Harga La Marzocco Linea Mini, Mesin Pembuat Kopi Espresso

Seiring dengan pamor kopi yang makin meningkat, saat ini menjamur kafe, roaster, maupun kedai-kedai kopi. Nah, untuk memfasilitasi para pengusaha ini, La Marzocco merilis beragam varian mesin pembuat kopi yang diklaim cocok bagi bisnis mereka. Perusahaan asal Italia ini sudah menelurkan banyak varian mesin pembuat kopi, salah satunya Linea Mini yang dijual di kisaran puluhan juta rupiah.

Ilustrasi: proses pembuatan dengan mesin (sumber: bonanpetit.com)

Bagi yang belum mengetahui La Marzocco, ini adalah perusahaan yang telah didirikan pada tahun 1927 silam di Florence, Italia oleh Giuseppe dan Bruno Bambi. Perusahaan ini secara khusus memfokuskan mereka untuk memproduksi mesin kopi espresso profesional kelas atas. Kawasan Scarperia di Florence menjadi tuan rumah pabrik dan markas besar perusahaan, sedangkan kantor cabangnya berlokasi di Barcelona, London, Leeds, Melbourne, Milan, Seattle, Seoul, dan Sydney.

Dikutip dari Wikipedia, setelah bersaudara Bambi membuat mesin kopi pertama mereka Fiorenza, mereka mendirikan kegiatan mereka sendiri pada tahun 1927 khusus dalam mesin espresso yang dibuat dengan tangan. mereka dinamai Marzocco, simbol kemenangan dan penaklukan Kota Florence, serta citra dan nilai-nilainya dipilih untuk mewakili perusahaan.

Ketika konsumsi kopi meningkat di Italia sepanjang abad ke-20, La Marzocco selama beberapa dekade memperkenalkan inovasi teknologi, meningkatkan ergonomi dan alat barista, serta menetapkan standar industri. Pada tahun 1939, La Marzocco mematenkan mesin espresso pertama dengan boiler horizontal, yang, dibandingkan dengan struktur vertikal sebelumnya, mengatur grup minuman secara horizontal, yang memberikan efisiensi bagi barista dan kesempatan untuk terlibat dengan pelanggan.

Setelah pengenalan mesin tuas pada tahun 1947, La Marzocco mulai memproduksi model sendiri, mengingat yang mengacu pada konteks lingkungan dan waktu. Kemudian, pada awal 1950-an, Piero Bambi, yang saat ini menjabat sebagai Presiden Kehormatan, bergabung dengan bisnis ayahnya, Giuseppe dan pamannya.

Sepuluh tahun kemudian, antara 1964 hingga 1970, La Marzocco menghasilkan seri Poker. Pada tahun 1964, seri poker mesin hydro-compression diluncurkan, dengan piston, tidak seperti mesin tuas, diangkat dan ditekan selama pembuatan minuman dengan menggunakan diafragma, yang digelembungkan oleh tekanan uap yang dihasilkan oleh boiler.

Lalu, pada tahun 1970, La Marzocco mematenkan seri pertama mesin semi- profesionalnya yang bernama ‘GS’ (GS untuk Gruppo Saturo), memenangkan hadiah Qualità e Cortesia-Toscana pada tahun 1971. Dua boiler independen memisahkan ekstraksi kopi dari uap, yang bersama dengan kelompok-kelompok jenuh, memastikan stabilitas termal dan meningkatkan kualitas kopi dalam cangkir karena air sekarang mengalir melalui sirkuit independen.

La Marzocco GS3 (sumber: prima-coffee.com)

Dari tahun tujuh puluhan dan seterusnya, semua mesin boiler diproduksi dalam baja tahan karat. Pada tahun 1982, GS/2 atau model GS yang dirancang ulang memenangkan hadiah Premio Andino de Fomento. Kemudian, pada tahun 1988, perusahaan Amerika, ESF (Future Espresso Specialists, Inc.) yang dijalankan oleh Kent Bakke, menjadi pemasok eksklusif mesin La Marzocco untuk Starbucks. Kent Bakke sendiri sudah mulai mengimpor mesin La Marzocco ke Amerika Serikat pada tahun 1978.

Pada tahun 1990, Piero Bambi merancang mesin pertamanya secara keseluruhan, ‘Linea Classic’, yang terbukti sangat ramah-teknisi. Tujuh tahun berselang, mesin kopi FB/70 (FB untuk Fratelli Bambi) diluncurkan untuk merayakan ulang tahun ke-70 La Marzocco, dan pada tahun 2000, penggiling ‘Swift’ dianugerahi Produk Baru Terbaik di konferensi SCAA San Francisco, menjadi model pertama yang dipatenkan untuk menggabungkan dosis, penggilingan, dan teknologi tamping otomatis.

Pada tahun 2005, mesin GB/5 diperkenalkan, dilengkapi dengan papan CPU dan stabilitas termal yang lebih baik sehubungan dengan pengenalan teknologi ‘PI". FB/80 lalu diproduksi untuk Kejuaraan Dunia Barista 2006 di Bern, sekaligus menandai ulang tahun ke-80 perusahaan, sedangkan model GS/3 disajikan pada tahun 2007. Tahun itu, La Marzocco juga meluncurkan ‘Songwa Estate Project’, sebuah organisasi nirlaba yang bertujuan untuk memberikan pengalaman pendidikan bagi anggota industri kopi khusus.

Pada bulan April 2009, perusahaan mempresentasikan teknologi profil tekanannya di SCAA dalam versi prototipe, yang, untuk pertama kalinya, memungkinkan barista memiliki kontrol tekanan langsung pada titik mana pun selama ekstraksi. Segera setelah itu, cabangnya di AS didirikan, pabrik Italia dipindahkan ke Scarperia, dengan pusat showroom dan pelatihan La Marzocco diresmikan di Milan.

Spesifikasi Linea Mini

Setelah merilis Linea PB pada tahun 2013, disusul dengan Strada EE pada Januari 2014, perusahaan memperkenalkan Line Mini pada tahun 2015. Terinspirasi dari mesin espresso komersial, Linea Classic, Linea Mini dilengkapi dengan dual boiler, pra-infus pra-diprogram, dan dioptimalkan untuk rumah dengan penerangan air built-in, dan peralatan. The Linea Mini sempat dianugerahi Best New Product dan penghargaan People's Choice di SCAA (Seattle) pada bulan April 2015.

Mesin, pembuat, kopi, espresso, harga, La Marzocco, perusahaan, Italia, pasaran, spesifikasi, produk, warna, pilihan, barista, pelanggan, pusat, energi

La Marzocco Linea Mini (youtube: Goose Family)

Dikutip dari situs resminya, La Marzocco mengatakan bahwa Linea Mini hadir dengan dual boiler dan grup minuman terpadu yang memungkinkan mesin untuk mencapai stabilitas suhu dan efisiensi energi. Linea Mini diklaim sebagai buatan tangan dengan komponen yang sama yang digunakan dalam mesin komersial perusahaan, untuk memastikan ketahanan yang sama dengan Linea Classic.

Dimensi 45,3 x 35,7 x 37,7 cm
Berat 30 kg
Voltage220-240 Volt Single Phase; 115 Volt Single Phase
Wattage Elements1820 (220-240 Volt)l 1620 (115 Volt)
Coffee Boiler Capacity0,17 L
Steam Boiler Capacity3 L

Harga Line Mini

Di pasaran Amerika Serikat, Linea Mini buatan La Marzocco sekarang ditawarkan dengan harga mulai 4.900 dolar AS atau setara Rp71 jutaan dan tersedia dalam empat pilihan warna, yaitu Red, White, Black, dan Stainless. Sementara, di pasaran dalam negeri, produk ini sekarang dilepas di kisaran harga Rp63,8 juta sampai Rp70 jutaan untuk unit yang baru.

Baca juga  Harga Drum Pad Elektrik (Yamaha, Roland, Alesis, dll)
loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Harga La Marzocco Linea Mini, Mesin Pembuat Kopi Espresso"