Info Terbaru Harga Lakban Hitam (Kecil, Sedang, Besar)

Urusan kantor terkait dengan pengarsipan memang tidak bisa lepas dari ATK, seperti gunting, pensil, hingga lakban. Khusus untuk lakban, keberadaannya sangat penting, mengingat fungsinya tidak hanya sebagai alat perekat. Untungnya, saat ini sudah ada banyak lakban hitam yang dijual di pasaran dengan harga terjangkau, yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Lakban hitam (sumber: diy.com)
Lakban hitam (sumber: diy.com)

Dari semua kegiatan, pengarsipan atau arsip memang menjadi salah satu faktor utama untuk menunjang kelancaran urusan dan masalah kantor. Untuk menunjang kegiatan arsip, tidak hanya dibutuhkan kemampuan dari para pekerja, tetapi juga alat.[1] Nah, dari sekian banyak alat, lakban hitam sering menjadi pilihan utama untuk keperluan arsip, terutama pengarsipan laporan.

Bacaan Lainnya

Fungsi Lakban Hitam

Dalam melakukan pengarsipan laporan, Anda bisa memisahkan berbagai macam dokumen dengan mudah menggunakan lakban. Caranya adalah dengan menjilid setiap dokumen yang memiliki kategori sama.  Biasanya, para arsiparis atau orang yang mengarsipkan dokumen akan mengelompokkan dokumen yang sudah dijilid berdasarkan sistem penyimpanannya, seperti sistem abjad, sistem nomor atau numerical filing system, sistem tanggal atau chronological filing system, sistem wilayah atau geographical filing system, dan sistem subjek atau subjectical filing system.

Selain untuk menjilid dokumen, dalam dunia arsip, lakban hitam juga sering digunakan untuk menjilid surat yang sudah tidak dikeluarkan lagi atau jarang dikeluarkan, atau biasa disebut dengan surat inaktif. Surat akan dikelompokkan menjadi surat keluar dan masuk terlebih dahulu. Setelah itu, baru dijilid dan disimpan atau dimusnahkan. Biasanya, surat yang benar-benar tidak penting dan sudah kedaluwarsa akan dimusnahkan setelah dijilid.

Penjilidan surat tersebut bertujuan untuk mempermudah proses pemusnahan. Karena dijilid rapi, tidak ada surat yang terlewatkan dan berhamburan ketika dibakar atau dihancurkan. Penyusutan dokumen atau surat seperti ini memang sangat penting dalam dunia administrasi atau perkantoran. Selain untuk menghemat ruangan, penyusutan bermanfaat untuk mendayagunakan arsip dinamis sebagai berkas kerja dan referensi.

Lakban hitam tidak hanya berperan dalam dunia perkantoran. Anda bisa menggunakan alat ini untuk keperluan lain. Kebanyakan orang menggunakan lakban hitam sebagai alat untuk merekatkan dan mengemas barang. Barang yang bersifat mudah pecah atau jika Anda ingin mengirim barang ke tempat yang sangat jauh, maka Anda akan membutuhkan lakban.

Cara mengemas barang menggunakan lakban tidaklah sulit. Anda hanya perlu menyiapkan lakban, kertas, kardus, dan kantong kresek. Siapkan juga benda yang akan dikemas, lalu bungkus dengan kertas terlebih dahulu. Anda juga bisa membungkusnya langsung menggunakan kantong plastik. Rekatkan setiap sisi kantong plastik menggunakan lakban agar aman dan tidak mudah rusak. Untuk perlindungan ekstra, Anda bisa memasukkan barang ke dalam kardus.

Pilihlah kardus dengan ukuran yang sedikit besar daripada benda yang Anda masukkan. Tambahkan potongan kertas atau plastik yang tidak terpakai jika Anda mengirimkan barang pecah belah. Tutup kardus dan lakban bagian atas, bawah, dan pinggir kardus. Selain berfungsi untuk menjaga keamanan barang, lakban juga berfungsi sebagai kemasan kardus yang bahannya mudah menyerap air.

 Lakban Hitam (update: e-pard.com)
Lakban Hitam (update: e-pard.com)

Lakban hitam yang bersifat kedap air berfungsi sebagai pelapis agar kardus atau kemasan yang Anda pakai bersifat anti-air. Karena lakban terbuat dari nylon atau plastik, sifatnya cenderung lentur dan fleksibel, sehingga mampu mengikuti bentuk permukaan berbagai jenis benda.

Tak hanya itu, lakban hitam juga bisa Anda jadikan sebagai alat pengaman di rumah. Jika Anda menemukan kabel yang terbuka, Anda bisa melapisinya dengan lakban hitam dan menempelkannya ke area yang tersembunyi. Sehingga, kabel tersebut tidak membahayakan orang. Lakban hitam memang biasa digunakan sebagai alat untuk menyambung dan melapisi kabel, karena bersifat isolator. Selain itu, lakban hitam juga biasa digunakan untuk menambal barang-barang yang membutuhkan isolator sebagai pelapisnya.

Sementara lakban hitam sering digunakan untuk keperluan kantor dan rumah tangga, di tangan orang yang kreatif, alat ini bisa menjadi aneka kerajinan tangan yang indah. Bahkan, lakban hitam bisa dijadikan sebagai salah satu media untuk menghasilkan sebuah lukisan. Caranya membuat lukisan lakban tidaklah sulit, Anda hanya perlu mengandalkan imajinasi dan kreativitas.

Siapkan alat-alatnya terlebih dahulu jika Anda ingin membuat lukisan dari lakban hitam. Anda membutuhkan cutter dan gunting sebagai alat, sedangkan untuk medianya, Anda bisa memakai kanvas, kertas koran, hingga dinding. Gambarlah pola yang Anda inginkan, Anda bisa membuat pola berbentuk manusia, binatang, atau abstrak.

Guntinglah lakban hitam membentuk pola yang Anda buat di media, pastikan Anda memperkirakan titik cahaya atau bayangan untuk membuat gambaran dengan bentuk yang indah. Setelah itu, tempelkan lakban sesuai dengan bentuk pola yang Anda buat. Lakukan hal tersebut hingga gambar terbentuk dengan sempurna.

Lukisan dari lakban tersebut, selain terbilang unik dan menarik, juga lebih ekonomis. Mengingat harga cat dan kuas yang terbilang mahal, tentunya akan lebih murah jika Anda menggunakan lakban. Dengan segala fungsi lakban hitam di atas, apakah Anda tertarik untuk membelinya? Jika iya, pastikan Anda mengetahui harganya di pasaran.

Lakban hitam (sumber: mitranpack.com)
Lakban hitam (sumber: mitranpack.com)

Harga Lakban Hitam

/Varian Lakban Hitam Harga
Lakban Hitam National Vinyl Electrical Tape 15 mm Rp5.000
Lakban Hitam Double Tape Rp5.000
Lakban Hitam National Vinyl Electrical Tape 5 mm Rp5.500
Lakban Hitam Nasaba Rp5.800
Lakban Hitam ST Morita 1 inch Rp6.000
Lakban Hitam Daimaru 1 inch Rp7.000
Goldtape 2 inch Rp7.000
Lakban Hitam Taruna Tape 2 inch Rp7.500
Lakban Hitam SCS Teknik 2 inch Rp7.500
Lakban Hitam Nachi 1 inch Rp10.000
Lakban Hitam Nachi 1,5 inch Rp10.000
Lakban Hitam Goldtape Cloth 2 inch Rp10.000
Lakban Hitam Foam Daimaru 24 mm Rp10.000
Lakban Hitam Solatape 48 mm Rp10.000
Lakban Hitam Nachi Electrical Tape Rp10.000
Lakban Hitam Handal Tape 1 inch Rp11.300
Lakban Hitam Nanko 48 mm Rp11.500
Lakban Hitam Davis 1,5 mm Rp12.000
Lakban Hitam Grand Media Linen 24 mm Rp12.400
Lakban Hitam Teratai 48 mm Rp12.800
Lakban Hitam Kain Mastone 2 inch Rp13.700
Lakban Hitam Kain Nachi 2 inch Rp13.900
Lakban Hitam Kain Daimaru 1,5 inch Rp13.999
Lakban Hitam Joyko 2 inch Rp14.000
Lakban Hitam Kain Daimaru 2 inch Rp14.900
Lakban Hitam Sazanami 2 inch Rp15.500
Lakban Hitam Taruna Tape 3 inch Rp30.000
Lakban Hitam Isolasi 3M Super 19 mm Rp41.000
Tachimita Tape 2 inch Rp47.000
Lakban Hitam Daimaru 24 mm (1 pack 12 pcs) Rp105.000
Lakban Hitam Goldtape Cloth 46 mm (1 pack isi 12 pcs) Rp121.000
Lakban Hitam Daimaru 36 mm (1 pack 12 pcs) Rp152.000
Lakban Hitam Safety Walk Rp181.000
Lakban Hitam Solatape 48 mm (1 dus 60 pcs) Rp802.000

Daftar harga lakban hitam di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk sejumlah situs lapak online. Dibandingkan tahun 2020, harga lakban hitam tahun 2021 dan 2022 memang cenderung naik walau ada juga yang turun.

Sebagai contoh, lakban hitam Foam Daimaru 24 mm, tahun 2020 dijual Rp6.000, naik menjadi Rp9.500 tahun 2021, naik lagi menjadi Rp10 ribu tahun 2022. Sementara itu, Lakban hitam ST Morita 1 inch yang dijual Rp7.500 tahun 2020, turun menjadi Rp5.600 tahun 2021, tetapi naik menjadi Rp6.000 tahun 2022.

[Update: Almas]

[1] Ramanda, Rulli Susfa & Sri Indrahti. 2015. Analisis Pengelolaan Arsip Inaktif terhadap Temu Kembali Arsip di Pusat Arsip (Record Center) Politeknik Negeri . Jurnal Perpustakaan, Vol. 4(3): 1-10.

Pos terkait