Kandungan Nutrisi, Manfaat, dan Harga Labu Siam

Ada banyak bahan makanan sehat yang bisa Anda jadikan sebagai pelengkap diet Anda. Salah satu bahan makanan tersebut adalah labu siam. Saat ini, tidak sulit menemukan labu siam, Anda bahkan bisa mendapatkannya secara online. Di sendiri, labu siam bervariasi, tergantung dari beratnya.

Labu siam (sumber: bisnisukm.com)

Labu siam (sumber: bisnisukm.com)

Labu siam merupakan salah satu jenis labu-labuan dengan nama ilmiah Sechium Edule. Labu siam memiliki banyak kandungan , seperti lemak nabati, asam folat, sodium, kalsium, zat besi, magnesium, vitamin B6, vitamin C, vitamin K, vitamin E, dan masih banyak lagi. Banyaknya kandungan pada labu siam, membuatnya kaya akan manfaat, seperti berikut ini.

Manfaat Labu Siam

Sebagai Menu Diet Harian

Bagi Anda yang ingin memiliki tubuh langsing atau mengatasi berat badan berlebih, bisa menambahkan labu siam ke dalam menu diet harian Anda. Anda bisa mengganti daging atau makanan berlemak dengan labu siam. Hal ini karena lemak nabati pada labu siam tidak menyebabkan kenaikan berat badan.

Lemak nabati pada labu siam justru akan membantu menurunkan kadar lemak jahat di dalam tubuh Anda. Perlu Anda ketahui pula, labu siam memiliki kandungan kalori yang rendah, sehingga aman dikonsumsi sebagai asupan diet harian. Untuk mengonsumsi labu siam sebagai diet harian pun tidaklah sulit.

Baca juga  Update Harga Wastafel Toto (Sink, Bidet, Lavatory)

Anda tidak perlu memasaknya terlalu lama atau mengolahnya menjadi beragam menu. Cukup dengan mengukus atau merebusnya saja, hingga daging labu siam menjadi lebih lembut dan tidak keras. Sebagai penambah citarasa, Anda bisa menambahkan sedikit garam atau lada sesuai selera.

Mengatasi Gangguan Pencernaan

Kandungan serat pada labu siam baik untuk membantu melancarkan sistem pencernaan Anda. Dilansir dari RegoPantes, labu siam dapat mencegah sembelit. Anda bisa mengonsumsinya secara rutin dan mengolahnya sesuai selera. Mulai dari merebusnya hingga mengolahnya menjadi aneka lezat, seperti kuah santan atau acar.

Masakan dari labu siam (youtube: Puput Carolina)

Masakan dari labu siam (youtube: Puput Carolina)

Menurunkan Tekanan Darah

Jika Anda sering merasa pusing dan lemas, bisa jadi itu gejala darah tinggi. Sebelumnya, coba untuk berkonsultasi dengan dokter Anda. Jika memang Anda mengalami gejala darah tinggi, ada baiknya Anda mengontrol menu makanan harian Anda. Hindari makanan dan minuman yang dapat meningkatkan tekanan darah.

Meskipun begitu, cara tersebut juga kurang efektif. Kebanyakan penderita darah rendah sulit mengontrol tekanan darahnya. Jika Anda mengalami hal serupa, Anda bisa mengonsumsi labu siam. Labu siam akan membantu tubuh mengontrol tekanan darah. Selain itu, labu siam juga akan menurunkan tekanan darah Anda apabila tekanan darah tinggi Anda kambuh.

Menangkal Serangan Zat Radikal Bebas

Labu siam memiliki kandungan vitamin E dan antioksidan tinggi. Kedua kandungan tersebut dapat melindungi tubuh Anda dari serangan zat radikal bebas. Seperti yang Anda ketahui, radikal bebas dapat menyebabkan beberapa penyakit kronis, yaitu tumor dan kanker. Sebagai bentuk pencegahan terhadap kedua penyakit tersebut, Anda bisa mengonsumsi labu siam.

Baca juga  Katalog & Daftar Harga Terbaru Baju Tuneeca

Selain melindungi tubuh, kandungan vitamin E pada labu siam akan membantu sel-sel tubuh Anda memperbaiki diri dengan lebih cepat. Kerusakan sel-sel tubuh akibat polusi atau sering beraktivitas di luar ruangan diklaim dapat teratasi dengan baik.

Bagus untuk Perkembangan Janin

Jika Anda ingin memiliki bayi yang lahir dengan tumbuh kembang yang baik, Anda bisa mengonsumsi labu siam saat hamil. Labu siam mengandung asam folat yang tinggi dan cukup untuk membantu perkembangan DNA pada janin Anda. Selain membantu perkembangan DNA pada janin, asam folat akan membantu perkembangan dan sel-sel janin Anda, termasuk sel jaringan otak. Anda bisa mengonsumsi labu siam agar bayi Anda memiliki otak yang cerdas.

Irisan labu siam (sumber: hellosehat.com)

Irisan labu siam (sumber: hellosehat.com)

Menghaluskan Kulit

Bagi Anda yang ingin memiliki kulit halus dan lembut, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal di salon. Anda bisa mengonsumsi makanan bernutrisi, seperti labu siam. Kandungan vitamin dan mineral pada labu siam baik untuk meningkatkan kesehatan kulit. Labu siam juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kulit kering dan pecah-pecah. Kandungan air serta mineral pada labu siam akan menghidrasi kulit Anda, sehingga kulit menjadi lebih lembap dan terhindar dari kekeringan serta pecah-pecah.

Baca juga  Info Lengkap Harga Kelapa Kopyor dan Bibit di Pasaran

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dari labu siam. Masih ada manfaat lain labu siam, seperti menurunkan kadar kolesterol, menambah stamina, membantu perawatan batu ginjal, dan mencegah penuaan dini. Untuk mendapatkan semua manfaat yang ada, tentunya Anda perlu membeli labu siam dengan harga sebagai berikut.

Harga Labu Siam

Di pasaran, labu siam dijual dengan harga mulai Rp6.500 per 500 gr, sedangkan untuk ukuran 1 kg, dibanderol mulai Rp10.000. Harga tersebut tentunya tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Harga bisa saja mengalami kenaikan atau penurunan, tergantung dari kebijakan toko yang Anda kunjungi.

Membeli labu siam untuk saat ini tidak hanya bisa di lakukan di toko sayur atau tradisional. Beberapa minimarket dan pusat perbelanjaan juga sudah mulai menjualnya. Bahkan, Anda bisa membelinya melalui situs jual beli online. Membeli secara online, tentunya dinilai lebih praktis dan mudah.

Setelah Anda membeli labu siam, jangan lupa untuk mengolahnya dengan tepat. Pastikan Anda mencuci hingga bersih dan menghilangkan getahnya. Pasalnya, getah pada labu siam dapat menyebabkan rasa gatal dan pahit saat Anda mengonsumsinya.

author

Leave a reply "Kandungan Nutrisi, Manfaat, dan Harga Labu Siam"