Endoskopi sendiri merupakan pemeriksaan teleskopik (teropong) yang dilakukan oleh dokter ahli penyakit dalam untuk memeriksa saluran cerna Anda secara visual. Metode endoskopi dilakukan dengan memasukkan selang kecil berisi kamera dari rongga mulut hingga mencapai lambung dan usus.

Pemeriksaan satu ini memang akan menimbulkan rasa tidak nyaman. Sebab pada saat proses memasukkan selang ke dalam tenggorokan biasanya Anda akan merasa mual dan bahkan beberapa ada yang mengaku sampai muntah dan mengeluarkan banyak air liur ketika proses endoskopi berlangsung.

Endoskopi dapat berfungsi untuk diagnosis dan . Untuk keperluan diagnosis, endoskopi bermanfaat untuk mengetahui apa yang menjadi penyebab dispepsia, nyeri perut bagian atas yang belum jelas, penyebab disfagia (kesulitan menelan), muntah yang berlangsung terus menerus, yang turun secara drastis, menentukan lokasi perdarahan saluran pencernaan, menentukan lokasi tukak lambung, lokasi pelebaran pembuluh darah kerongkongan dan lambung, mengevaluasi refluks gastroesofageal, hingga mencari tahu luasnya akibat menelan zat korosif.

Biaya, pemeriksaan, endoskopi, lambung, di, rumah sakit, Siloam, jakarta, Jatinegara, tarif, BPJS, kesehatan, fasilitas, dokter, gejala, jenis, nyeri, penyakit, perut, pencernaan,

Info Terbaru Biaya Pemeriksaan Endoskopi Lambung di Rumah Sakit (binahusada.com)

Sedangkan endoskopi untuk keperluan pengobatan dapat digunakan untuk mengikat pembuluh darah esofagus dan gaster yang robek karena varises maupun non varises, lalu untuk melebarkan penyempitan esofagus atau strictur pylorus, serta mengeluarkan benda asing dari dalam saluran pencernaan.

Biaya menjalani pemeriksaan endoskopi di Indonesia sendiri memang masih cukup mahal. Di rumah sakit swasta Jakarta biasanya mengenakan biaya antara Rp2,5 jutaan hingga Rp7 jutaan tiap kali pemeriksaan. Misalnya di RS Siloam Hospitals Asri Mampang membanderol tarif endoskopi sebesar Rp2,5 jutaan, sementara RS MRCCC Siloam Hospitals Semanggi Jakarta Rp3,5 jutaan, lalu di Rumah Sakit Premier Jatinegara Rp5 jutaan, dan di Siloam Hospitals TB Simatupang Cilandak membanderol biaya sebesar Rp7 jutaan. 

Apabila Anda terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, pemeriksaan endoskopi lambung termasuk perawatan yang ditanggung sepenuhnya oleh pihak BPJS. Untuk menjalani endoskopi lambung, Anda dapat meminta rujukan dari fasilitas kesehatan (Faskes) tingkat 1 untuk kemudian dirujuk ke rumah sakit dan menjalani endoskopi.

Saat pergi ke rumah sakit rujukan, lakukan pendaftaran administrasi sambil membawa dokumen persyaratan seperti fotokopi kartu peserta BPJS Kesehatan dan fotokopi surat rujukan. Perlu diingat bahwa sebelumnya Anda harus diperiksa terlebih dahulu oleh dokter Faskes 1 untuk memperoleh rujukan endoskopi ke rumah sakit.

[Update: Galih Conainthata]

Baca juga  Review dan Harga Terbaru BB Cream Wardah Ukuran Kecil
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Update Biaya Pemeriksaan Endoskopi Lambung di Rumah Sakit"